Strategi dan Budget Usaha Sablon Kaos

51
Usaha Sablon Kaos

Pernahkah kamu memiliki keinginan membuka usaha sablon kaos sendiri? Walau memang banyak jenis usaha lainnya, tidak dapat dipungkiri bahwa usaha jenis sablon terbaik bagi kamu yang ingin memulai usaha yang tidak banyak membutuhkan modal dan tenaga juga sudah memiliki pasar yang jelas. Usaha berupa sablon kaos merupakan usaha yang bergerak dalam bidang percetakan desain gambar atau tulisan ke kaos yang akan diperjualbelikan. Artinya, usaha ini memiliki bahan utama berupa kaos dan pastinya tinta juga alat cetak lain. Namun sudahkah kamu pernah berpikir bagaimana cara memulai usaha sablon kaos ini dengan tepat?

Saat kamu membangun usaha dengan gegabah tanpa strategi, maka usaha tersebut sangat rentan mengalami goyangan dan kemudian tidak berkembang dengan baik. Tidak hanya membutuhkan modal yang besar, usaha sablon yang kamu akan bangun harus memiliki target pasar yang jelas dan strategi pemasaran yang menarik. Oleh sebab itu, kamu perlu belajar dari berbagai sumber bagaimana memulai usaha sablon kaos agar berhasil survive.

Tidak mudah untuk kamu mengetahui informasi mengenai cara memulai usaha jenis sablon kaos ini, namun bukan berarti kamu tidak bisa mencarinya dari penjelasan di bawah ini. Penjelasan berikut akan memaparkan apa sebaiknya strategi yang harus kamu siapkan dan berapa kira-kira budget yang harus kamu siapkan untuk memulai suatu bisnis sablon kaos. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Strategi Bisnis untuk Usaha Sablon Kaos yang Sukses

Ternyata apapun jenis usaha yang ingin kamu buat, sesederhana apapun usaha tersebut menurut kamu, tetap saja ada strategi yang perlu kamu siapkan untuk mendukung proses memulainya. Agar kamu tidak salah dalam merumuskan strategi bisnis, maka simak penjelasan singkat mengenai apa saja yang perlu kamu siapkan sebagai strategi untuk membantu usaha sablon kaos yang kamu bangun menuju kesuksesan.

  • Pastikan Ada Distributor yang Banyak untuk Pemasaran

Ternyata agar kaos sablon yang kamu buat sukses dan mendatangkan keuntungan, yang terpenting adalah mencari pembeli. Tentu pembeli dapat datang jika ada pemasaran. Jadi kamu sebaiknya memiliki banyak distributor untuk memasarkan kaos-kaos ini. Mulailah dari pemasaran luas ke beberapa pasar di berbagai daerah. Bangun hubungan baik dengan mereka untuk memastikan kaos yang kamu jual dapat laku dan mereka akan kembali memesan.

  • Pastikan Ada Kerjasama dengan Toko atau Butik yang Buka Sendiri

Selain memasarkan ke distributor di pasar, tidak ada salahnya juga kamu mencoba strategi bisnis lain dengan memasarkannya ke toko atau bukti sendiri. Cara ini dapat kamu lakukan jika kamu memiliki tempat untuk membuka toko. Jual kaos yang kamu hasilkan untuk memberikan keuntungan yang lebih tinggi juga daripada harus menjual ke distributor terlebih dahulu.

Berapa Budget untuk Membuka Usaha Sablon Kaos Sendiri?

Setelah merumuskan strategi, yang tidak kalah penting juga adalah kamu harus menyiapkan sejumlah budget dalam memulai suatu usaha. Bagaimana dengan usaha jenis sablon kaos ini? Berapa biaya yang harus kamu siapkan untuk memulainya?

Biaya memulai usaha sablon akan habis untuk berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Misalnya kamu memerlukan sejumlah uang untuk membeli komputer, walau bukan komputer baru yang paling mahal namun setidaknya perlu budget sebesar Rp3.000.000 untuk pembeliannya. Begitu juga jika kamu membutuhkan printer untuk jenis sablon digital, maka kamu harus membeli printer khusus sablon yang kira-kira harganya Rp4.000.000. Masih ada banyak biaya lain seperti screen, afdruk, bohlam, dan lainnya jika kamu menggunakan teknik manual. Sehingga jika ditotal kira-kira kamu perlu menyiapkan budget Rp10.000.000 hingga Rp15.000.000 untuk membuka satu usaha sablon kaos.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja strategi dan budget yang perlu kamu siapkan untuk membuka usaha sablon kaos. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan kamu dapat segera memiliki usaha sablon kaos yang kamu idam-idamkan. Selamat memulai usaha!