10 Tips Jualan Online Laris dan Banyak Pelanggannya

tips-jualan-online-laris

Apakah anda baru akan memulai atau masih kesulitan dalam mengembangkan bisnis anda secara online dikarenakan tingkat konversi penjualan yang rendah ataupun tingkat pengunjung yang masih sedikit?

Pada artikel kali ini kami akan berikan 10 tips jualan online laris yang bisa anda coba untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Memulai bisnis atau menjalankan bisnis secara online merupakan salah satu hal yang terbilang menjadi suatu kewajiban di era digital sekarang ini, entah itu untuk sekedar memperluas pengenalan akan merk produk anda, ataupun sebagai tempat jualan utama anda.

Penetrasi penggunan internet yang semakin berkembang di Indonesia serta semakin meningkatnya kepercayaan pelanggan akan berbelanja melalui metode online menjadikan bisnis online akan sangat lebih potensial dan menjanjikan dibandingkan offline.

Karenanya, anda perlu mengetahui bagaimana tips dan trik dalam menjalankan bisnis online sehingga anda tidak akan tertinggal dari kompetitor, terutama bagi anda yang terlambat memulai menjalankannya.

10 Tips Jualan Online Laris yang Efektif

10-tips-jualan-online-laris

Untuk lebih meningkatkan performa jualan online yang anda lakukan, berikut ini kami akan memberikan apa saja 10 tips jualan online laris yang bisa anda coba terapkan, yang diharapkan bisa mendongkrak penjualan anda.

Kesepuluh tips ini juga kami harap dapat anda jadikan landasan ide untuk kemudian dikembangkan sesuai kreatifitas anda sehingga pendekatan yang anda lakukan akan lebih sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

1. Memilih Jenis Jualan Online

memilih-jenis-jualan-online

Tips jualan online laris pertama yang anda perlu perhatikan adalah memilih serta menentukan jenis serta metode jualan online yang sesuai dengan waktu ataupun modal yang anda miliki.

Jenis dan juga metode dalam jualan online sendiri terdiri atas beberapa macam, yang antara lain adalah:

  1. Reseller
  2. Dropship
  3. Menjual barang hasil karya sendiri
  4. Menjual barang bekas
  5. Menawarkan jasa atas keahlian yang anda miliki

Nantinya metode apapun yang anda pilih bisa dijual melalui beragam alternatif lokasi yang tersedia di dunia maya.

Untuk lebih mengetahui tentang jenis dan metode jualan online di atas, anda bisa membaca artikel kami seperti cara kerja reseller dan keuntungannya, kemudian bagaimana cara menjadi dropshipper bisnis online.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya membaca artikel kami mengenai 7 Tips menjadi reseller dan trik pemasarannya, kemudian apa saja 5 cara mudah jualan online yang menguntungkan, serta pahami juga 10 kesulitan untuk memulai bisnis baru dan sukses.

2. Buka di banyak Lokasi

tempat-jualan-online

Kemudian tips yang kedua, terutama bagi yang baru memulai, untuk membuka “lapak” atau toko online anda di banyak lokasi dan jangan hanya terpaku di satu tempat saja.

Hal itu dikarenakan anda jadi bisa melihat dan memonitor platform mana yang paling sesuai dengan anda, atau platform mana yang paling banyak dikunjungi oleh calon pelanggan.

Ada 4 macam tempat yang bisa anda manfaatkan untuk berjualan secara online, yang mana adalah sebagai berikut:

  1. Marketplace untuk Produk atau Jasa,
  2. Forum Jual Beli,
  3. Tempat pembuatan website gratisan,
  4. Website atau Toko Online milik sendiri.

Untuk marketplace produk sendiri saat ini sudah diisi oleh berbagai pemain besar seperti OLX, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan Lazada.

Sementara untuk marketplace jasa sendiri yang cukup aktif dan banyak pencari jasa nya antara lain adalah Projects.co.id, Sribulancer, Freelancer, dan juga marketplace luar seperti Fiverr.

