15 Tips Jualan Online di Instagram yang Sudah Terbukti Efektif

tips-jualan-online-di-instagram

Ingin tahu apa saja tips jualan online di Instagram yang efektif untuk dilakukan di tahun 2019 ini?

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan penjelasan yang lengkap terkait hal tersebut, sehingga anda tidak salah langkah dalam menjalankan bisnis online anda.

Dalam melakukan kegiatan jualan online di Instagram, anda perlu menerapkan banyak hal penting yang kebanyakan sering dilewatkan oleh para pebisnis Instagram lainnya.

Beberapa hal penting tersebut sebenarnya mudah dilakukan, tetapi seringkali terlewat dan bahkan tidak dioptimalkan oleh para pebisnis online yang memanfaatkan platform Instagram ini.

Sebelumnya, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel yang dirasa dapat membantu anda memulai serta meraih kesuksesan melalui platform Instagram untuk bisnis anda, seperti bagaimana cara jualan di Instagram, lalu anda wajib membaca 7 tips sukses di Instagram melalui bisnis online,  kemudian ada juga 6 cara mudah menjadi selebgram berpenghasilan tinggi, dan artikel terkait lainnya.

15 Tips Jualan Online di Instagram yang Efektif di Tahun 2019

Berikut ini, akan kami berikan apa saja 15 tips jualan online di Instagram yang efektif untuk dilakukan di tahun 2019 ini yang kami harapkan akan dapat mengangkat performa dari bisnis online serta tingkat penjualan produk atau layanan yang anda tawarkan.

1. Jangan Gunakan Akun Instagram Pribadi

akun-pribadi-vs-akun-bisnis

Tips jualan online di Instagram yang pertama adalah untuk memisahkan akun bisnis dari akun pribadi dikarenakan pemisahan tersebut akan membuat akun bisnis terasa lebih profesional, serta anda juga akan lebih memantau serta memonitor perkembangannya secara objektif.

Dengan memisahkan akun tersebut, anda juga dapat menjaga citra dari bisnis untuk tidak bercampur dengan pribadi anda.

Terkait penamaannya, anda bisa menggunakan nama bisnis anda ataupun menggunakan kata kunci yang sering dicari dari bisnis anda seperti misalnya @jual_buku_online dan sejenisnya.

Perlu diingat, menggunakan kata kunci sebagai nama akun memang cukup efektif, tetapi nantinya anda bisa kesulitan membangun brand dikarenakan tidak “membiasakan” calon pelanggan dan pelanggan terhadap nama dari merk anda.

Karena itu kami tetap menyarankan untuk menggunakan nama brand yang simpel, singkat, jelas, dan unik apabila anda ingin kedepannya bisnis anda benar-benar dibangun secara profesional.

2. Tuliskan Profil Bisnis yang Jelas pada Bio

bio-instagram-profil
sumber: https://www.oberlo.com

Suatu bio yang baik di Instagram, terutama untuk bisnis, adalah memberikan informasi yang ringkas, padat, dan benar-benar menjelaskan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang anda jalankan.

Misalnya pada contoh gambar di atas yang merupakan bisnis salon yang memasarkan layanannya melalui Instagram.

Pada bagian bio tersebut mereka dengan jelas menempatkan nama usaha mereka di awal, kemudian penjelasan mengenai bisnis mereka itu apa secara garis besar, dan diikuti dengan fitur-fitur atau keunggulan yang mereka tawarkan, link ke media sosial lainnya, dan terakhir alamat website.

3. Posting secara rutin

Saat ingin membangun suatu bisnis online menggunakan platform Instagram, anda juga harus membaisakan diri untuk secara rutin memposting sesuatu yang baru setiap harinya, dan bahkan beberapa kali dalam sehari.

Mengapa demikian? Karena pengguna Instagram sangatlah banyak, dan kebanyakan setiap akun akan mengikuti banyak akun, maka kemungkinan postingan anda untuk tenggelam diantara lautan postingan lainnya sangatlah besar.

Dengan membuat jadwal posting, ditambah dengan desain yang khas untuk bisnis Anda, akan semakin memperbesar peluang bisnis anda untuk dapat dilirik oleh mereka, terutama yang telah menjadi follower anda.

