33 Tips Usaha Online yang Bisa Dilakukan Sambil Bekerja

tips-usaha-online-01

Pada artikel Porinto kali ini, kami akan memberikan 33 tips usaha online yang bisa anda lakukan sembari bekerja dan tidak menyita waktu anda, sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu waktu anda selagi bekerja di kantor.

Apalagi pada era teknologi dan internet saat ini, sudah sangat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari usaha online, yang masing-masing bisa anda pilih, baik satu atau beberapa, selama sesuai dengan keahlian.

Hitung-hitung anda juga jadi belajar bagaimana mengelola bisnis sendiri, menghadapi klien, negosiasi harga, dan banyak hal lainnya tanpa harus mengorbankan pekerjaan yang telah anda miliki saat ini.

Namun sebelumnya, anda bisa membaca beberapa artikel lainnya yang ada di website kami terkait bisnis online seperti ide jualan online untuk pelajar, kemudian apa saja 10 tips cara berjualan online yang efektif di tahun 2019 ini, bagaimana cara jualan online di Instagram, dan masih banyak lagi artikel lainnya yang bisa melengkapi pengetahuan anda terkait bisnis online.

Tips Usaha Online yang Bisa Dilakukan Tanpa Harus Resign dari Kantor

Berikut ini kami akan memberikan 33 tips usaha online yang bisa anda lakukan sembari bekerja sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha-usaha tersebut.

1. Menjadi Dropshipper

cara-menjadi-dropshipper-bisnis-online

Seperti yang telah kami sebutkan beberapa kali pada artikel-artikel kami, cara menjadi dropshipper bisnis online tidaklah rumit, selama anda memiliki vendor atau penjual yang bisa dipercaya untuk mengirimkan pesanan-pesanan yang anda minta, serta memiliki kualitas yang sudah anda buktikan sendiri.

Pada jenis usaha online ini, anda hanya perlu menawarkan produk-produk dari vendor tersebut melalui media online, dan apabila anda memperoleh pesanan anda hanya tinggal meneruskannya kepada vendor dan biarkan mereka yang mengirimkannya kepada klien.

2. Menjadi Reseller Online

5-cara-menjadi-reseller-dan-memulai-bisnis-sendiri

Kalau menurut anda menjadi dropshipper masih terlalu berisiko, tips usaha online selanjutnya adalah dengan menjadi reseller yang fokus menjual produk atau layanan secara online.

Anda dapat membaca terlebih dahulu artikel mengenai cara kerja reseller dan keuntungannya yang ada di website kami supaya lebih memahaminya, tetapi pada dasarnya menjadi reseller adalah menjual kembali produk atau jasa yang anda beli dengan harga yang lebih tinggi.

3. Menjadi Blogger

blogger

Selanjutnya adalah dengan menjadi Blogger dan mendaftarkan diri ke program Google Adsense sehingga nantinya blog anda bisa dipasang iklan-iklan yang dipasang oleh Google dan anda akan mendapatkan bayaran setiap 1,000 views dan setiap klik pada iklan tersebut.

4. Menjadi Influencer

6-cara-mudah-jadi-selebgram-berpenghasilan-tinggi

Tips usaha online lainnya, terutama bagi anda yang hobi bermain medsos, khususnya Instagram, adalah dengan menjadi influencer seperti yang telah kami bahas pada artikel 6 cara mudah jadi selebgram berpenghasilan tinggi yang bisa anda pelajari.

5. Menjual Pulsa Elektrik

jualan-pulsa-online

Anda juga bisa menjual pulsa elektrik kepada rekan-rekan di kantor atau menjualnya secara online pada website milik anda sendiri, yang tentunya anda harus membayar deposit terlebih dahulu kepada master reseller untuk pulsa.

6. Menerima Pembayaran Listrik dan Air

jasa-pembayaran-listrik

Selain pulsa, anda juga bisa menerima pembelian voucher listrik dan air PAM dengan cara mendaftarkan diri pada program PPOB yang diadakan oleh beberapa bank ataupun perusahaan-perusahaan swasta.

7. Menjual Foto Hasil Jepretan Sendiri

tips-usaha-online-jual-foto

Tips usaha online lainnya yang bisa dilakukan sambil bekerja adalah dengan cara menjual foto-foto hasil jepretan anda sendiri ke website-website yang menawarkan stok foto sebagai bisnis utamanya, selama foto-foto anda berkualitas dan tidak asal jepret tentunya.