Anda juga bisa menjual produk anda melalui forum-forum yang menyediakan fitur jual beli seperti yang paling terkenal dan merupakan salah satu pionir tempat jualan online di Indonesia yaitu FJB Kaskus, dan juga forum-forum lainnya.

Opsi lainnya, anda juga bisa membuat website gratis melalui penyedia layanan seperti Blogspot, WordPress.com, dan juga membuat situs bisnis Google melalui platform Google Bisnisku.

Kemudian yang terakhir adalah membuat website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website atau toko online yang banyak tersedia di internet apabila anda kesulitan membel domain dan menyewa web hosting sendiri.

Semua platform, kecuali membuat website toko online sendiri, bisa dibuat secara gratis dengan opsi berbayar apabila anda ingin memasang toko online anda di tempat paling atas pada pencarian, atau menggunakan domain pribadi untuk Blogspot dan WordPress.com.

3. Jual Produk yang Peminatnya Tinggi

memilih-produk-untuk-jualan-online

Tips jualan online laris selanjutnya adalah dengan memilih produk yang sedang “naik daun” alias tinggi peminatnya di pasaran pada saat anda akan mulai menjualnya.

Ini berguna untuk memaksimalkan pendapatan anda, terutama apabila anda bisa memprediksi produk mana yang akan banyak diminati dan bisa menjadi salah satu yang pertama menjual produk tersebut.

Tentunya menentukan produk mana yang akan laris tidaklah mudah, karenanya anda perlu terus mengikuti perkembangan dari industri yang anda masuki sehingga bisa dapat melakukan prediksi-prediksi yang lebih akurat dibandingkan buta sama sekali akan perkembangan dari industri tersebut.

4. Gunakan Foto Produk yang Menarik

foto-produk-yang-menarik

Foto produk bisa sangat menentukan apakah produk yang anda jual akan terliha menarik atau tidak di mata pelanggan, dan juga menunjukkan kesan profesional dari toko online anda.

Tidak perlu memiliki kamera mahal dan juga perangkat pencahayaan sekelas studio, tetapi yang terpenting foto dari produk yang anda jual terlihat jelas, tidak buram atau blur, dan difoto dalam pencahayaan yang cukup.

Apabila ada opsi untuk mengunggah beberapa foto sekaligus, anda juga bisa gunakan foto produk profesional yang tersedia di internet, serta mengupload foto-foto dari kamera anda sendiri sebagai foto tambahannya.

5. Promosikan secara Online

Setelah toko online dan produk atau jasa yang akan anda jual sudah siap terpasang, jangan lupa untuk mempromosikannya secara online dengan cara membagikan URL toko anda ke platform-platform media sosial atau platform online lainnya.

Anda juga bisa memasang iklan atau mempromosikan postingan anda di media sosial sehingga produk yang anda jual bisa lebih dilihat oleh banyak prospek pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas.

Beberapa jenis promosi online yang bisa anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memasang iklan di Google Ads atau Adwords Express,
  2. Memasang iklan di Media Sosial seperti Facebook Ads dan Instagram Ads,
  3. Membayar listing premium untuk produk yang ditempatkan di marketplace atau forum jual beli.
  4. Membagikan URL toko online anda secara online melalui aplikasi chat seperti Whatsapp, LINE, BBM, dan FB Messenger.

6. Promosi secara Offline

leaflet-adalah

Tidak hanya secara online, tips jualan online laris lainnya adalah dengan mempromosikannya secara offline alias menggunakan metode-metode di luar aktivitas online.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan secara offline, antara lain:

  1. Word of Mouth, alias promosi dari mulut ke mulut, yang mana anda bisa mempromosikan kepada keluarga, teman, kolega, dan lingkaran pertemanan terdekat anda terlebih dahulu,
  2. Mengikuti bazaar atau acara-acara yang menyediakan lokasi yang disewakan untuk mendirikan stand atau booth,
  3. Menawarkan langsung ke distributor atau ke toko-toko yang ada di sekitar lokasi anda atau pada wilayah yang menjadi sasaran penjualan anda.
  4. Membuat perangkat pemasaran offline seperti poster, brosur, flyer, spanduk, dan sebagainya yang akan diarahkan kepada toko online anda.

