Tips Desain Kartu Nama yang Pro dan Berkelas

desain kartu nama

Kartu nama merupakan salah satu alat penting untuk para profesional. Terutama bagi mereka para pebisnis yang haus dengan kerja sama dan pertemuan dengan orang baru. Satu lembar kertas kecil ini bisa berperan sangat besar. Untuk itu, desain kartu nama yang menarik menjadi hal yang wajib diperhatikan sehingga pada saat Anda memberikan kartu nama Anda, si penerima akan terkesan dan senang hati untuk menyimpannya.

6 Tips Desain Kartu Nama Pro dan Berkelas

Desain kartu nama dapat mempresentasikan siapa sejatinya pemilik secarik kertas mungil tersebut. Kesan pertama saat melihat fisik kartu akan menjadi kunci apakah kartu nama Anda akan disimpan atau malah dibuang. Berikut ini adalah cara terbaik agar desain kartu nama Anda terkesan berkelas dan sayang untuk dibuang:

1. Visual yang menarik

Agar kartu nama terlihat “Eye-Catching” dan si penerima enggan membuangnya, usahakan untuk membuat desain visual yang menarik. Bubuhkan gambar yang merepresentasikan profesi Anda. Misalnya jika Anda adalah seorang pengusaha florist, cantumkan gambar rangkaian bunga. Apabila Anda seorang tentor Bahasa Jepang, jangan lupa tambahkan bendera Jepang atau seseorang yang memakai pakaian kimono.

2. Desain Unik

Desain yang tidak pasaran dan elegan akan membuat si Penerima kartu terkesan. Apabila Anda berkecimpung di dunia seni, rancanglah kartu nama Anda dengan gradasi warna dan latar belakang yang menampakkan sisi seni Anda. Jika Anda seorang public figure, kartun wajah Anda akan sangat menarik untuk digambarkan di salah satu sisi kartu nama. Pikirkan ide-ide unik untuk menghasilkan desain cantik.

3. Terbuat Dari Bahan Berkualitas

Kesan pertama saat seseorang menerima kartu Anda, selain dari tampilannya adalah tekstur bahan yang dipergunakan. Semakin baik kualitasnya, semakin meyakinkan pula anggapan seseorang tentang reputasi Anda. Biasanya kertas terbaik untuk kartu nama adalah jenis kertas linen. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi pertimbangkan pula keuntungannya.

4. Informasi Jelas

Isi yang tertulis pada kartu nama Anda harus jelas, meliputi nama (beserta gelar), alamat rumah, profesi atau perusahaan tempat Anda bernaung, dan informasi mengenai nomor telepon atau email yang bisa dihubungi. Jangan lupa bubuhkan pula logo perusahaan Anda. Jika mungkin, informasi hanya tertulis pada satu sisi saja, agar praktis dan orang yang menerima tidak perlu membolak-balikkan kartu nama Anda.

5. QR Codes

Di zaman yang sudah modern ini, barcode sudah menjadi hal yang umum. Agar terlihat pro dan berkelas, tambahkan QR Codes pada kartu nama Anda. Ini disarankan terutama untuk Anda yang memiliki website atau yang aktif di berbagai sosial media seperti facebook, instagram, dan lain-lain. Bubuhkan di area yang sedikit terpisah dari tulisan.

6. Finishing yang Tepat

Berikan finishing pada kartu nama Anda agar tampilannya lebih menarik, awet, dan kuat. Jika perlu tambahkan efek untuk menghasilkan kartu nama yang memukau. Ada bermacam-macam finishing yang dapat Anda pilih diantanya adalah Laminating Doff untuk hasil yang tebal dan mengkilat, Cetak Emboss atau Deboss agar tulisan timbul, atau hot print untuk hasil kartu yang mewah.

Kartu nama merupakan gambaran dari sisi kepribadian Anda. Kartu ini juga bisa menjadi salah satu penunjang dalam Anda berkarir. Untuk itu, usahakan untuk membuatnya terlihat profesional dan berkelas. Nantinya, siapapun yang menerima akan tertarik, kemudian menyimpannya, dan suatu saat jika ia membutuhkan seseorang untuk bekerja sama ia akan mengingat kartu tersebut dan segera menghubungi Anda.