Mengenal ukuran stiker yang umum digunakan

ukuran-stiker-02

Sebelum mencetak stiker untuk kebutuhan promosi, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu apa saja ukuran stiker yang umum digunakan oleh pelaku usaha lainnya pada saat mempromosikan usaha atau bisnis mereka.

Mengapa demikian? Karena sama setiap perangkat promosi lainnya, menyempatkan waktu untuk mempelajari dan merancang strategi pemasaran yang efektif dari suatu perangkat promosi adalah hal yang wajib dilakukan sebelum anda membuang uang dengan sia-sia.

Mulai dari bahan stiker yang akan digunakan, kemudian berapa ukuran stiker yang akan dicetak, hingga kepada di mana stiker tersebut akan dibagikan dan atau ditempelkan haruslah telah melalui pemikiran yang matang.

Meskipun pada artikel kali ini Porinto akan lebih berfokus kepada apa saja ukuran stiker yang umum digunakan di pasaran, tetapi sebelum itu akan kami bahas sedikit mengenai apa itu stiker dan seberapa pentingnya mempromosikan usaha dengan menggunakan stiker.

Apa itu Stiker ?

apa-itu-stiker-adalah

Stiker adalah suatu perangkat berbahan kertas yang memiliki bahan perekat di bagian belakangnya sehingga bisa ditempelkan ke suatu objek. Dalam penerapannya stiker ini umumnya didesain dan dibentuk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, sehingga bagian muka yang terlihat akan dapat memberikan suatu kesan visual.

Fungsi dan Kegunaan Stiker

Di dalam lingkup bisnis dan pemasaran sendiri, stiker sebagai media promosi banyak digunakan sebagai media untuk memperkenalkan suatu brand atau nama dari organisasi ataupun perusahaan di lokasi-lokasi tertentu sehingga akan dapat mudah diingat.

Rancangan dan desain dari stiker sendiri bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk logo suatu brand, organisasi, atau suatu bisnis, hingga ke nama suatu acara, keguatan, ataupun tagline dan pesan singkat.

Tidak hanya untuk kebutuhan pemasaran saja, stiker juga umum digunakan untuk menempelkan pesan peringatan seperti tanda “dilarang masuk”, “dilarang merokok”, “hati-hati”, dan lain sebagainya.

Bahan dan Jenis Stiker

Stiker sendiri umumnya terbuat dari bahan kertas, tetapi menggunakan jenis kertas yang berbeda dibandingkan kertas yang umum digunakan seperti HVS ataupun art paper, dikarenakan bagian belakangnya memiliki perekat.

Beberapa bahan dan jenis stiker yang biasa digunakan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Stiker HVS

Stiker HVS adalah stiker yang terbuat dari bahan kertas HVS namun di bagian belakangnya sudah dilapisi perekat, dan umum digunakan untuk kebutuhan labeling pada binder, buku, barcode, dan media sejenis lainnya.

2. Stiker Chromo

Stiker Chromo adalah stiker yang lapisannya terlihat mengkilap/glossy dan licin, serta umum digunakan untuk menempelkan logo pada suatu objek, namun sayangnya kualitasnya tidak terllau baik meskipun harganya terjangkau.

3. Stiker Vinyl

Stiker Vinyl adalah stiker yang terbuat dari bahan kertas yang tahan air dan juga lentur, sehingga paling umum digunakan untuk kebutuhan penempelan stiker di luar ruangan (outdoor), dan termasuk yang paling banyak digunakan.

4. Stiker Oracal

Stiker Oracal adalah stiker yang mempunyai ketahanan yang lebih baik dibandingkan Vinyl, serta memiliki keunggulan lainnya yaitu tidak memantulkan cahaya sehingga dapat terlihat jelas walaupun terkena pancaran sinar matahari.

5. Stiker Bontax

Stiker Bontax merupakan stiker yang materialnya serupa dengan stiker HVS, namun memiliki daya rekat yang jauh lebih baik sehingga dapat menempel dalam waktu lama.

6. Stiker Foil

Stiker foil adalah suatu jenis bahan stiker yang terbuat dari kertas foil, yang memiliki permukaan berwarna perak ataupun emas metalik, yang juga umum digunakan sebagai pengganti sablon pada kaos (dikenal dengan nama sablon Foil).

7. Stiker Yupo

Stiker Yupo merupakan stiker yang sangat kuat, tahan air dan juga tahan dari cairan kimia, lentur, dan terbuat dari hasil proses sintesis, sehingga harganya pun lebih mahal dibandingkan bahan stiker lainnya.

8. Stiker Scotchlite

Stiker Scotchlite merupakan stiker yang memiliki lapisan permukaan yang dapat menyala di dalam kondisi minim cahaya, sehingga sering digunakan pada kegiatan yang mencakup penyelamatan, penanggulangan bencana, pihak berwajib, kegiatan outdoor, dan lain sebagainya.

