Tips Menarik Ribuan Konsumen Dengan Menggunakan Banner

logo

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangan ribuan konsumen supaya tertarik pada bisnis Anda. Bukan hanya dengan membuat perencanaan yang tepat, tapi teknis marketing yang dilakukan juga harus sesuai. Di era modern seperti sekarang ini, menggunakan banner adalah salah satu teknik pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saat ini.

Banner dipakai untuk lebih menarik perhatian dari konsumen. Dengan memanfaatkan banner, maka strategi pemasaran yang ditetapkan bisa menjadi lebih optimal. Namun sebelum memutuskan untuk memilih background yang tepat. Maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam proses membuat banner sehingga bisa membuat perusahaan menjadi untung besar.

Langkah-Langkah dalam Pembuatan Banner

1. Memilih Jenis Banner

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses pembuatan banner adalah dengan menentukan jenis yang akan dibuat. Secara umum, banner terdiri atas dua jenis, yaitu banner roll up dan x (lihat jenis banner disini). Roll up banner memiliki karakteristik dapat digulung, sehingga sangat praktis untuk digunakan. Jika sudah selesai menggunakan, Anda hanya tinggal menggulungnya saja.

Sedangkan x banner dilengkapi dengan sbuah tiang penyangga di area belakang yang berbentuk huruf x. Jenis ini masih memiliki versi lain, yaitu mini x banner untuk ukuran lebih kecil. Ukuran mini ini biasanya dipakai untuk diletakkan di atas meja kerja. Karena hanya cocok untuk pemberitahuan informasi bersifat personal. Misalnya saja jadwal meeting, menu makanan dan lain sebagainya.

2. Memilih Desain

Setelah menemukan jenis banner yang tepat sesuai dengan kebutuhan produk dan perusahaan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih desain. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menjatuhkan pilihan pada desain yang sesuai. Anda harus bisa membedakan banner untuk event indoor, outdoor atau bisnis. Sehingga tetap berjalan sesuai konsep yang direncanakan.

3. Memilih Background

Setelah kedua proses di atas berhasil diselesaikan dengan tepat dan cermat. Sekarang Anda harus memilih background untuk banner yang akan dibuat. Sebaiknya pilihlah background berwarna netral. Selain itu, jangan menggunakan terlalu banyak tulisan yang mengakibatkan kalimat di dalam banner menjadi terlalu kecil sehingga tidak bisa dibaca oleh calon konsumen potensial Anda.

Selain itu, guna memaksimalkan fungsi banner supaya berjalan lebih efektif dalam menggaet konsumen. Sebaiknya lihat banner dari berbagai sudut pandang sehingga pembaca tidak sakit mata. Misalnya saja, jika memutuskan menggunakan background berwarna terang, maka hindari pemakaian gambar terlalu kompleks atau ramai karena akan menghalangi informasi yang akan disampaikan.

4. Memilih Material Bahan

Berbicara mengenai pembuatan sesuatu (apapun konteks-nya), maka tidak bisa dipisahkan dari keterlibatan material bahan yang akan digunakan. Begitupun dalam proses membuat sebuah banner perusahaan. Ada beberapa jenis bahan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun secara umum, material ini terdiri atas bahan premium (mahal dan berkualitas), dan standar (biasa saja).

5. Memilih Ukuran

Setelah semua langkah di atas berhasil diatasi, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memilih ukuran banner. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa banner terdiri dari ukuran standar dan juga mini. Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan saja. Apabila ingin digunakan sebagai media promosi kepada publik, maka gunakan saja ukuran standar.

6. Letakkan Logo di Tempat Yang Tepat

Supaya marketing berjalan dengan lebih efektif, maka pastikan bahwa posisi logo berada di bagian paling atas banner. Kenapa? Karena umumnya posisi tersebut sejajar dengan pandangan mata manusia. Sehingga peluang untuk dilirik akan lebih tinggi.