9 Tips Jualan Online untuk Pemula yang Membuat Jualan Laris Manis

tips-jualan-online-untuk-pemula

Untuk anda yang baru ingin terjun ke dalam dunia bisnis online, entah apakah anda memiliki pengalaman bisnis sendiri sebelumnya atau tidak, ada beberapa tips jualan online untuk pemula yang perlu anda perhatikan.

Tips-tips yang akan kami berikan di sini sangatlah penting untuk anda perhatikan dan juga coba praktekkan pada bisnis online anda, dikarenakan akan sangat berguna dalam mengelola elemen-elemen yang ada di dalam bisnis online anda tersebut.

Bagi anda yang baru memulai, tips-tips jualan online untuk pemula yang akan kami sajikan tersebut akan berguna untuk membantu anda memahami dan melatih pola pikir anda dalam mengelola suatu usaha, yang juga bisa diterapkan untuk bisnis online.

Sementara bagi anda yang baru akan memulai bisnis online tetapi pernah atau masih menjalankan usaha sendiri secara offline, beberapa tips ini akan membantu membuka sedikit wawasan anda tentang apa yang akan anda hadapi di dunia maya.

Anda juga bisa membaca beberapa artikel kami lainnya seperti 6 cara mendapatkan leads dalam bisnis online, lalu bagaimana cara bisnis online kaos distro yang baik, kemudian 5 cara bisnis online untuk pemula, lalu ada juga 5 cara bisnis online shop yang efektif, 6 cara bisnis online Instagram yang efektif, dan lain-lain.

Tips Jualan Online untuk Pemula

tips-jualan-online-untuk-pemula-02

1. Mempersiapkan Mental

mempersiapkan-mental

Yang paling pertama harus diperhatikan dalam tips jualan online untuk pemula adalah mempersiapkan mental anda terlebih dahulu, terutama apabila anda sama sekali belum pernah berbisnis sendiri, baik secara online maupun offline.

Beberapa garis besar yang perlu anda perhatikan dan pelajari adalah sebagai berikut:

  1. Karakteristik pembeli online
  2. Tampilan toko / media online yang digunakan untuk jualan
  3. Membangun kepercayaan pelanggan atas toko online anda
  4. Kualitas Customer Service

Sebenarnya karakteristik dari pembeli online tidaklah jauh berbeda dari pembeli offline biasa, tetapi hal utama yang paling membedakan adalah dua hal, yaitu:

  1. Kemudahan mereka untuk melihat dan membandingkan banyak toko online yang berbeda (karena hanya tinggal klik tanpa harus berpindah lokasi),
  2. Tingkat kewaspadaan dan kepercayaan yang lebih tinggi dikarenakan mereka tidak bisa melakukan kontak fisik langsung dengan produk yang akan dibeli.

Kemudian faktor selanjutnya adalah pada tampilan toko, yang mana hal ini juga akan berpengaruh pada kesan yang akan dirasakan oleh pengunjung toko online milik anda tersebut.

Pastikan tampilan toko, terutama apabila anda membangun website sendiri, memenuhi beberapa syarat seperti:

  1. Navigasi mudah, pelanggan mudah mencari produk yang anda jual
  2. Deskripsi produk jelas dan informatif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh calon pembeli,
  3. Desain rapih dan nyaman di baca di berbagai perangkat
  4. Gambar produk jelas dan tidak buram, kalau perlu berikan foto-foto produk selengkap mungkin
  5. Proses pembelian jelas dan tidak berbelit-belit.

Kemudian selanjutnya anda juga perlu membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap toko online anda, yang mana ini juga akan berhubungan dengan kualitas customer service yang anda berikan.

Beberapa poin penting dalam membangun kepercayaan serta meningkatkan kualitas customer service anda adalah sebagai berikut:

  1. Usahakan tetap ramah walaupun menghadapi pelanggan yang menyebalkan sekalipun,
  2. Selalu berpatokan pada syarat dan termin penjualan yang anda tetapkan pada jualan online anda,
  3. Pelanggan akan lebih ragu saat membeli via online, dan beberapa dari mereka akan banyak bertanya, jadi usahakan anda sabar menanggapi mereka,
  4. Jangan baper apabila pelanggan hanya bertanya dan tidak membeli, itu hal lumrah yang terjadi baik pada toko online maupun offline.