Mengenai bahan stiker akan kami berikan penjelasan selengkapnya di artikel kami lainnya, dan sekarang kita akan mulai membahas apa saja ukuran stiker yang umumnya digunakan oleh suatu bisnis, organisasi, dan institusi.

Ukuran Stiker yang Umum Digunakan

ukuran-stiker-05

Ukuran stiker sendiri sebenarnya bisa bermacam-macam dan disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi yang menjadi masalah adalah apabila ukuran yang anda gunakan terlalu kecil atau malah terlalu besar dan tidak proporsional dengan dimensi objek yang ditempelkan.

Hal itu justru akan membuat stiker menjadi tidak efektif atau malah terlihat mengganggu pandangan, sehingga anda memang perlu mengetahui standar ukuran stiker yang banyak digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Berikut ini beberapa ukuran stiker yang lazim untuk digunakan berdasarkan media penerapannya di dunia nyata.

1. Ukuran stiker untuk label

Salah satu penggunaan stiker yang paling umum adalah untuk memberikan label pada buku, barang, kemasan, ataupun pada undangan, mulai dari undangan kegiatan hingga undangan pernikahan.

Nantinya masing-masing ukuran akan disesuaikan dengan lebar medium yang digunakan sehingga akan terlihat proporsional dan mudah dibaca oleh mereka yang melihatnya, serta sesuaikan juga bahan stiker yang akan digunakan.

Ukuran stiker untuk label biasanya akan ditawarkan dalam bentuk kode yang daftar lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • 88 = 0,7 x 3,6 Cm
  • 99 = 0,5 x 3,6 Cm
  • 100 = 3,8 x 9,5 Cm
  • 101 = 5 x 9,5 Cm
  • 102 = 4,7 x 4,7 Cm
  • 103 = 3,2 x 6,4 Cm
  • 104 = 2,3 x 7,5 Cm
  • 105 = 2,4 x 3,7 Cm
  • 106 = 2,5 x 2,5 Cm
  • 107 = 1,8 x 5 Cm
  • 108 = 1,8 x 3,8 Cm
  • 109 = 1,3 x 3,8 Cm
  • 110 = 1,6 x 2,2 Cm
  • 111 = 1,2 x 1,8 Cm
  • 112 = 0,8 x 2 Cm
  • 121 = 3,7 x 7,5 Cm
  • 122 = 1,7 x 8,5 Cm
  • 123 = 1,2 x 3 Cm
  • 124 = 4,0 x 5,7 Cm
  • 125 = 1,6 x 3,1 Cm
  • 126 = 1 x 5 Cm
  • 129 = 1,7 x 5,8 Cm

Kode-kode ini bertujuan untuk mempermudah anda pada saat membeli stiker label kosong seperti yang dijual di toko-toko alat tulis, atau pada saat memesan stiker label dengan desain anda sendiri kepada penyedia jasa percetakan.

2. Ukuran stiker berbentuk lingkaran

Untuk ukuran stiker berbentuk lingkaran, sebenarnya tidak ada patokan khusus karena benar-benar akan menyesuaikan dengan medium atau objek tempat stiker tersebut akan ditempelkan.

Namun begitu, apabila melihat dari ukuran yang umum digunakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Diameter 1,5 cm
  • Diameter 2 – 2,5 cm
  • Diameter 5 – 5,5 cm
  • Diameter 6 – 6,5 cm
  • Diameter 7 cm

Tentunya anda juga bisa menggunakan ukuran-ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran di atas, dan itu kembali lagi pada medium apa stiker tersebut akan anda tempel atau minimal yang anda inginkan untuk ditempel oleh target penerima stiker.

3. Ukuran stiker berbentuk persegi

Selanjutnya untuk ukuran persegi dan persegi panjang, umumnya akan lebih beragam lagi dan lebih variatif, namun rasio perbandingannya yang lumrah untuk persegi adalah 1:1 sementara untuk persegi panjang rasionya antara 1:2, 1:3 sampai 1:4 (bisa lebih).

Maksudnya bagaimana? Misalnya untuk ukuran persegi yang rasionya adalah 1:1, maka misalnya anda ingin membuat stiker dengan panjang 10 cm, maka lebarnya adalah 10 cm juga sehingga akan membentuk persegi.

Sementara untuk persegi panjang, misalnya stiker yang anda inginkan memiliki tinggi / lebar stiker 5 cm, maka untuk rasio 1:2 panjangnya akan menjadi 10cm, lalu untuk 1:3 menjadi 15 cm, dan untuk 1:4 maka panjangnya akan menjadi 20cm.

Tentunya itu nantinya akan disesuaikan dengan luas dan proporsi bidang yang akan ditempel, dan bisa jadi menyesuaikan.

