12 Tips Usaha Kuliner yang Cocok bagi para Ibu Rumah Tangga

tips-usaha-kuliner-01

Bagi para Ibu rumah tangga yang ignin menbantu menambah penghasilan untuk keluarga, pada artikel kali ini Porinto akan memberika 12 tips usaha kuliner yang cocok untuk anda lakukan di rumah, dan umumnya tidak membutuhkan modal besar.

Sebagai seorang Ibu rumah tangga, tentunya anda memiliki banyak kewajiban yang harus dilakukan setiap harinya mulai dari menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah, kebersihan perabot, alat makan, mengurus anak, dan lain sebagainya.

Tetapi kalau ternyata anda masih memiliki waktu luang, dan ingin memanfaatkan waktu yang kosong tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat dan bahkan menghasilkan uang, tentunya berbisnis juga perlu untuk dipertimbangkan.

Apalagi kalau anda memiliki keahlian yang baik di bidang kuliner, banyak hal yang bisa anda coba untuk dapat memberikan penghasilan tambahan tersebut, yang mana kami akan berikan 12 diantaranya pada artikel kali ini.

Sebelumnya, silahkan baca artikel kami lainnya terkait dengan bisnis dan pemasaran seperti apa saja upaya pemasaran produk yang efektif, kemudian macam-macam jenis promosi yang menarik konsumen, 4 tips pemasaran secara offline supaya bisnis bisa semakin berkembang dan masih banyak lagi artikel lainnya yang dapat menambah pengetahuan anda.

Persiapan Memulai Usaha Kuliner

persiapan-usaha-kuliner

Tetapi sebelumnya, anda perlu melakukan langkah-langkah persiapan yang disiapkan secara matang sebelum memulai usaha kuliner tersebut, karena nantinya akan menentukan kesuksesan dari bisnis yang anda jalankan.

Beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum memulai usaha kuliner antara lain :

1. Apa menu utama yang akan disajikan ?

Pertama-tama anda harus menentukan menu atau hidangan apa yang akan anda jadikan sebagai fokus utama dari usaha kuliner anda, yang sebaiknya anda pilih berdasarkan keahlian memasak yang anda miliki lebih ke arah mana, dan juga seberapa banyak waktu yang anda perlukan untuk menyiapkan hidangan tersebut.

2. Berapa harga makanan yang akan dijual ?

Selanjutnya anda juga perlu menentukan berapa harga makanan yang akan anda jual tersebut, yang sebaiknya ditentukan berdasarkan seberapa tinggi daya beli dari orang-orang yang tinggal di sekita rumah anda, baik itu penghuni lainnya ataupun mereka yang rutin melewati area perumahan anda.

Kalau anda hanya berniat menjual secara online, perhatikan berapa rata-rata harga yang ditawarkan oleh calon kompetitor dan tentukan apakah anda akan bermain di atas, di bawah, atau menyamakan harga mereka.

3. Siapa target dari usaha kuliner yang anda jalani ?

Tentukan juga siapa target pasar yang akan anda tawarkan produk kuliner tersebut, apakah karyawan dari perusahaan yang bekerja di dekat rumah anda, pelajar, tetangga, atau apabila menjual online, siapa yang kira-kira tertarik untuk membeli produk kuliner yang anda tawarkan.

4. Melalui apa anda akan menawarkan bisnis anda ?

Anda juga pelru menentukan media apa yang akan anda optimalkan untuk menawarkan usaha kuliner anda tersebut, apakah media sosial seperti instagram, marketplace seperti tokopedia dan shopee, atau melalui website toko online milik anda sendiri.

5. Seberapa baik prospek pelanggan dari bisnis yang akan dijalankan ?

Tentunya selain keempat hal di atas, anda juga harus menentukan seberapa baik prospek pelanggan dari usaha kuliner yang akan dijalankan tersebut, apakah produk tersebut sudah memiliki banyak kompetitor, apakah akan disukai atau tidak, menarik atau tidak, dan lain sebagainya.

Persiapan-persiapan tersebut sangat perlu dilakukan karena tentunya anda tidak ingin langsung terjun ke dalam usaha yang belum bisa anda rpediksi dan malah bisa jadi merugi apabila target pasar dan sasaran pelangan yang ingin anda capai, serta media penjualan tidak tepat.