Untuk semakin mempersiapkan mental anda, sebaiknya anda juga perlu melakukan hal-hal berikut:

  1. Tentukan jam kerja anda, supaya anda bisa tetap membagi waktu untuk melakukan kegiatan lainnya,
  2. Gunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan,
  3. Jaga temperamen anda dan percayalah kesabaran anda akan membuahkan hasil,
  4. Bangun pagi banyak rezeki, jadi biasakan untuk tidak bangun terlalu siang, dan disiplin terhadap diri sendiri, anggap anda bekerja di kantor atau perusahaan,(terutama bagi anda yang jualan online secara full time).

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

menentukan-produk

Selanjutnya dalam menentukan produk yang akan dijual, cara yang paling mudah adalah menjual produk yang paling anda kuasai, sering gunakan, atau memahami kelebihan dan kekurangannya.

Misalnya anda memahami soal gadget dan aksesorisnya, maka anda bisa berjualan salah satu atau dua hal tersebut.

Jangan takut apabila anda merasa pengetahuan tentang produk yang anda pilih masih terlalu “dangkal”, karena anda bisa mempelajarinya lebih dalam dengan cara browsing di internet atau membaca buku atau majalah terkait.

Sebagai catatan tambahan, jangan malu untuk mengakui hal-hal yang belum anda ketahui kepada pelanggan.

Mungkin hal itu akan membuat calon pembeli pergi, tetapi itu lebih baik dibandingkan kedepannya anda akan menemukan masalah terkait hal tersebut.

Untuk lebih jelasnya, saat akan menentukan produk yang akan anda jual, sebaiknya anda mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  1. Produk apa yang anda pahami dan kuasai,
  2. Seberapa paham anda akan produk tersebut,
  3. Sejauh mana anda memahami persaingan dalam menjual produk tersebut,
  4. Alur bisnis dari produk tersebut, mulai dari mengambil barang hingga mengirimkannya kepada pembeli,
  5. Bagaimana cara menjual produk tersebut.

3. Menyusun Rencana Bisnis

Tips jualan online untuk pemula selanjutnya adalah menyusun suatu rencana bisnis dari yang akan anda jalankan.

Rencana bisnis ini akan mencakup beberapa hal yang akan kami jelaskan selanjutnya ataupun yang telah kami bahas, tetapi secara garis besar di dalam rencana ini anda akan menyusun segala hal tentang bisnis online anda tersebut.

Mulai dari sekedar menentukan nama toko, menentukan produk yang akan dijual, rencana harga jual, hingga kepada perhitungan berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali.

4. Menentukan Supplier

memilih-supplier

Setelah anda mengetahui produk apa yang akan anda jual, selanjutnya adalah mencari mana supplier alias tempat anda membeli barang jualan yang tepat dan menawarkan harga terbaik.

Pastikan menyisihkan waktu dan mempertimbangkan dengan matang untuk tahapan yang satu ini, karena akan sangat krusial bagi bisnis online yang akan anda jalankan.

Beberapa faktor yang menentukan pemilihan supplier yang tepat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi supplier, jarak dari tempat mereka ke tempat anda,
  2. Harga yang mereka tawarkan,
  3. Ketersediaan stok barang yang akan ada jual,
  4. Kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan supplier tersebut.

5. Menentukan Harga Jual

menentukan-harga

Tips jualan online untuk pemula lainnya adalah menentukan berapa harga jual yang tepat untuk produk yang akan anda tawarkan.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dari segi ini antara lain adalah:

  1. Berapa harga produk di pasaran,
  2. Berapa harga yang dipatok oleh supplier anda,
  3. Berapa biaya-biaya operasional yang anda keluarkan untuk mendatangkan barang.

Setelah mengetahui dan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, barulah anda bisa menentukan berapa kira-kira harga jual yang tepat.

