Sulap Kaos Polos Kamu Dengan 3 Trik Praktis Ini

Tank top

Kebanyakan dari kita pastinya dengan mudah membuang kaos polos yang sudah terlupakan di lemari karena ada banyaknya kaos baru yang memiliki warna lebih cerah dan ukuran lebih pas. Kita akan membahas 3 tips mudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan tips ini kamu bisa membuat kaos tua kamu menjadi lebih menarik dengan teknik pewarnaan dan potongan yang akan kita bahas secara mendetail dibawah ini.

Selain itu, jika kamu tertarik, bisa mencoba sablon kaos manual di artikel yang satu ini:  Cara Sablon Manual serta Alat dan Bahannya.

Semua bahan juga merupakan bahan dasar rumah tangga. Namun kamu tetap harus menyiapkan pewarna tekstil yang sangat mudah kamu temukan di warung atau toko yang menjual pernak pernik pakaian. Bisa juga kamu mencari pewarna pakaian secara online, namun pastinya kamu masih harus menunggu beberapa hari pengiriman barang.

Setelah membaca ini, kamu pasti ingin langsung mencoba ke kaos bekas yang kamu punya. Karena itu kami merekomendasikan untuk segera mencari pewarna tekstil di toko terdekat di rumah kamu. Langsung saja, ayo kita mulai bahas teknik yang pertama.

Aplikasikan Teknik Dip Dye

Nah tips yang pertama adalah dengan mengaplikasikan teknik Dip Dye ke kaos polos kamu. Dengan peralatan seadanya dan modal pewarna yang terjangkau, kamu bisa menghasilkan aksen gradasi yang sangat menarik selayaknya kaos yang dibanderol dengan harga mahal. Caranya pun tidak sulit.

teknik dip dye pada kaos polos

Mau coba? Pertama-tama, siapkan peralatan berikut ini.

  • Kaos polos
  • Pewarna pakaian
  • Sarung tangan tebal
  • Air panas
  • Wadah

Setelah menyiapkan peralatan dengan lengkap, ikuti proses teknik Dip Dye berikut secara berurutan.

Tahap #1: Campurkan pewarna pakaian yang sudah kamu beli, sekitar seperempat tutup botol, baiknya kamu sesuaikan dengan jumlah kaos polos yang ingin kamu warnai, ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.

Masukkan air panas, tidak perlu mendidih, namun dengan panas yang cukup agar pewarna mudah larut dalam air tadi. Jika kamu menggunakan air dingin, takutnya pewarna tidak rata larut dalam air dan proses pewarnaan menjadi tidak sempurna.

Kamu juga perlu memperhatikan kepekatan warna, jangan sampai terlalu pekat, yang kita cari adalah warna pewarna yang cukup cerah untuk digunakan.

Tahap #2: Cuci semua kaos polos yang ingin kamu warnai, jangan sampai tersisa noda dan kotoran, karena pastinya akan menghalangi pewarnaan pada bagian yang kita inginkan.

Jangan lupa untuk memeras kaos yang sudah dicuci dengan air biasa sampai benar-benar kering, namun kamu tidak perlu sampai menyetrikanya, cukup dengan cara memeras dengan rata.

Tahap #3: Jika sudah, kamu tinggal menyelupkan bagian yang ingin kamu warnai dengan teknik ini, kamu bisa mencelupkan bagian bawah kaos atau bisa juga di lengan sampai bagian kerah kaos.

Rendam paling tidak selama 30 menit agar warnanya meresap habis sampai ke setiap serat kaos.

Tahap #4: Pakai sarung tangan karet atau plastik yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Kenapa perlu sarung tangan jenis ini? Pastinya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan sarung tangan kain karena pewarna tidak meresap ke sarung tangan sehingga tangan kamu tidak terkena pewarna dan sarung tangan juga lebih mudah dibersihkan.

Disini, kamu perlu memeras bagian kaos yang kamu warnai sampai kering, kemudian bilas dengan air biasa. Hati-hati dalam penggunaan air, karena jika agak panas, akan membuat luntur pewarna yang sudah menempel di kain.

Keringkan kain di jemuran selama 15 menit atau lebih, sampai pewarnanya setengah kering.

Tahap #5: Tahap yang paling penting, adalah dengan mengambil bubuk pewarna secukupnya dan taburkan ke bagian yang sudah kamu warnai tadi. Hal ini berguna untuk menimbulkan efek berkilau pada bagian tersebut.