8. Menawarkan Jasa Desain Grafis

jasa-desain-grafis

Anda yang ahli menggunakan Photoshop, Illustrator, ataupun Coreldraw juga bisa menawarkan jasa desain grafis secara online melalui situs-situs marketplace untuk pekerja lepas seperti projects.co.id, sribulancer, dan lain sebagainya.

9. Menawarkan Jasa Edit Video

jasa-editing-video

Sama seperti desain grafis, tapi ini khusus anda ayng ahli mengedit video menggunakan Adobe Premiere, Vegas Pro, Wondershare, dan lain sebagainya yang juga bisa anda tawarkan melalui situs marketplace untuk pekerja lepas.

10. Menjadi Youtuber

youtuber

Ini sama seperti blogger, yaitu peluang untuk mendapatkan penghasilan pasif yang sangat potensial, yaitu menjadi seorang Yotuuber yang pendapatannya apabila channel anda sukses akan sangat cukup untuk menambah penghasilan secara signifikan.

Syarat terbaru agar video anda bisa dimonetisasi oleh Youtube adalah minimal anda telah mempunyai 1000 subscriber dan 4,000 jam waktu tayang.

11. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

jasa-pembuatan-website

Tips usaha online yang satu ini khusus anda yang ahli dan paham mengenai cara membuat website, yang semakin banyak dicari saat ini dan persaingannya semakin ketat, sehingga anda harus segera memulai supaya tidak semakin tertinggal.

12. Membuka Jasa Percetakan Online

jasa-percetakan

Kalau anda tinggal atau bekerja di sekitar lokasi percetakan, maka anda bisa menawarkan jasa percetakan online malalui website yang anda buat sendiri ataupun melalui marketplace yang banyak tersedia.

Tentunya anda juga harus memahami mengenai prosedur percetakan, spesifikasi, dan pemahaman mengenai hal-hal yang berbau teknis.

13. Menjadi Penulis Artikel

jasa-penulis-artikel

Selanjutnya, tips usaha online bagi anda yang hobi menulis adalah dengan cara menawarkan jasa penulisan artikel, terutama artikel untuk website yang memang banyak dicari oleh para blogger.

Anda sebaiknya juga harus memahami mengenai kaidah-kaidah SEO (Search Engine Optimization) supaya hasil tulisan anda akan disukai oleh para blogger tersebut/

14. Menjadi Copywriter

Cara Copywriting yang Baik

Tidak mau menjadi penulis artikel tapi tetap ingin menawarkan jasa penulisan ? Cobalah menawarkan jasa copywriting alias menjadi copywriter saja yang lebih berfokus kepada menulis kalimat-kalimat yang “menjual” dan menarik minat pembaca.

15. Menawarkan Jasa Admin Medsos

Kalau anda memiliki banyak akun medsos dan sudah terbiasa mengelola halaman Facebook dan akun Instagram, cobalah menawarkan jasa admin Medsos melalui situs marketplace khusus pekerja lepas, yang biasanya akan banyak dicari oleh para pemilik olshop atau toko online yang tidak sempat mengisi medsos mereka sendiri.

16. Menjadi Penerjemah

jasa-penerjemah

Tips iusaha online lainnya yang bisa dilakukan sambil bekerja adalah menawarkan jasa penerjemah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya, yang mana ini sangat disarankan bagi anda yang memang menguasai lebih dari satu bahasa.

17. Menjual Buku Karangan Sendiri dalam Bentuk E-Book

Anda yang hobi menulis juga bisa membuat buku dalam bentuk ebook melalui marketplace digital seperti ratakan.com atau penerbit buku digital, atau melalui website yang anda buat sendiri, yang mana ebook ini bisa berupa buku panduan ataupun novel.

18. Membuka Jasa Web Hosting

jasa-web-hosting

Selanjutnya bagi anda yang menguasai dan memiliki pengetahuan mengenai server, jaringan, dan segala hal terkait web hosting juga bisa menawarkan layanan tersebut dengan cara menjadi reseller dari penyedia hosting yang telah ternama seperti Hostinger, Hostgator, dan sebagainya.

19. Menawarkan Jasa Pembuatan Aplikasi iOS dan Android

jasa-mobile-apps

Tips usaha online lainnya bagi anda yang bisa membuat aplikasi mobile, baik itu untuk iOS ataupun Android, bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi-aplikasi tersebut, yang bisa anda buat dari nol atau membeli template jadinya dari codecanyon dan sejenisnya.