4. Desain Postingan yang Menarik

insta-post
sumber: adweek.com

Terkait dengan postingan, tips jualan online di Instagram yang sangat efektif adalah memastikan foto atau video yang dipasang terlihat menarik dan juga terkonsep serta memiliki ciri khas sehingga pembaca akan segera mengatahui yang mana postingan dari akun bisnis anda.

5. Isi Caption yang Menarik

instagram-caption
sumber: https://suebzimmerman.com

Tidak hanya soal foto dan video yang diposting, isi dari caption juga sangatlah penting untuk anda perhatikan, karena caption ini merupakan bagian lain yang dapat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak dengan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Jangan malas menulis caption, tetapi pastikan pembaca akan dapat membacanya dengan mudah serta bahasanya tidak membingungkan. Anda bisa mengisinya dengan spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lainnya yang tujuannya adalah memberikan informasi,

6. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Setelah foto, video, dan juga caption, hal lainnya yang utama dalam tips jualan online di Instagram adalah menentukan hashtag apa yang akan anda gunakan di setiap postingan tersebut.

Hashtag merupakan salah satu yang bisa dibilang krusial dalam mempromosikan suatu usaha atau postingan di dalam platform Instagram, dan tentunya strategi penggunaannya akan sangat perlu anda perhatikan.

Anda bisa menggunakan hashtag sebanyak-banyaknya, tetapi perlu diingat bahwa menggunakannya terlalu banyak dan tidak relevan dengan postingan anda malah tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Malahan alan lebih baik apabila anda menggunakan hashtag yang se-spesifik mungkin sehingga saat ada yang mencari hashtag tersebut anda akan dengan mudah muncul dikarenakan persaingannya sedikit.

7. Pasang Iklan Tertarget

insta-ads
sumber: https://recruitingsocial.com

Saat akan mengiklankan atau mempromosikan suatu postingan, pastikan anda sudah benar-benar mengetahui siapa saja target pelanggan atau pembeli dari produk atau layanan anda.

8. Pilih Endorser yang Tepat

Tidak hanya beriklan secara langsung di Instagram, anda juga dapat membayar endorser yang biasanya berasal dari kalangan selebgram atau influencer, untuk mempromosikan produk dan layanan anda.

Pastikan anda tidak asal-asalan memilih endorser, karena mereka nantinya akan mempromosikan produk anda kepada fillowers mereka, yang sebaiknya harus sesuai dengan audiens dari produk dan layanan anda.

Karena apabila tidak begitu, yang ada hanayalah pemborosan belaka dikarenakan kesalahan pemilihan endorser dan juga audiens yang mengikuti mereka.

9. Gunakan Akun Bisnis Instagram

Pastikan saat membuat akun Instagram untuk bisnis online, akun tersebut sudah anda pilih menjadi akun bisnis sehingga nantinya segala hal terkait iklan dan promosi berbayar akan lebih mudah dilakukan.

Membuat akun bisnis untuk Instagram membutuhkan suatu halaman Facebook, sehingga jangan lupa pertama-tama untuk membuat terlebih dahulu halaman Facebook untuk bisnis anda, dan baru nanti anda bisa menghubungkannya dengan akun bisnis Instagram.

10. Testimoni Pelanggan

Ada pelanggan atau pembeli yang meninggalkan testimoni yang baik? Jangan lupa untuk di screenshot dan posting di akun Instagram untuk bisnis anda karena itu akan lebih meyakinkan bagi para calon pelanggan yang belum pernah menggunakan produk atau layanan anda sebelumnya.

Tidak hanya testimoni yang diberikan via DM saja, tetapi juga testimonial yang diberikan via Whatsapp dan juga website apabila ada, yang nantinya semakin banyak akan semakin bagus karena calon pelanggan akan semakin pervaya.

11. Tag Follower Anda

Saat bisnis online anda sudah memiliki sejumlah pembeli tetap ataupun follower yang potensial, jangan lupa tag mereka supaya nantinya mereka akan mendapatkan pemberitahuan saat anda menawarkan produk atau promo terbaru.

