8 Tips Mencari Supplier Dropship yang Tepat

Tips Mencari Supplier Dropship

Bisnis dengan teknik dropship diketahui tidak bisa lepas dari peran supplier yang sangat penting untuk mendukung. Permasalahannya kebanyakan pebisnis pemula belum mengetahui bagaimana tips mencari supplier dropship ini. Padahal supplier dropship tidak boleh sembarangan kamu pilih. Kamu harus memastikan hanya memilih supplier yang berkualitas, terpercaya, dan cepat tanggap dalam berkomunikasi. Kebanyakan pemula mengesampingkan informasi ini dan hanya memilih sembarang supplier yang bersedia memasok produk yang akan dijual kembali. Tentu hal ini tidak akan menjadi masalah jika kebetulan kamu mendapatkan supplier yang tepat. Pertanyaannya bagaimana jika tidak?

Jika kamu tidak mendapatkan supplier dropship yang tepat, maka bisnis yang kamu bangun terancam untuk gagal berkembang. Tanpa adanya supplier dropship yang memuaskan, maka penjualan dan pengiriman barang ke konsumen akan menjadi mengecewakan. Oleh sebab itu, kamu harus tahu apa saja yang harus kamu lakukan dalam tips mencari supplier dropship yang tepat. Pastikan hanya memilih supplier sesuai dengan tips-tips yang diberikan, karena tips tersebut sudah banyak dilakukan dan terbukti efektivitasnya. Jika kamu belum mengetahui apa saja tips tersebut, maka tenang dan terus simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

8 Tips Mencari Supplier Dropship yang Tepat

Walau saat ini sudah banyak yang mengetahui teknik bisnis dropship bahkan sudah melakukannya, tidak semuanya sebenarnya tahu bagaimana cara melakukan bisnis ini dengan tepat. Seperti yang disebutkan pada bagian di atas, bisnis dropship berkaitan erat dengan supplier yang memasok barang untuk dijual kembali. Itulah sebabnya melakukan bisnis ini dapat kamu lakukan dengan tepat dan benar hanya jika kamu sudah memiliki supplier produk yang tepat. Pelajari beberapa tips mencari supplier dropship berikut ini untuk membantu kamu.

1. Memastikan Kebijakan dalam Pengembalian Barang

Pertama kamu dapat mengetahui kualitas kerjasama yang bagus dari kebijakan supplier dalam berbagai hal. Seperti misalnya kebijakan dalam hal pengembalian barang dari pembeli. Seperti diketahui, pembeli mungkin ingin mengembalikan barang jika ditemukan ukuran yang kurang pas atau cacat produk. Oleh sebab itu, sebaiknya supplier yang kamu ajak kerjasama harus memiliki kebijakan terkait kemungkinan ini.

2. Memastikan Kualitas Produk yang Bagus

Kedua, karena kamu hanya menjual kembali suatu barang sebaiknya kamu sudah memastikan bahwa produk yang kamu jual tersebut memang bagus kualitasnya. Bagaimana caranya? Kamu dapat membeli terlebih dahulu produk dari calon supplier dropship kamu. Perhatikan bagaimana kualitas produk dropship yang menguntungkan dan apakah layak untuk kamu jual kembali dengan harga jual yang sudah kamu perhitungkan tidak. Jika cocok, maka kamu dapat mencoba bekerja sama dengan supplier tersebut.

3. Memiliki Pilihan Cara Pembayaran

Ketiga, proses penjualan kembali produk dari supplier ini membuat kamu harus menerima pembayaran pembeli kemudian mengirimnya ke supplier. Tentu jika diperhatikan jenis pembayaran seperti ini cukup merepotkan. Bagaimana jika kamu menanyakan kemungkinan pilihan cara pembayaran kepada pihak supplier. Misalnya kamu dapat menanyakan kemungkinan membayar setiap produk sudah laku dalam jumlah tertentu. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak biaya transfer.

4. Memiliki Teknologi Bisnis Kerjasama yang Mumpuni

Keempat, ketahui apakah pihak supplier dropship memiliki teknologi bisnis kerjasama yang mumpuni atau tidak. Artinya, tips mencari supplier dropship yang tepat dapat kamu lihat dari bagaimana sistem kerjasama dilakukan. Jika supplier berpengalaman, maka seharusnya sudah memiliki sistem seperti database dan website untuk memudahkan proses pemesanan dan pengiriman dilakukan dengan lebih teratur. Sayangnya, kondisi tersebut seringkali diabaikan dalam memilih supplier.

5. Memiliki Waktu Pengiriman yang Cepat

Kelima, pastikan kamu mengetahui bagaimana sistem pengiriman dan berapa lama waktu yang dibutuhkan supplier untuk mengirimkan barang pesanan. Sebagai penjual kembali, kamu tidak memilki kuasa dalam hal pengiriman barang ini. Sehingga sangat mungkin kamu akan menjadi sasaran jika konsumen tidak segera menerima barang yang sudah dibelinya. Oleh sebab itu, untuk menghindari kesalahpahaman dengan konsumen sebaiknya kamu mengetahui waktu dan sistem pengiriman yang standar dari supplier. Pilih yang memiliki waktu tercepat!

6. Supplier Mau Melakukan Custom Kemasan

Keenam, kamu adalah penjual kembali namun tentu kamu ingin pembeli menjadi pelanggan setia toko kamu bukan? Itulah mengapa untuk pengemasan produk sebaiknya tetap dikemas sebagai produk dari toko kamu bukan toko supplier. Hal ini hanya dapat dilakukan jika supplier memiliki fitur custom kemasan dan pengiriman. Mintalah untuk mencantumkan nama toko kamu disetiap produk yang dikirim melalui pemesanan kamu.

7. Supplier Sudah Berpengalaman

Ketujuh, kamu dapat memilih supplier dropship dari seberapa lama pengalamannya bekerja sama sebagai supplier dengan toko-toko lainnya. Ketahui testimoni dari toko lain yang sudah bekerja sama dengan supplier ini. Jika testimoninya menunjukkan kualitas yang bagus, maka kamu tidak perlu khawatir jika memutuskan untuk bekerja sama dengan supplier tersebut. Jika ada testimoni yang kurang bagus, cobalah kroscek dengan pihak supplier untuk mengetahui kebenarannya.

8. Tidak Membebankan Biaya Pre-Order yang Tinggi

Terakhir, supplier dropship yang sebaiknya kamu pilih adalah supplier yang tidak membebanka biaya pre-order terlalu tinggi. Pasalnya kamu harus mencari keuntungan dari penjualan bukan. Jika harga produk yang kamu beli sudah mahal, maka bagaimana kamu dapat mengambil keuntungan lagi. Jika kamu menjualnya dengan harga yang lebih mahal lagi, maka kemungkinan sedikit konsumen yang akan tertarik membeli di toko kamu.

Jadi berikut tadi beberapa tips mencari supplier dropship yang tepat untuk panduan kamu dalam mengembangkan bisnis online. Tentu setelah mempelajari informasi di atas, kini kamu menjadi lebih paham bahwa supplier dropship ada sangat banyak namun tidak semua memiliki kualitas kerjasama yang memuaskan. Ajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui kemungkinan pelayanannya seperti yang disebutkan di atas. Semoga dengan menggunakan tips di atas, bisnis yang kamu bangun bisa bekerja sama dengan supplier dropship yang tepat dan tidak mengecewakan!