20. Membuka Kursus Online

Anda yang hobi mengajar dan memiliki keahlian di bidang tertentu juga bisa membuka kursus online malalui website yang menyediakan layanan kursus online di mana anda bisa mendaftar menjadi pengajar, atau membuat website sendiri.

21. Jual Beli Domain

Kemudian anda yang paham mengenai domain dan website serta SEO juga bisa menawarkan layanan jual-beli domain dengan cara berburu domain-domain yang tidak diperpanjang tetapi memiliki otoritas yang tinggi, untuk kemudian dijual dengan harga yang lebih mahal.

22. Menjual Desain Kaos

Terkait dengan anda yang memiliki keahlian desain grafis juga bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menjual desain untuk kaos kepada website-website yang membuka layanan tersebut, seperti teespring.com dan lain sebagainya.

23. Menyewakan Kamar Kosong

Tips usaha online lainnya bagi anda yang memiliki rumah kosong atau kamar kosong di rumah anda adalah menawarkannya melalui aplikasi AirBnB dan sejenisnya, yang mana pendapatannya akan sangat lumayan terutama apabila lokasi rumah yang disewakan memiliki akses mudah ke fasilitas terdekat.

24. Menjual Barang Bekas secara Online

Anda juga bisa menjual barang-barang bekas yang tidak terpakai melalui marketplace seperti tokopedia, shopee, ataupun lazada sehingga selain bisa mengosongkan rumah dari barang tidak terpakai juga bisa mendapatkan penghasilan dari situ.

25. Menjual Produk Afiliasi

Salah satu tips usaha online lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menjual produk-produk afiliasi yang ditawarkan oleh mereka yang menawarkan program afiliasi tersebut, seperti situs booking hotel, marketplace, dan lain sebagainya.

26. Menjual Plugin dan Theme WordPress

Kalau anda memiliki kartu kredit, anda bisa menjual kembali tema dan plugin WordPress yang bisa anda beli dari situs-situs luar seperti themeforest dan codecanyon, atau tema dan plugin yang anda buat sendiri apabila anda memiliki keahlian PHP dan WordPress yang mumpuni.

27. Menawarkan Jasa Konsultasi Online

Apabila anda memiliki latar belakang edukasi bisnis, hukum, pajak, keuangan, kedokteran, anda juga bisa menawarkan jasa konsultasi online melalui website milik anda sendiri ataupun pada

28. Menjual Tiket Pesawat Online

jual-tiket-pesawat

Anda juga bisa mengikuti program reseller dari para penyedia layanan penjualan tiket pesawat online dan menawarkannya melalui website anda sendiri, baik menjual tiket nya saja atau anda gabungkan dengan paket wisata yang itinerary nya anda susun sendiri.

29. Menjual Produk Offline secara Online

Kalau di sekitar lokasi anda ada banyak penjual produk yang anda sukai dan anda merasa ingin membantu mereka meningkatkan penjualan, tawarkan saja produk-produk mereka secara online melalui marketplace, Instagram, ataupun melalui toko online yang anda buat sendiri, sehingga selain membantu mereka anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

30. Menawarkan Jasa Pembuatan Slideshow dan Animasi

Tips usaha online selanjutnya adalah bagi anda yang merasa cukup ahli dalam membuat slideshow powerpoint ataupun animasi, baik yang rumit maupun sederhana, melalui situs-situs marketplace untuk pekerja lepas ataupun pada website anda sendiri.

31. Menjual Video Hasil Merekam Sendiri

jual-video

Ini kurang lebih serupa dengan menjual foto jepretan sendiri, tetapi bedanya yang anda jual di sini adalah video-video profesional yang anda rekam sendiri, yang tentunya memiliki kualitas profesional dan bukan asal rekam.

32. Menjadi Live Streamer

Kalau anda hobi bermain game atau tidak malu tampil live di internet, cobalah mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi gamer/let’s player melalui website-website streaming seperti twitch.tv ataupun Dlive, atau pada aplikasi streaming seperti BIGO Live.

33. Menawarkan Jasa Data Entry

Tips usaha online yang terakhir adalah bagi anda yang telaten dan hobi menginput data, tawarkan saja jasa data entry melalui situs-situs marketplace untuk pekerja lepas untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang banyak sekali dicari dan prospeknya sangat baik.

Kesimpulan

Apapun pilihan yang anda ambil, kami harap beberapa tips usaha online yang bisa anda lakukan sambil bekerja tersebut bisa anda coba dan bahkan bisa sukses dan mendpaatkan penghasilan dari salah satu atau beberapa, yang malah mungkin akan bisa lebih tinggi dibandingkan gaji bulanan anda.