Tips Memulai Bisnis Kaos di Indonesia

86

5 Kesalahan dalam Bisnis Kaos yang Wajib Anda Hindari

Bisnis kaos merupakan salah satu bisnis yang paling menggiurkan dalam tahun-tahun belakangan ini. Proses memulainya yang sederhana hingga tingkat keuntungan yang ditawarkan menjadi daya tarik utama bagi orang-orang untuk bergabung di bisnis ini. Beberapa pengusaha bahkan mampu meraup jutaan dalam tempo waktu yang sangat singkat.

Walaupun begitu, bukan berarti bisnis ini menjanjikan kesuksesan 100% bagi setiap orang yang bergabung di dalamnya. Berbagai kesalahan yang dilakukan pengusaha kaos, baik secara sadar ataupun tidak, seringkali menjadi alasan di balik kegagalan mereka.

Untuk membantu anda berjualan, anda bisa melihat tips berjualan di instagram di artikel ini.

 

Berikut kesalahan-kesalahan yang jamak terjadi dalam usaha jual beli kaos

Gagal menentukan target pasar

Dengan penuh semangat, Anda yakin bahwa semua orang akan menyenangi desain kaos yang Anda jual. Desain yang terlihat begitu apik pastilah disukai begitu banyak orang.

Tahukah Anda? Disinilah letak kesalahan paling mendasar para pengusaha bisnis kaos. Terlepas dari seberapa bagus desain kaos Anda, desain tersebut belum tentu mampu menggaet hati setiap orang. Akan ada orang yang suka dan tidak suka.

Untuk menghindari waktu, tenaga, dan modal yang terbuang sia-sia, Anda perlu menetapkan target pasar Anda secara spesifik. Rentang umur, domisili, preferensi desain, pola konsumsi, rentang penghasilan, hobi dll.

Gunakan data ini untuk memperoleh gambaran kira-kira desain seperti apa yang disukai target pasar Anda. Anda benar, ini akan memakan waktu. Tetapi waktu yang terbuang akan jauh lebih sedikit dibandingkan jika Anda tidak melakukannya sama sekali.

Mengabaikan biaya pengiriman dan material

Antusiasme memang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Tanpanya, Anda bahkan tidak mampu berjualan sama sekali.

Tapi, antusiasme yang berlebihan yang sampai membuat Anda mengabaikan aspek-aspek lain dari bisnis ini, tidaklah benar. Kesalahan fatal lain yang sering dilakukan pengusaha bisnis kaos adalah mengabaikan biaya pengiriman dan material.

Kaos bukan sesuatu yang tercipta dari antah berantah dan dikirim secara ajaib dari internet tanpa biaya apapun. Mungkin tidak terlalu berpengaruh saat kecil, kerugian akibat salah perhitungan ini mungkin tidak terlalu terasa.

Tapi, seiring peningkatan produksi, kerugian hanya akan semakin bertambah besar. Untuk mendapatkan kaos dengan materi berkualitas, bisa klik disini.

Beberapa vendor kaos polos terpercaya adalah Porinto, polos.co.id, kaospolosandalas.com

Membuat janji yang berlebihan dan gagal menepatinya

Salah satu kunci utama keberhasilan setiap pengusaha sukses adalah menepati janji. Jangan membuat janji yang tidak dapat Anda tepat. Membuat janji yang berlebihan seperti pengepakan barang yang mewah atau garansi barang diterima hanya dalam beberapa hari setelah pemesanan (tanpa diatur lebih lanjut kapan hal ini berlaku) adalah kesalahan yang sangat fatal.

Hal ini turut mencerminkan kegagalan terbesar Anda sebagai pelaku bisnis kaos dan pelaku bisnis secara umum. Satu-satunya yang tampil dari diri Anda adalah sifat Anda yang ceroboh dan tidak profesional.

Satu-satunya cara menghindarinya adalah dengan bersikap realistis. Jalankan bisnis dengan kemampuan Anda apa adanya. Jangan khawatir, jika Anda serius melakukan bisnis ini, seiring waktu Anda akan bisa meningkatkan kemampuan bisnis Anda.

Dengan bersikap realistis, pembeli akan tahu apa yang mereka akan dapatkan berdasarkan uang yang mereka keluarkan. Hal ini lambat laun akan membangun kepercayaan antara pembeli dan Anda. Inilah harta karun terbesar dalam bisnis yang sukses.

Menganggap pembeli hanya sebagai objek

Menjalankan bisnis bukanlah semata-mata tentang membuat suatu produk dan menjualnya. Pada dasarnya, setiap bisnis adalah upaya membangun hubungan yang harmonis antara pembeli dan penjual. Dari sinilah muncul ungkapan, “Pembeli adalah raja”.

Setiap bisnis pada hakikatnya adalah melakukan sesuatu yang disukai oleh pihak penjual dan mendatangkan kebahagiaan bagi setiap orang yang membeli produk/menggunakan jasa pihak penjual. Inilah alasan di balik begitu banyak iklan yang menyodorkan rekaman orang-orang yang bahagia ketika menggunakan produk mereka. Memang inilah tujuannya.

Oleh karena itu, perlakukanlah pembeli Anda sebaik mungkin. Ucapkan terimakasih atas pembelian yang mereka lakukan dan perlakukan mereka layaknya sahabat, bukan klien. Begitupun dengan mitra Anda, baik dari pembuatan kaos, pengepakan, pengiriman dan lainnya.

Semakin baik Anda memperlakukan pembeli dan mitra bisnis kaos Anda, semakin kuat kepercayaan publik yang terbangun atas bisnis Anda. Pada saatnya, ini akan sangat efektif dalam meningkatkan penjualan Anda.

Hindari Kesalahan, Raihlah Kesuksesan

Tidak ada orang yang sempurna. Kesalahan adalah suatu kewajaran, namun bukan untuk diabaikan. Orang sukses belajar dari kegagalan mereka sendiri dan orang lain.

Jika Anda berkenan mengikuti saran-saran sebagaimana yang kami sampaikan di artikel ini dan waspada akan kesalahan-kesalahan lain yang mungkin terjadi, kesuksesan di bisnis kaos akan menjadi milik Anda.