Tips Sukses Menjalankan Usaha Dropship Tokopedia  

84

Dropship Tokopedia menjadi pilihan yang makin populer untuk pengusaha pemula. Di tengah maraknya demam belanja daring (online) di Indonesia, Tokopedia berhasil mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan e-commerce buatan anak bangsa dengan nilai penjualan bulanan yang fantastis. Setidaknya ratusan ribu penjual, baik individu maupun perusahaan, telah bergabung di platform belanja daring ini. Dengan berbagai produk yang ditawarkan, konsumen pun memiliki ragam pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, tahukah Anda, bahwa tidak sedikit orang yang bergabung di Tokopedia pada dasarnya tidak memiliki stok barang sama sekali? Orang-orang ini lazimnya disebut sebagai pengusaha dropship Tokopedia.

Meski masih terdengar asing bagi beberapa orang, dropship di Tokopedia tak dapat disangkal lagi merupakan salah satu cara sukses di Tokopedia. Akan tetapi, kesuksesan di Tokopedia, sebagaimana kesuksesan pada umumnya, bukan diraih dengan sekadar menjual barang. Berikut tips yang dapat membantu Anda untuk menjadi sukses sebagai dropshipper Tokopedia.

Tips Sukses Menjalankan Dropship Tokopedia

 

Mulai dari kualitas produk hingga dukungan pelanggan, Anda butuh membangun beberapa aspek agar dapat meraih kesuksesan di Tokopedia.

Tentukan kategori produk

Sebelum Anda menjual sebagai dropshipper Tokopedia, silahkan menentukan kategori produk yang Anda jual. Anda dapat memilih dari berbagai kategori produk yang tersedia di Tokopedia. Berikut beberapa kriteria yang dapat membantu Anda memilih kategori yang cocok:

  • Kategori tersebut harus cocok dengan Anda.

Anda akan dengan mudah kehilangan semangat berjualan jika Anda sendiri tidak terlalu suka dengan barang yang Anda jual. Selain itu, memiliki minat yang sama akan kategori tersebut setidaknya berarti Anda memiliki wawasan akan produk tersebut. Hal ini akan berdampak pada kualitas dukungan pelanggan Anda kelak.

  • Pahami target pasar Anda

Kepada siapa Anda akan menjual kategori tersebut? Rentang umur, profesi, jenis kelamin, produk sejenis yang dibeli, pola konsumsi, kisaran pendapatan bulanan, kecenderungan mengikuti trend dll. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi terkait target pasar Anda. Semakin Anda memahaminya, semakin tepat kategori yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda memilih suatu kategori dan ternyata itu tidak cocok dengan kebutuhan target pasar Anda.

Perhatikan kualitas pemasok produk

Mengingat dropship Tokopedia hanya berkutat di penjualan barang, maka Anda harus tahu betul kualitas barang yang Anda jual dan sumber barang tersebut. Meski Anda sama sekali tidak memiliki akses langsung ke barang yang dijual, Anda tetap memegang tanggung jawab untuk memastikan kepuasan konsumen. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menjual barang hanya dari pemasok/toko berkualitas di Tokopedia. Demi kepuasan terbaik, toko dengan peringkat (rating) di atas 4 bintang menjadi pilihan terbaik.

Ulasan toko cukup membantu

Peringkat (rating) toko belum cukup dalam memilih pemasok produk yang tepat bagi usaha dropship Tokopedia. Dalam beberapa kasus, beberapa pemilik toko melakukan pemesanan fiktif untuk memberikan nilai sempurna pada tokonya sendiri. Untuk menghindari hal ini, kandidat toko yang Anda pilih setidaknya harus memiliki setidaknya beberapa ulasan produk dari para pembeli. Semakin banyak ulasan, semakin bagus kualitas produk dan layanan toko tersebut. Perhatikan pula gaya bahasa dari setiap ulasan. Anda patut curiga jika beberapa ulasan memiliki gaya bahasa yang sama, atau ditulis dengan sembrono.

Minimalkan ongkos pengiriman

Ongkos pengiriman merupakan salah satu komponen biaya terbesar dalam usaha dropship Tokopedia. Akan sangat membantu bila pengiriman untuk setiap pesanan yang Anda kelola digratiskan oleh pihak Tokopedia. Akan tetapi, pasti ada kalanya saat pengiriman harus ditanggung baik oleh pihak pembeli atau penjual.

Untuk meminimalkan biaya ini, Anda dapat memilik pemasok produk yang berdomisili dengan dengan alamat Anda. Semakin jauh jarak pemasok dengan Anda, semakin tinggi pula biaya pengiriman barang yang harus Anda tanggung. Anda bisa mengecek harga pengiriman untuk tiap daerah di website JNE.

Komunikasikan dengan pemasok produk

Ini adalah langkah terakhir. Setelah Anda menentukan target pasar, kategori produk, dan pemasok produk, kini saatnya menghubungi toko yang bersangkutan. Meski sistem Tokopedia secara otomatis telah diaktifkan untuk menerima pengiriman secara dropship, namun ada baiknya Anda terlebih dahulu menghubungi toko yang bersangkutan. Sampaikan maksud Anda untuk menjadi pelaku dropship Tokopedia kepada pemilik toko.

Hal ini sekaligus akan mencegah terjadinya miskomunikasi saat pengiriman barang. Anda tentunya tidak ingin ketika pesanan sudah disampaikan ke toko, tapi pemiliknya malah tidak mau memroses pengiriman semata-mata karena pesanan tersebut dianggap fiktif.

Demi menghindari hal ini dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya, silahkan menghubungi toko pemasok barang sebelum Anda mulai beraktivitas sebagai pengusaha dropship Tokopedia. Anda dapat menemukan informasi kontak toko di laman toko bersangkutan. Beberapa toko bahkan menyediakan catatan khusus bagi mereka yang ingin bergabung sebagai rekanan.