24 Tips Usaha Sukses Bagi Pebisnis Pemula

tips-usaha-sukses

Ingin tahu apa saja tips usaha sukses bagi para pebisnis yang baru memulai usahanya ? Berikut ini akan kami berikan 24 tips yang bisa anda coba terapkan terutama apabila anda baru saja memulai atau baru akan memulai usaha sendiri.

Menjalankan usaha sendiri memang merupakan impian dari sebagian besar orang yang normalnya menjalankan kehidupan sebagai karyawan bagi suatu  perusahaan milik orang lain, dikarenakan faktor kebebasan waktu dari padatnya jam kerja yang menjauhkan dari keluarga maupun karena peluang mendapatkan penghasilan yang kebih besar serta kehidupan yang lebih baik.

Namun pada kenyataannya tidak semudah itu, dan banyak mereka yang mencoba berbisnis sendiri harus berhenti di tengah jalan dikarenakan berbagai sebab, mulai dari kehabisan modal, penjualan yang sedikit, serta kesulitan menghadapi pelanggan dan kesulitan mengefisienkan produksi.

Anda bisa membaca beberapa artikel kami lainnya seperti 10 kesulitan untuk membuka bisnis baru dan sukses, kemudian mengenai 10 cara membuat pelanggan setia membeli produk bisnis, lalu 5 cara bisnis online untuk pemula, dan banyak lagi artikel bisnis lainnya yang bisa anda baca.

Kesalahan yang Umum dilakukan Pebisnis Pemula

kesalahan-pebisnis-pemula

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula ada beberapa hal, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Terlalu cepat mengembangkan bisnis,
  2. Terlalu banyak menggaji karyawan,
  3. Tidak mengelola pendapatan dengan baik,
  4. Pendapatan bisnis bercampur dengan pendapatan pribadi,
  5. Terlalu “malu-malu” dalam berjualan,
  6. Tidak mendalami bisnis yang dijalani,
  7. Mencoba terlalu banyak bisnis pada saat bersamaan,
  8. Tidak terlalu memahami proses produksi,
  9. Tidak punya strategi pemasaran dan promosi yang jelas,
  10. Tidak beradaptasi pada hal-hal baru di dalam industri yang dijalani.

Sepuluh kesalahan tersebut umumnya disebabkan para pebisnis pemula kurang dan bahkan tidak berminat untuk mendalami bisnis mereka hingga ke tahap yang membuat mereka senang belajar akan bisnis tersebut.

Banyak pebisnis yang memulai suatu usaha hanya karena iming-iming prospek keuntungan yang menggiurkan, tetapi tidak sepenuhnya paham tentang seluk beluk dari produk yang dijual dan apa yang mempengaruhi keputusan pembelian dari calon pembeli.

Tidak sedikit pula yang gagal akibat kesalahan pengelolaan keuangan, baik yang didapat dari pemodal, pendapatan usaha, dan biaya produksi serta operasional yang harus dikeluarkan secara rutin, gaji karyawan, penggunaan untuk pribadi, dan lain sebagainya.

Ada juga yang terlalu “malu” untuk menjual atau menawarkan produknya, padahal setiap pebisnis yang baru memulai itu sejatinya adalah seorang “sales” yang harus paham tentang produk atau jasa yang ditawarkan, dan harus berani menawarkannya kepada prospek pelanggan.

Kesalahan-kesalahan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tapi yang terutama adalah faktor mental dan kebiasaan, serta kurang disiplinnya pebisnis dalam menjalankan usahanya.

24 Tips Usaha Sukses yang Bisa dicoba untuk para Pebisnis Pemula

tips-usaha-sukses-02

Lalu bagaimana cara dan tips usaha sukses yang sebaiknya harus diikuti oleh setiap pebisnis yang baru memulai usahanya ?

Kami telah mengumpulkan 25 hal yang sebaiknya dicoba, baik semuanya atau beberapa yang dirasa belum dilakukan, demi meningkatkan peluang anda dalam mencapai kesuksesan dari usaha yang anda jalani.

1. Persiapkan Mental

Pertama-tama anda harus menyiapkan mental menjadi mental seorang pebisnis, yang biasanya masih belum dilakukan karena kebanyakan masih terbawa akan mental pekerja atau karyawan yang selama ini dijalani.

