Ketahuilah Ragam Ukuran Poster Sebelum Mencetaknya!

26

Anda ingin membuat poster untuk sebuah acara tertentu atau anda ingin melakukan promosi sebuah produk atau kegiatan tertentu melalui sebuah poster. Dalam hal ini sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu ukuran poster yang akan anda gunakan.

Dengan mengetahui ukurannya terlebih dahulu anda tidak akan salah ketika melakukan pemesanan poster di percetakan. Oleh sebab hal itu, mengetahui ukuran poster terlebih dahulu sangat penting hukumnya, sebelum mencetak poster. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memesan poster.

Baca Juga: Pengertian Singkat dan Fungsi Leaflet

Beberapa Hal Penting Sebelum Cetak Poster

1. Paham ukuran poster yang akan dicetak

Seperti yang anda ketahui, poster bisa dijumpai dimana saja dengan ukuran yang beraneka ragam. Mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar sekali, ukuran pembuatan poster harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. poster dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis, politik, pendidikan dan juga kesehatan.

Dalam bidang bisnis dan politik poster digunakan untuk promosi, dalam bisnis promosi jual beli mobil misalnya. Sementara dalam dunia politik poster biasa digunakan untuk promosi saat pemilihan umum. Untuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan, poster digunakan sebagai alat untuk membagi informasi sehingga yang membutuhkan pengetahuan baru menjadi paham.

Langkah awal dalam membuat poster adalah menentukan topik dan juga tema yang ingin anda buat, dengan tema yang pasti informasi yang diberikan kepada pembaca melalui poster dapat sampai dan diterima dengan benar. Kemudian tentukan ukuran yang ingin anda gunakan jangan sampai anda salah dalam urusan ukuran, akibatnya bisa lebih buruk.
Ukuran poster beraneka macam, antara lain poster ukuran A1 (59,4 x 84,1 sentimeter), ukuran A2 (42 x 59,4 sentimeter), ukuran A3 (42 x 29,7 sentimeter) dan untuk ukuran premium atau B2 (50 x 70 sentimeter).

Untuk poster ukuran premium dicetak dengan resolusi tinggi dan menggunakan tinta yang berkualitas tinggi. sehingga hasil cetakan poster kualitas ini terlihat lebih cerah dan lebih jelas. Mencetak poster premium dilakukan dengan kualitas Hi – Res Full Color 1 sisi.

2. Perhatikan Desain Poster

Selain ukuran poster, ada hal lain juga yang harus anda perhatikan ketika akan cetak poster. Anda harus memperhatikan desain poster yang akan digunakan. pilihlah desain yang paling menarik dan informatif sehingga mampu menarik para pembaca. dengan desain yang menarik apa yang ingin anda sampaikan akan mudah dimengerti oleh para pembaca.

Selain desainnya anda juga harus memperhatikan background poster, dua hal ini adalah sebuah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pilihlah background yang bisa mempertegas tulisan atau desainnya, jangan menggunakan background yang sama dengan huruf atau angka pada poster.

3. Pertimbangkan sasaran poster

Tahap ini adalah yang paling penting dari dua langkah sebelumnya, anda wajib mempertimbangkan sasaran yang ingin anda tuju melalui poster tersebut. misalnya, ketika anda ingin membuat poster untuk anak – anak gunakanlah desain dan gambar yang sedang digemari oleh anak – anak kecil.

Hal ini berbeda lagi jika anda ingin membuat poster untuk remaja atau orang dewasa, desain yang anda buat bisa lebih menggunakan tulisan dari pada gambarnya. Dengan begitu semua jenis poster yang anda buat akan sampai pada tujuan anda dengan tepat.

Khusus poster untuk anak – anak sebaiknya gunakanlah gambar yang bercerita, dengan sedikit tulisan. Karena anak kecil lebih memahami gambar dari pada tulisan. Informasi akan lebih mudah diterima jika melalui gambar.

Berikut tadi adalah beberapa tips yang harus anda lakukan sebelum anda mencetak poster. Pastikan semua sudah sesuai ketentuan poster secara umum sehingga apa yang ingin anda sampaikan bisa diterima dengan baik oleh pembaca.