7. Efisienkan Proses Penjualan

Pastikan juga proses penjualan anda tidak rumit dan berbelit-belit, dan usahakan seramping serta seefisien mungkin guna memudahkan proses yang terjadi antara pemesanan hingga pengiriman pesanan.

Misalnya, cari distributor yang selalu mengirimkan daftar stok barang yang tersedia sehingga anda tidak perlu bolak-balik menanyakan mereka soal ketersediaan barang apabila ada calon pembeli yang bertanya.

8. Manajemen Stok Produk

Ini sangat penting apabila anda menyimpan stok produk yang anda jual di gudang atau lokasi milik anda sendiri, sehingga sangat perlu untuk dikelola berbagai hal terkait dengan stok produk.

Mulai dari pencatatan stok, pengisian ulang stok barang, dan juga mencatat barang keluar dan barang masuk ke lokasi penyimpanan anda.

9. Buat Program Promo

 

Jangan lupa untuk membuat suatu program promo di waktu-waktu tertentu, terutama pada saat momen di mana para konsumen sedang gencar-gencarnya mengeluarkan uang untuk belanja.

Misalnya pada saat menjelang lebaran, kemudian pada saat natal, imlek, dan yang paling umum adalah pada saat menjelang tahun baru di mana momen-momen ini juga bisa anda memanfaatkan untuk menghabiskan stok barang yang tersisa.

Anda bisa menawarkan beragam variasi promo seperti beli 1 gratis 1, atau beli 2 gratis 1, atau potongan harga yang cukup tinggi, atau membuat paket bundling antara beberapa produk yang berbeda namun tetap berkaitan.

10. Atur Tata Letak Produk

Tips jualan online laris yang terakhir adalah mengatur tata letak produk anda pada toko online dengan mempertimbangkan bagaimana proses pengambilan keputusan oleh target pelanggan anda.

Rumus umumnya adalah untuk selalu menempatkan produk unggulan anda di tempat yang paling terlihat, dan misalnya produk-produk anda ditempatkan sejajar secara horizontal, tempatkan produk unggulan tersebut di paling awal alias paling kiri.

Apabila produk yang anda jual cukup banyak sehingga tampilannya akan terdiri dari beberapa baris, tempatkan produk unggulan tersebut di bagian paling kiri atas sehingga akan dilihat pertama kali oleh calon pembeli.

Anda juga bisa menambahkan label-label (apabila memungkinkan) pada produk unggulan anda seperti label “Best Seller”, “Terlaris”, “Recommended”, dan label lainnya yang akan menarik perhatian calon pembeli.

Kesimpulan

Dalam rangka memperoleh hasil maksimal pada saat jualan onlie, anda perlu memahami bagaimana perilaku konsumen yang umum terjadi pada saat belanja online, dan juga apa saja yang bisa anda lakukan menggunakan media internet.

Perlu anda ingat, pada pelaksanaannya, menjalankan bisnis online tidak terlalu jauh berbeda dengan membuka bisnis secara fisik alias offline, kecuali pada proses pengambilan keputusan dan masalah kepercayaan dari calon pembeli.

Di dalam bisnis online, calon pembeli akan lebih mudah beralih antara satu toko dengan toko yang lainnya untuk membandingkan harga, serta mereka mmemiliki kewaspadaan yang tinggi atas kredibilitas dari toko online.

Sehingga apabila semua hal tersebut dapat anda atasi, maka kemungkinan besar bisnis online anda akan berjalan lancar, terutama apabila selalu mengedepankan kualitas pelayanan di atas segalanya, termasuk faktor keuntungan.

Anda juga dapat membaca beberapa tips kami lainnya seperti 6 cara mendapatkan leads dalam bisnis online, kemudian apa saja 9 jenis strategi digital marketing, dan juga 5 cara bisnis online untuk pemula yang dapat membantu anda dalam memulai.

Semoga 10 Tips Jualan Online Laris yang kami sediakan akan dapat memberikan panduan, insporasi, dan motivasi bagi anda sehingga kinerja dari bisnis online yang anda lakukan akan dapat berjalan dan berkembang lebih baik lagi.