8 Sumber Inspirasi Desainer Grafis agar Kreatif

25
Sumber Inspirasi Desainer Grafis

Sumber inspirasi desainer grafis adalah berbagai hal yang diketahui dapat membantu desainer grafis untuk dapat lebih mudah mencari inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Desainer grafis tentu sangat identik dengan ciri khasnya yang kreatif dan memiliki selera estetika yang tinggi. Hal ini tentu tidak didapatkan dengan mudah dan cuma-cuma.

Para desainer grafis diketahui harus sering mencari inspirasi untuk tetap kreatif dan up to date dengan kreasi yang sedang menjadi trend  di masanya. Mungkin informasi ini untuk masyarakat umum masih terkesan sangat asing. Itulah mengapa banyak klien seringkali menginginkan desainer grafis selalu kreatif, tanpa mengetahui mungkin saja desainer grafis tersebut belum menemukan sumber inspirasinya dalam jangka waktu lama. Lalu apa yang harus dilakukan?

Tentunya para desainer grafis disarankan untuk mengetahui apa saja sumber inspirasi desainer grafis yang menjadi andalan untuk dicoba. Informasi berikut ini akan coba menjelaskan beberapa sumber inspirasi untuk para desainer grafis. Sehingga ketika para desainer grafis merasa kehilangan inspirasi, dapat mencobanya dan kembali terinspirasi.

8 Sumber Inspirasi Ampuh untuk Desainer Grafis

Kamu yang saat ini sedang mencari inspirasi untuk pekerjaan desainer grafis, tidak lagi perlu bingung ke mana harus mencari inspirasi. Berikut ini beberapa sumber inspirasi yang dapat kamu coba lakukan.

  1. Belajar dari Desainer Grafis Lain

Pertama, coba kamu mencari inspirasi dengan belajar dari desainer grafis lain. Bukan artinya kamu harus mengikuti apa yang dibuat oleh desainer grafis lain. Kamu bisa menemukan sangat banyak inspirasi dari melihat dan belajar pada orang lain yang memiliki beban kerja yang sama dengan kamu. Misalnya dengan menambahkan ciri khas kamu melalui stiker, doodle art, atau warna yang mencirikan desainmu.

  1. Berlibur ke Negara Lain

Selain sumber yang sebelumnya dijelaskan, ternyata mendatangi tempat yang baru adalah sumber inspirasi yang sangat original. Misalnya kamu dapat berlibur ke negara lain. Tentunya negara lain memiliki budaya dan kebiasaan yang sangat berbeda dan dapat mendatangkan inspirasi untuk kamu. Selain itu, kamu pun akan menjadi lebih bersemangat bekerja setelah berlibur.

  1. Berlibur ke Tengah Alam

Kamu juga dapat mencoba sumber inspirasi lainnya yaitu alam. Saat kamu berada di tengah alam, kamu akan mendapatkan inspirasi dari alam dengan merasakan ketenangan pikiran dan kesegaran alami bahkan sekaligus belajar banyak warna dan bentuk. Hal ini diketahui sangat baik untuk membuat para desainer grafis menjadi lebih banyak inspirasi. Jadi cobalah untuk berlibur ke tengah alam.

  1. Membaca Banyak Majalah

Sebagai seorang desainer grafis, tentu tidak dapat dipungkiri bahwa membaca banyak majalah adalah sumber inspirasi yang sangat ampuh. Pasalnya, majalah merupakan suatu bacaan yang memuat banyak desain dari berbagai sumber dan dapat membantu kamu lebih terinspirasi dengan banyak desain yang dihasilkan di luar.

  1. Mempelajari Arsitektur

Cobalah juga kamu mempelajari beberapa ilmu arsitektur. Walau arsitektur adalah desain dalam bangunan secara fisik, tidak berarti berbagai desain arsitektur tersebut tidak dapat kamu adaptasi menjadi inspirasi desain loh. Jadi dengan mempelajari arsitektur, maka kamu pun dapat memiliki lebih banyak ide desain.

  1. Mendatangi Museum

Ketenangan alam memang sangat bagus untuk menginspirasi, namun kamu juga bisa mendapatkan ketenangan tersebut dalam tempat lain. Salah satu tempat tenang yang baik untuk menginspirasi kamu adalah juga museum. Jadi datangilah beberapa museum yang terjangkau untuk didatangi dan refresh kreativitas kamu di sana.

  1. Mengunjungi Media Sosial

Saat ini media sosial sangat aktif dengan berbagai fiturnya yang pastinya juga memberikan andil ke dunia desain grafis. Itulah mengapa sebagai desainer grafis kamu tidak boleh tidak pernah mengunjungi media sosial. Melalui kunjungan ke media sosial kamu dapat mengetahui apa saja yang sedang trend dan menuangkannya dalam desain kamu.

  1. Tidak Takut Mencoba

Sumber inspirasi yang terakhir sebenarnya bisa datang dari diri kamu sendiri. Tentu hal ini dapat kamu miliki dengan tidak takut mencoba. Selalu mencoba untuk bereksperimen pada desain kamu adalah inspirasi terbaik yang bisa kamu datangkan tanpa memerlukan banyak hal lain.

Demikianlah tadi sudah jelaskan apa saja sumber inspirasi desainer grafis yang kamu dapat coba lakukan sekarang juga. Pilihlah sumber inspirasi yang memang paling cocok dengan kepribadian kamu. Misalkan kamu tidak terlalu menyukai berjalan jauh, maka cobalah sumber inspirasi yang tidak membutuhkan kamu bepergian. Juga sebaliknya jika kamu menyukai bepergian untuk mencari inspirasi, maka berlibur adalah sumber inspirasi yang wajib dicoba!