Keunggulan dari menjalankan usaha sendiri adalah adanya kebebasan waktu tapi bukan berarti anda bisa bangun siang atau sore, jualan seadanya, lalu bisnis anda akan sukses dengan sendirinya, melainkan anda harus memiliki mental tangguh karena nasib keuangan anda saat akan ditentukan oleh seberapa tangguh anda dalam menjalani usaha.

2. Tentukan usaha yang ingin dijalankan

Selanjutnya anda perlu memastikan dan menentukan apa usaha yang ingin dijalankan yang sebaiknya disesuaikan dengan keahlian, minat, ataupun hobi yang anda miliki sehingga lebih nyaman saat menjalankan usaha.

3. Tentukan sumber modal untuk usaha

Terutama untuk yang membutuhkan modal awal, anda harus menentukan siapa yang akan menjadi sumber modal untuk kegiatan usaha yang akan anda lakukan tersebut, apakah modal sendiri atau modal milik orang lain, ataupun pinjaman dari bank.

Sebaiknya disesuaikan pula dengan prediksi penjualan / forecasting yang telah anda lakukan terhadap kegiatan usaha yang akan dijalani, sehingga anda tidak akan dibebani dengan membayar cicilan pinjaman setiap bulan, misalnya, atau kewalahan saat harus mengembalikan modal pada saat jatuh tempo.

4. Tentukan target pasar

Tips usaha sukses selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan menjadi target pasar alias prospek pelanggan anda, dilihat dari jenis kelamin, rentang usia, hobi dan kegemaran, serta hal-hal lainnya yang akan mempengaruhi keputusan pembelian.

5. Tentukan harga jual

Tentukan pula berapa harga jual atas produk atau jasa yang akan anda tawarkan dari kegiatan usaha anda, disesuaikan dengan berapa harga pasaran, daya beli konsumen, harga dari kompetitor, dan lain sebagainya.

6. Pelajari siapa kompetitor anda

Selanjutnya anda harus mempelajari siapa saja yang menjadi kompetitor anda, baik itu kompetitor langsung yang menjual produk atau jasa sejenis, maupun kompetitor tidak langsung yang menjual produk atau jasa yang mampu mensubstitusi produk atau jasa yang anda tawarkan.

7. Perdalam ilmu tentang usaha yang dijalankan

Anda juga tidak boleh berhenti belajar, terutama mengenai usaha yang anda jalankan, demi mencari metode yang paling efektif dan efisien dalam menjual, memproduksi, serta apakah ada potensi teknologi baru yang digunakan.

8. Buat perencanaan bisnis

Tentunya dalam memulai usaha anda harus membuat suatu rencana bisnis (business lan) dari usaha yang akan dijalani, yang biasanya berisikan deskripsi mengenai usaha, visi-misi, harga jual, dan prakiraan berapa lama anda akan balik modal.

9. Tentukan visi dan misi bisnis

Berkaitan dengan perencanaan, anda juga harus membuat visi dan misi yang jelas atas kegiatan usaha yang anda lakukan, yang mana visi lebih berupa kalimat singkat yang menggambarkan tujuan anda, sementara misi merupakan poin-poin yang lebih mendetail mengenai tujuan dari usaha anda dan kontribusinya terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar.

10. Tumbuhkan mental disiplin

Anda juga perlu menumbuhkan mental disiplin dan jangan terlena dengan keleluasaan waktu yang anda rasakan pada saat menjalankan usaha sendiri, karena tanpa membangun mental ini maka kemungkinan usaha anda tidak berjalan lancar semakin besar.

11. Buka diri terhadap kritik dan saran

Jangan menutup diri atau terlalu defensif terhadap kritik dan saran, seberapapun tidak masuk akalnya kritik dan saran yang diberikan. Terima semua kritik dan masukan yang anda terima dan bercerminlah mengapa kritik tersebut bisa terlontar.

12. Fokuskan usaha yang dijalani

Tips usaha sukses lainnya adalah fokus terhadap satu usaha saja, terutama kalau baru memulai, dan pastikan semua berjalan lancar dan stabil sebelum anda mulai merambah ke bisnis baru.

13. Selalu melakukan evaluasi

Jangan pernah berhenti melakukan evaluasi, buang jauh-jauh keras kepala anda, dan beranilah mengkritik diri sendiri apabila anda merasa masih ada yang bisa ditingkatkan lagi kedepannya.

14. Jangan takut melakukan uji coba

Selanjutnya, anda jangan takut dalam melakukan uji coba alias trial-error dalam menjalankan kegiatan usaha, terutama untuk hal-hal yang belum bisa dipastikan keberhasilannya, selama apabila terjadi kesalahan anda tidak kehilangan semuanya.