Tips Usaha Kuliner yang cocok bagi Ibu Rumah Tangga

tips-usaha-kuliner-02

Setelah melalui langkah persiapan yang telajh kami berikan di atas, selanjutnya akan kami berikan beberapa ide dan tips usaha kuliner yang bisa anda coba lakukan, baik memilih salah satu atau beberapa diantaranya.

Beberapa tips usaha kuliner tersebut antara lain adalah :

1. Jasa Katering

jasa-katering

Tips usaha kuliner yang pertama adalah menawarkan jasa katering rumahan, baik yang dikhususkan untuk suatu kegiatan atau acara, maupun katering harian yang mana anda diharuskan menyiapkan makanan setiap hari kepada mereka yang berlangganan.

Untuk katering jenis pertama yang hanya menawarkan kepada acara atau kegiatan anda perlu menyiapkan paket menu yang tepat seperti nasi, lauk, sayur, buah, kerupuk, dan air mineral dan juga staf yang akan membantu menyajikan makanan, serta peralatan makan yang lengkap.

Namun untuk katering harian biasanya anda harus membuat menu seragam untuk setiap hari yang biasanya akan dibagi setiap 1 minggu, yang nantinya pelanggan tinggal mengikuti menu ayng sudah anda susuh tersebut.

2. Menjual Sarapan

jual-sarapan

Selanjutnya adalah menawarkan menu sarapan, baik yang sudah disiapkan dan dibagi dalam kemasan seperti nasi kuning atau nasi uduk, maupun menjualnya seperti warteg yang membolehkan pembeli mengambil sendiri atau memilih lauk dan sayur yang mereka mau.

Beda dengan warteg, anda hanya perlu memasak untuk sarapan saja dan setelah jam sarapan selesai, maka jam kerja anda pun berakhir.

3. Warteg Rumahan

tips-usaha-rumahan-warteg

Beda dengan menawarkan sarapan di atas, pada warteg rumahan biasanya anda harus menyiapkan beberapa menu untuk makan pagi dan makan siang, dan buka hingga sekitar jam 3 sore atau jam berapapun yang anda mau.

Pilihan menunya pun biasanya lebih lengkap mulai dari sayuran, lauk-pauk, telur, ayam goreng, tempe orek, dan lain sebagainya.

4. Franchise Burger/Kebab/Fried Chicken

jual-burger

Kalau anda memiliki modal lebih, anda juga bisa membeli franchise dari produk burger, kebab, atau fried chicken ternama dan menjualnya kembali di depan rumah anda menggunakan gerobak yang biasanya sudah termasuk ke dalam paket franchise.

5. Menjual Cupcake

jual-cupcake

Tips usaha kuliner lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menjual kue-kue cupcake yang dihias dengan ornamen unik dan lucu, yang cukup banyak digemari akhir-akhir ini.

Sebaiknya anda juga menyiapkan kemasan dan biasanya cupcake akan dijual per setengah lusin ataupun per lusin, tergantung kepada strategi pemasaran anda.

6. Jasa Pembuatan Kue Ulang Tahun

jual-kue-ulang-tahun

Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan kue ulang tahun untuk anak-anak yang biasanya mengharuskan anda untuk menghias bagian toppingnya dengan desain yang lucu dan sesuai dengan selera anak.

Misalnya desain kartun, desain taman, foto si anak, dan lain sebagainya sesuai permintaan pemesan ataupun kreatifitas anda.

7. Menjual kue dan jajanan pasar

jajanan-pasar

Menjual paket snack dan jajanan pasar yang dikemas dalam satu kotak juga merupakan salah satu tips usaha kuliner yang memiliki prospek yang baik, dan layak untuk anda coba.

Kue dan jajanan pasar seperti kue lapis, kue mangkok, kue lupis, lontong, dan lain sebagainya akan dapat sangat laris terjual apabila dipasarkan dengan tepat dan efektif, misalnya ditawarkan kepada karyawan perkantoran, dan juga anak sekolahan.

8. Menjual Nasi Kotak

jual-nasi-kotak

Tips usaha kuliner selanjutnya adalah menjual paket nasi kotak untuk acara-acara atau kegiatan, dengan menawarkan beragam paket menu yang sudah anda perhitungkan sebelumnya berapa biaya produksinya termasuk harga kemasan.