Catatan, jangan teralu banyak tag akun orang lain dalam satu postingan, dan batasi penggunaannya hingga maksimal adalah 5 tag per postingan Instagramm supaya tidak menggangu.

12. Jangan Terlalu “Jualan”

Meskipun akun bisnis Instagram tersebut digunakan untuk berjualan, sebaiknya anda tidak terlalu kelihatan berjualan, yaitu gunakan bahasa-bahasa yang tidak terkesan menawarkan produk meskipun sebenarnya anda sedang menawarkannya.

Istilah untuk iotu adalah “soft-selling”, yaitu menjual tetapi tidak terang-terangan dan to-the-point mengajak pembaca untuk membeli, tetapi alihkan terlebih dahulu dengan sedikit cerita mengenai masalah yang umum dialami tanpa adanya produk atau layanan anda tersebut.

13. Usahakan Konten Selalu Relevan

Tips jualan online di Instagram selanjutnya adalah memastikan konten yang anda posting diintegrasikan dengan hal yang sedang relevan pada saat itu, atau istilah lainnya adalah topik yang sedang viral guna memancing lebih banyak pelanggan.

Hal ini dapat membuat anda “nebeng” hashtag yang sedang trending di saat tertentu, dan memperbesar kemungkinan bisnis anda dilirik oleh banyak orang yang juga sedang mengikuti hashtag tersebut.

14. Berikan Promo yang Menarik

Metode promosi yang juga umum dilakukan oleh para pebisnis online di Instagram adalah memberikan promo-promo yang menarik dan masih terkait dengan penggunaan aplikasi, misalnya memberika potongan harga saat followers mencapai 10rb, atau postingan dengan like terbanyak akan mendapat diskon, dan lain sebagainya.

Tidak hanya potongan harga, anda juga bisa mengadakan kontes berhadiah menarik seperti kontes foto atau video yang akan diposting di Instagram, atau mengadakan kuis tebak-tebakan berhadiah, atau kegiatan lainnya sesuai dengan kreatifitas dan anggaran anda.

15. Berinteraksi dengan Audiens

Jangan lewatkan juga kesempatan anda untuk berinteraksi dengan audiens, baik yang menjadi folllower ataupun tidak, dalam bentuk merespons pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan ramah dan cepat, entah mereka pada akhirnya akan membeli atau tidak.

Tingkat kesabaran yang tinggi sangat diperlukan, karena akan banyak pelanggan yang “numpang lewat” alias hanya sekedar tanya-tanya tapi tidak jadi membeli, atau terlalu banyak bertanya dan juga tetap tidak mengerti walaupun telah dijelaskam berkali-kali.

Jangan mudah terpancing emosi dan mudah mem-blacklist calon pelanggan, apalagi hanya karena mereka bertanya tapi tidak membeli dan bukan karena mereka menipu.

Kesimpulan

Menawarkan produk atau layanan melalui Instagram bukanlah perkara mudah, dan bahkan cenderung sangat ketat persaingannya, tetapi bukannya tidak mungkin untuk dilakukan.

Dengan catatan, selama anda mau terus belajar dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dari strategi yang berjalan, serta tidak berhenti mengevaluasi bagaimana perkembangan dari akun bisnis online Instagram milik anda, maka keberhasilan dan kesuksesan itu akan datang.

Untuk anda jadikan pertimbangan, manfaatkan juga media sosial lain seperti Youtube, Facebook, dan juga website sendiri yang semuanya nanti akan saling terkoneksi, dan apabila anda rajin memposting di semua tempat tersebut, maka peluang bisnis anda untuk semakin dikenal pun semakin besar.

Untuk lebih memperlengkap bekal anda dalam berbisnis menggunakan platform Instagram, baca juga beberapa artikel yang telah kami siapkan seperti apa rahasia cara sukses jualan di Instagram, kemudian bagaimana cara mendapatkan followers Instagram aktif yang termasuk ke dalam prospek pelanggan anda.

Semoga 15 tips jualan online di Instagram yang kami berikan ini akan dapat membantu anda dalam melancarkan bisnis anda melalui platform tersebut sehingga penjualan akan terus meningkat dan jumlah pelanggan semakin bertambah.