6. Menentukan Tempat Jualan

memilih-toko

Dalam mencari lokasi jualan online, anda perlu mengetahui apa saja alternatif lokasi yang ada di pasaran,  yang mana saat ini sudah sangat beragam tersedia di internet.

Ada banyak pilihan tempat jualan online yang bisa anda pilih berdasarkan kategorinya, antara lain:

  1. Media Sosial, seperti Facebook dan Instagram,
  2. Marketplace, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia,
  3. Membuka website toko online sendiri.

Dari beragam pilihan tersebut tentunya akan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu anda ketahui dan sesuaikan dengan gaya bisnis anda supaya tidak menjadi kewalahan.

Misalnya, di Instagram calon pembeli akan lebih menyukai foto produk yang apik dan terlihat cantik, sementara pada marketplace akan lebih kepada seberapa detail foto produk tersebut dipasang.

7. Promosi Jualan Online

promo-online

Tips jualan online untuk pemula yang selanjutnya adalah memilih saluran promosi yang akan anda gunakan untuk memasarkan dan mempromosikan jualan anda.

Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan antara lain adalah:

  1. Membayar ke marketplace untuk menjadi premium member atau official store,
  2. Memasang iklan di Facebook atau Instagram (khusus anda yang memiliki akun jualan di kedua media sosial tersebut)
  3. Beriklan di Google Ads atau Adwords Express
  4. Mengoptimalkan SEO

Untuk Google Ads, Adwords Express, dan SEO itu hanya khusus untuk anda yang memiliki website jualan sendiri.

8. Mengelola Arus Kas

laporan-kas

Mengelola kas yang masuk dan keluar sangatlah krusial dalam menjalankan usaha. Entah apakah ini hanya sekedar sampingan ataupun fuill time, anda perlu memonitor dan mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Kenapa demikian? Gunanya adalah untuk memastikan anda dapat mengolah dan menganalisa catatan keuangan sehingga dapat menggunakan data-data tersebut untuk kebutuhan lainnya.

Misalnya untuk menekan biaya operasional, mencari supplier yang lebih murah, menaikkan dan atau menurunkan harga, menghitung berapa lama anda balik modal, menentukan anggaran promosi, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Tidak usah menggunakan metode pencatatan yang berbelit-belit dan rumit, cukup mencatat kas masuk dan kas keluar harian saja pada Excel atau buku catatan sudah lebih dari cukup.

Tentunya hal ini akan sangat membutuhkan kedisiplinan dan ketekunan dari diri anda sendiri, serta bagaimana anda membiasakan diri untuk mencatat setiap transaksi.

9. Evaluasi dan Mengkaji Ulang Strategi

evaluasi

Tips jualan online untuk pemula yang terakhir adalah memastikan bahwa anda harus secara rutin melakukan evaluasi atas performa penjualan dan kegiatan promosi atau pemasaran yang anda lakukan untuk kemudian menetapkan strategi selanjutnya.

Hal ini guna memastikan anda membuang semua elemen-elemen yang tidak berguna dan cenderung berupa pemborosan yang tidak perlu, sehingga bisnis anda akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Dengan menerapkan 9 tips jualan online untuk pemula di atas, kami harao anda dapat mulai belajar mengelola bisnis anda dengan baik dan bahkan mengarah ke profesional.

Meskipun kesemua hal di atas terlihat rumit, tetapi demi menjalankan suatu usaha yang baik, teratur, dan tentunya menguntungkan, maka anda harus mencoba membiasakan diri untuk melakukannya.

Apabila anda membutukan informasi lainnya seputar jualan online tersebut, silahkan baca beberapa artikel kami lainnya seperti cara menjadi dropshipper bisnis online,  kemudian bagaimana cara kerja reseller dan keuntungannya, lalu bagaimana cara memulai bisnis kaos online berpenghasilan tinggi, dan masih banyak lagi.

Semoga tips jualan online untuk pemula yang kami berikan dapat membantu anda dalam menjalankan serta mengelola usaha anda dengan lebih baik dan tentunya lebih mendatangkan keuntungan.