15. Nikmati perjalanan bisnis anda

Nikmati segala proses yang terjadi di dalam menjalankan kegiatan usaha, dan anggap saja anda sedang bermain game yang harus anda selesaikan misi-misi yang diberikan, sehingga bisa melihat usaha dengan lebih menyenangkan.

16. Pisahkan keuangan pribadi dengan bisnis

Jangan menggabungkan keuangan pribadi dengan bisnis, dan jadikan perputaran uang pada kegiatan usaha anda tetap berputar di sana, namun tetap sisihkan untuk “menggaji” diri anda sendiri.

17. Jangan takut mengadaptasi hal baru

Jangan pernah takut untuk belajar dan mengadaptasi hal baru yang terkait dengan kegiatan usaha anda, tetapi anda harus melakukan A/B testing terlebih dahulu dan jangan langsung mengadopsi mentah-mentah.

18. Jangan takut investasi terkait bisnis

Tips usaha sukses lainnya adalah jangan takut dan jangan “pelit” dalam melakukan investasi atas setiap peluang ataupun alat yang dapat meningkatkan efisiensi serta efektifitas kegiatan usaha anda, seperti menambah mesin produksi, membuat website, dan lain sebagainya.

19. Rekrut tim yang tepat

Apabila sudah saatnya merekrut orang lain, maka rekrutlah orang yang tepat untuk membantu anda, atau minimal mereka yang mau belajar dan memiliki dedikasi yang tinggi pada saat bekerja.

20. Jaga integritas dalam berbisnis

Selanjutnya, anda juga perlu menjaga integritas anda saat berbisnis, bersikap fair play dan jangan mencari-cari celah untuk menghabiskan uang pelanggan, minimal jangan dengan cara-cara yang tidak etis.

21. Work smart dan bukan hanya Work hard

Bukan berarti anda tidak boleh bekerja keras karena hal itu memang wajib dilakukan, tetapi yang dimaksud disini adalah sebaiknya anda selalu mencari cara suopaya usaha bisa berjalan dengan lebih mudah tanpa anda harus membanting tulang setiap waktu, terutama kalau memang ada metode lain yang bisa dilakukan yang belum anda coba.

22. Jangan mudah menyerah

Tips usaha sukses selanjutnya adalah jangan mudah patah semangat atu menyerah, meskipun anda belum berhasil memenuhi target penjualan, dan segera instrospeksi apa kesalahan atau kekurangan-kekurangan dari yang telah dilakukan untuk kemudian memperbaikinya.

23. Profesional

Anda juga tidak boleh membuang sikap profesional dan bahkan anda harus selalu menjunjung tinggi sikap tersebut, mulai dari ketepatan waktu saat janji berrtemu kien, ketepatan waktu saat pengiriman barang, pengerjaan proyek, dan lain sebagainya

24. Instrospeksi Diri

Tips usaha sukses yang terakhir adalah selalu melakukan instrospeksi diri dan mau mengakui kesalahan ataupun kekurangan atas yang telah anda lakukan selama ini terkait dengan kegiatan usaha.

Dengan selalu melalkukan evaluasi dan instrospeksi diri ini anda akan selalu fokus dalam memberikan yang terbaik bagi pelanggan-pelanggan anda dan juga dalam meningkatkan performa dari usaha yang anda jalani.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang bisa anda coba dalam rangka meningkat kan performa bisnis anda, yang apabila dilakukan akan memperbesar peluan usaha anda akan berkembang menjadi semakin besar.

Mulai dari pembenahan mental, kemudian hal-hal yang berbau administrasi, operasional, keuangan, dan banyak lagi yang lainnya yang umumnya masih belum dilakukan dan menjadi kesalahan dari para pebisnis pemula.

Untuk lebih memahami mengenai pemasaran dan promosi, anda bisa membaca beberapa artikel kami seperti 6 tips promosi agar bisnis sukses, kemudian tips agar brand mudah diingat, dan tips pemasaran secara offline untuk mengembangkan bisnis, dan banyak artikel lainnya.

Dengan membaca pembahasan kami mengenai 24 tips usaha sukses untuk pebisnis pemula ini diharapkan anda akan dapat berbenah serta mengarahkan kembali usaha anda ke jalur yang semestinya, atau membantu dalam membuka wawasan sebelum memulai usaha sendiri.