7 Tren Desain Grafis Selanjutnya Menurut Pakar

Tren Desain Grafis

Tren desain grafis menunjuk kepada ciri dan karakteristik dari kebanyakan hasil desain grafis terkini dan yang paling menerima tanggapan manis di publik. Desain grafis diketahui adalah salah satu jenis desain yang digunakan untuk menyelesaikan sangat banyak jenis pekerjaan. Kamu pun mungkin adalah salah satu pengguna desain grafis ini. Perlu kamu ketahui bahwa dunia desain grafis adalah dunia yang terus berkembang, berubah, dan tidak bisa lepas dari zaman. Zaman yang berubah menghasilkan desain grafis yang berubah juga. Oleh sebab itu, kamu harus selalu memperbaharui informasi mengenai apa saja tren desain grafis terkini karena mitos desainer grafis pun menjelaskan bahwa desainer grafis harus tahu segala hal.

Saat kamu update mengenai tren dari desain grafis terkini, maka artinya kamu dapat menggunakan pengetahuan terkait tren ini dalam desain yang kamu buat. Hasilnya desain yang kamu buat menjadi ramah di pasaran. Banyak orang yang merupakan pembuat dan pengguna tren merasa hasil desain kamu menarik. Artinya, untuk dapat terus menghasilkan desain yang menarik dan ramah publik hasil desain kamu harus selalu mengadaptasi tren yang sedang digandrungi. Itulah mengapa kamu perlu selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi tren yang terus berkembang bahkan perubahannya ini tidak memiliki pola waktu. Cobalah kamu selalu melangkah lebih maju dengan mengetahui terlebih dahulu tren yang akan datang. Cara ini bahkan lebih baik lagi dapat membuat kamu lebih siap dalam menghasilkan karya desain. Permasalahannya dari mana kamu dapat mengetahui tren desain terkini ini?

7 Tren Desain Grafis Selanjutnya Menurut Pakar

Ternyata setiap mendekati perubahan tren dalam dunia desain grafis, biasanya perubahan ini akan terdeteksi terlebih dahulu. Nah pendeteksian perubahan tren desain ini dilakukan oleh para pakar dalam bidang desain grafis. Pakar akan merumuskan ke arah mana perubahan tren terjadi. Pelajari setiap update dari pakar ini untuk menjadi informasi bagi persiapan kamu dalam menghasilkan desain grafis yang terkini. Saat ini diketahui bahwa ada 7 tren desain grafis selanjutnya yang perlu kamu persiapkan dan mulai adaptasi dari sekarang. Simak penjelasan mengenai 7 tren tersebut di bawah ini.

1. Pemilihan Konsep Desain yang Konsisten

Desain memiliki konsep yang digunakan secara konsisten dalam masyarakat. Konsep desain ini sesuai tren yang sudah mulai terlihat dari sekarang adalah konsep yang konsisten sepanjang waktu. Artinya ketika kamu menggunakan konsep desain yang futuristik, maka sebagai karakteristik desain konsep itu harus kamu gunakan lagi hingga ada perubahan konsep yang ditemukan. Jadi selalu update pengetahuan kamu terkait konsep desain apa yang sedang tren digunakan sekarang.

2. Pemilihan Teknik Bayangan (Shadows)

Kebanyakan desain yang ditemukan saat ini diketahui sangat pasti menggunakan teknik bayangan. Teknik yang diberi nama drop shadows adalah teknik memberikan efek bayangan yang konsisten pada beberapa elemen desain yang kamu buat. Adanya bayangan membuat hasil desain terlihat lebih natural. Teknik memberi bayangan ini dapat kamu buat pada elemen desain seperti huruf, gambar, dan bagian lain yang dibutuhkan dalam desain.

3. Pemilihan Warna Menyala, Berani, dan Unik

Ternyata pemilihan warna dalam tren desain grafis saat ini menunjukkan kecenderungan [ada memilih warna yang menyala, berani, dan unik. Warna-warna ini diketahui membuat desain terlihat lebih berbeda dari konsep desain yang mungkin menggunakan warna-warna redup. Jenis warna yang menyala, berani, dan unik ini tentunya tetap juga harus kamu pertimbangkan keselarasan dan keharmonisannya. Jika tidak selaras dan harmonis, maka sangat mungkin desain tidak menarik untuk dilihat.

4. Penggunaan Desain Bergerak (Animasi)

Tahukah anda bahwa desain grafis yang dapat bergerak seperti animasi adalah yang paling banyak permintaannya saat ini? Jenis desain yang bergerak ini diketahui lebih menarik tetapi juga lebih memakan banyak waktu dalam pembuatannya. Namun tidak menjadi masalah karena harga dari desain yang kamu buat pun tidak akan mengecewakan. Kamu dapat membuat berbagai macam desain animasi sesuai permintaan dan menjualnya sebagai hasil karya kamu.

5. Penggunaan Icon sebagai Teknik Branding

Saat ini icon atau logo adalah salah satu hasil desain grafis yang sangat bermanfaat untuk branding. Logo atau icon ini dapat kamu buat untuk mewakili identitas dari produk yang kamu pasarkan. Jadi kamu sebaiknya mengembangkan hasil desain kamu untuk membuat banyak jenis logo yang tidak biasa. Kuatkan teknik kamu membuat logo karena hal ini yang akan menjadi kekuatan kamu dalam menghadapi tren masa depan.

6. Penggunaan Teknik Gradasi Warna

Gradasi adalah bentuk warna yang memiliki perubahan dari warna terang hingga ke gelap. Bentuk gradasi ini dapat kamu lakukan hampir ke semua jenis desain grafis. Jadi cobalah kamu gunakan teknik gradasi warna ini untuk menghadapi tren desain grafis kedepannya. Tidak berpengaruh apa konsep atau jenis desain yang sedang kamu kerjakan, warna pasti dibutuhkan dan untuk mendapatkan hasil yang mengikuti tren terkini maka buatlah gradasi warna.

7. Penggunaan Teknik Skema Warna Tidak Biasa

Skema warna yang digunakan dalam teknik desain grafis sesuai tren ke depannya adalah skema warna yang disesuaikan dengan konsep. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa konsep penting dalam suatu desain. Penentuan konsep yang konsisten yang membuat kamu juga menjadi lebih mudah untuk menentukan skema warna. Misalnya konsep desain kamu adalah minuman kopi, maka skema warna tidak biasa untuk kopi yang dapat kamu gunakan bukanlah warna hitam, melainkan coklat susu atau khaki.

Demikianlah tadi penjelasan menarik mengenai tren desain grafis yang ditentukan oleh para pakar dan perlu untuk kamu pelajari segera. Adaptasi dari berbagai tren ini sangat baik kamu lakukan secepat mungkin, sehingga hasil desain yang kamu buat update dan tidak ketinggalan zaman. Selamat menghasilkan desain kamu yang menarik dan disukai para klien!