Ukuran untuk stiker persegi panjang yang umum digunakan antara lain adalah sebagai berikut:

  • 4 x 6 cm
  • 4,5 x 8 cm
  • 5 x 7 cm
  • 5 x 9 cm
  • 6 x 10 cm
  • 7 x 12 cm
  • 9 x 13 cm

Biasanya pada saat mencetak stiker, harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa bukan hanya harga satuan per stiker, namun sudah berbentuk lembaran misalnya A3, A3+, atau A4 dan nanti kuantitas stiker yang anda dapat per lembar nya akan tergantung dari ukuran yang diinginkan.

Perlukah Menggunakan Stiker untuk Promosi ?

ukuran-stiker-untuk-promosi

Seiring dengan semakin meningkatnya aktivitas di dunia online, banyak yang merasa penggunaan materi promosi secara offline seperti menyebarkan brosur, leaflet, ataupun dengan membagikan serta menempelkan stiker sebagai tindakan yang membuang waktu dan biaya saja.

Namun pada kenyataannya, penggunaan materi promosi offline, termasuk stiker, dalam kegiatan sehari-hari masih sangatlah efektif, selama masyarakat masih perlu melakukan aktivitas fisik yang mengharuskan mereka beranjak dari depan komputer ataupun ponsel.

Yang menjadi tantangan adalah dalam menarik perhatian dari target pasar, terutama milenilal dan generasi selanjutnya, supaya mereka mau menyempatkan diri untuk melihat apa yang anda tawarkan.

Karenanya, kreatifitas pada saat mendesain stiker, bahan stiker yang digunakan, serta ukuran stiker pun menjadi suatu hal yang penting dalam menentukan efektifitas dari suatu stiker, terutama dikarenakan teknologi printing saat ini pun sudah semakin berkembang sehingga bisa mengakomodir beragam kebutuhan  desain.

Anda bisa membaca tulisan kami mengenai apa saja tips dan cara desain stiker yang kreatif dan mampu menarik perhatian dari yang melihat sehingga pesan yang ingin disampaikan akan lebih mengena.

Contoh Promosi Menggunakan Stiker yang Berhasil

Sumber: alexanders.com

Salah satu contoh yang menandakan manfaat stiker sebagai alat promosi adalah yang dilakukan oleh website Reddit, suatu website forum semacam Kaskus tetapi dengan target pengunjung dari berbagai penjuru dunia, yang mana mereka pada awalnya mempromosikan website mereka dengan membagi-bagikan stiker kepada setiap orang yang mereka temui di mana saja, dan saat ini Reddit telah berhasil mendapatkan sekita 8 juta pengunjung setiap harinya.

Sumber: alexanders.com

Contoh kedua adalah yang dilakukan pada saat promosi film Batman Begins, di mana tim promosi mereka menempelkan stiker logo batman di atas permukaan trotoar yang memiliki lampu sorot di bawahnya, sehingga saat malam hari mereka yang ada di sekitar tempat itu bisa melihat logo batman ditembakkan ke langit.

ukuran-stiker-folgers-coffee
Sumber: alexanders.com

Kemudian salah satu contoh penggunaan stiker yang kreatif adalah yang dilakukan oleh Folgers Coffee, yang menempatkan stiker berbentuk secangkir kopi di lubang gorong-gorong yang umumnya menyemburkan asap, sehingga terlihat seperti kopi panas yang nikmat.

Kesimpulan

Stiker sebagai alat promosi masih sangat penting untuk digunakan sampai saat ini, dan tentunya tingkat efektifitasnya akan sangat bergantung pada hal berikut:

  1. Kreatifitas dari desain stiker,
  2. Kreatifitas pengaplikasian stiker,
  3. Bahan stiker yang digunakan,
  4. Ukuran stiker yang digunakan.

Karenanya penting sekali untuk mempertimbangkan dengan baik berpa dimensi ukuran stiker yang akan anda gunakan untuk kebutuhan anda tersebut, dilihat dari dimensi luas dari objek ayng akan ditempel ataupun dari perkiraan anda di mana stiker itu akan ditempatkan oleh mereka yang menerima stiker yang anda bagikan.

Baca juga artikel kami lainnya terkait dunia printing seperti pengertian, definisi, dan kegunaan lengkap flyer, lalu apa saja ciri dan karakteristik kertas Art carton, kemudian apa pengertian leaflet dan fungsinya, serta banyak artikel lainnya untuk anda ketahui.

Semoga penjelasan yang kami berikan mengenai ukuran stiker yang umum digunakan beserta kegunaannya dalam memasarkan bisnis atau usaha tersebut dapat menambah wawasan anda sehingga akan dapat lebih mengoptimalkan penggunaan stiker untuk kebutuhan anda tersebut.