Di dalam nasi kotak biasanya sudah berisikan paket lengkap seperti nasi, lauk, sayur-mayur, buah, dan air mineral sehingga mencukupi kebutuhan makan dari pemesannya, yang nantinya paket harga akan dibagi berdasarkan jenis makanannya.

9. Menjual Jus dan Minuman Lainnya

jual-jus-minuman

Kalau anda tidak mau direpotkan dengan memasak makanan, anda juga bisa menjual jus buah-buahan dan minuman lainnya yang bisa anda buat sendiri di rumah, yang biasanya dijual di teras atau depan rumah anda sendiri.

Bahkan sekedar menawarkan kedai minuman seperti es teh manis, es lemon tea, es capuccino, dan lain sebagainya selain jus juga memiliki prospek yang baik terutama kalau anda tinggal di sekitar perkantoran atau sekolahan.

10. Menjual paket Nasi Tumpeng

jual-nasi-tumpeng

Alternatif lainnya di luar katering dan nasi kotak, anda juga bisa menjual  paketan nasi tumpeng yang juga biasanya banyak dicari dan dipesan untuk acara-acara tertentu seperti acara selamatan kelahiran, pernikahan, grand opening suatu tempat, dan lain sebagainya.

Dalam suatu nasi tumpeng biasanya anda juga harus menyiapkan telur dadar, tempe orek, timun, dan beberapa tambahan lauk lainnya seperti ayam goreng dan kalau bisa juga menawarkan makanan serta snack pendukung.

11. Menjual Bumbu Masak Jadi Buatan Sendiri

jual-bumbu-masak

Meskipun tidak bisa dibilang kuliner, tetapi jenis usaha yang satu ini jugamasih berkaitan dengan usaha kuliner tersebut, yaitu meracik dan mengemas bumbu jadi yang anda buat sendiri, dan menjualnya kepada para tetangga di sekitar rumah ataupun secara online.

Banyak sekali keluarga yang tidak punya waktu dalam meracik bumbu masak mereka sendiri dan beralih ke bumbu instan, meskipun sebenarnya mereka tidak terlalu menikmati rasanya.

Pasar itulah yang sebaiknya anda sasar karena anda dapat menawarkan bumbu masak rumahan yang bebas dari bahan pengawet dan campuran kimia seperti pada bumbu instan.

12. Menawarkan Kursus Memasak

kursus-masak

Untuk tips usaha kuliner yang terakhir ini, anda bisa menawarkan kursus memasak bagi para penghuni di sekitar rumah ataupun kepada semua yang tinggal dekat dengan area anda, yang bisa anda tentukan sendiri jam kursusnya serta materi yang diberikan.

Tentunya anda bisa tentukan sendiri apakah anda hanya akan mengambil satu peserta kursus ataupun banyak peserta pada saat yang bersamaan, dan pastikan anda punya peralatan masak yang lumayan lengkap.

Kesimpulan

Berbagai macam tips usaha kuliner yang kami berikan di atas tentunya hanya beberapa dari sekian banyak ide bisnis lainnya yang bisa anda lakukan.

Namun, apapun pilihan anda, usaha tersebut harus anda lakukan dengan sungguh-sungguh dan mengedepankan kepuasan pelanggan di atas segalanya, terutama karena jenis usaha yang anda jalani ini adalah usaha kuliner.

Anda harus mempertimbangkan banyak hal seperti selera pasar, uji coba resep hingga menemukan yang terbaik dan pas di lidah para pelanggan, serta terus menerus mengembangkan keahlian memasak anda supaya hasilnya akan semakin baik.

Kalau anda tidak ingin bermain di bidang kuliner, silahkan baca beberapa artikel kami lainnya seperti 20 ide usaha jualan online yang menguntungkan, kemudian beberapa tips jualan online untuk pemula, 15 tips jualan online di Instagram, dan masih banyak lagi artikel lainnya yang bisa anda pelajari.

Semoga 12 tips usaha kuliner ini bisa membantu anda sebagai ibu rumah tangga dalam membantu menambah penghasilan bagi keluarga, dan bahkan bisa jadi akan jau melampaui pendapatan suami apabila benar-benar dijalankan secara sungguh-sungguh dan profesional.