Trik ini agak sulit, karena kamu harus pengalaman dalam menaburkan jumlah yang tepat, karena jika terlalu banyak akan terlihat kurang baik, terlebih jika kamu beberapa kali kurang rata menaburkan bubuk pewarna. Sehingga kamu harus menaburkan ulang, yang berakibat bubuk yang telalu banyak dan malah menjadi berlebihan.

Tahap #6: Jemur kembali kaos yang sudah kamu Dip Dye tadi, sampai kering total. Kemudian jangan lupa dicuci dulu ya sebelum digunakan. Hal ini karena pewarna tadi biasanya tidak baik jika terkena kulit kamu secara langsung tanpa dibilas terlebih dahulu karena bisa menyebabkan iritasi ringan dan gatal-gatal.

Pangkas Kaos Menjadi Tank Top Praktis

Modif tank top

Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk membeli tank top baru. Karena kamu bisa menggunakan kaos lama yang kamu miliki. Sebenarnya mudah, potong setiap lengan kaos dan kerah kaos dengan teknik berikut. Gimana ya tekniknya? Simak tutorial dari kami berikut ini.

Tahap #1: Persiapkan kaos untuk dijadikan tank top. Semua kaos lamamu bisa jadi bahan percobaan termasuk kaos kamu yang menjadi longgar atau kaos milik saudara mu yang berukuran lebih besar.

Tahap #2: Potong dengan menggambar terlebih dahulu bagian-bagian yang ingin dipotong agar hasilnya bisa menjadi lebih rapi. Disini, kamu bisa menggunakan cetakan berupa kertas koran sebelum kamu mulai memotong. Kemudian kertas koran yang sama bisa kamu balik untuk memotong bagian yang di sebelahnya agar memiliki ukuran yang sama persis.

Tahap #3: Potong dengan rapi menggunakan gunting kain yang tajam. Jika tidak, akan muncul serat pada bekas potongan yang bakal kelihatan kurang rapi. Namun hal ini bisa diakali dengan menjahit bagian sisi potongan tadi agar lebih bagus hasilnya, namun pastinya akan membutuhkan kerjaan tambahan buat kamu.

Tanpa dijahitpun asal kamu bisa mengguntingnya dengan rapi, tank top hasil buatan kamu dari kaos polos ini sudah sangat presentable dan cocok untuk kamu pakai buat liburan ke pantai.

Disini selalin kaos bekas yang kamu punya, kamu bisa menggunakan kaos yang berukuran lebih besar karena nantinya bisa jadi sebuah tank top yang lucu seperti gambar di bawah.

Tahap #4: Kamu juga bisa memotong bagian bawah kaos jika ukurannya lebih besar dari tubuh kamu karena hasilnya akan keren. Selain itu, teknik ikatan bagian perut pada kaos juga bisa diterapkan. Hasilnya bisa menjad benar-benar menarik.

Desain Jadi Kardigan Keren

Ada banyak kaos lengan panjang di lemari pakaian kamu? Tips ini cukup simpel karena kamu tinggal menyiapkan dalaman yang cocok warnanya, kancing 19mm, gunting, benang dan setrika.

Modif kaos menjadi kardigan

Berikut cara membuat kardigan fresh dari kaos lengan panjang bekas kamu.

Tahap #1: Bentangkan kaos lengan panjang kamu di meja atau lantai. Temukan bagian tengah yang ingin dipotong. Kamu bisa melipat dua terlebih dahulu kaos tersebut, kemudian tandai garis tengahnya dengan tepat.

Tahap #2: Potong dengan gunting secara hati-hati.

Tahap #3: Setelah dipotong, tandai bagian kancing secara vertikal menggunakan setrika kira-kira selebar 7cm di setiap sisi bekas potongan. Tahap ini penting agar kamu bisa menempatkan posisi kancing dengan benar. Jangan lupa untuk mencoba mengepaskan ke tubuh kamu agar tidak terlalu ketat, dan juga tidak terlalu longgar.

Tahap #4: Posisikan kancing tepat diatas perut dan voila, dengan tambahan dalaman yang tepat, kamu sudah mendapatkan sebuah kardigan keren untuk dipakai jalan-jalan hari ini.

Mudahnya Modif Kaos Kamu

Gimana mudah sekali kan pembuatannya? Semua bahan diatas bisa kamu temukan di rumahmu, namun tentu saja kamu harus membeli terlebih dahulu pewarna tekstil yang berkualitas. Harganya pun sangat terjangkau. Jadi tidak ada lagi kata bosan dengan kaos yang kamu punya. Karena dengan teknik Dip Dye kamu bisa mendapatkan gradasi warna menarik dengan murah.

Baca juga: 5 Cara Menyablon Kaos yang Bagus

Kalaupun kaos kamu menjadi kebesaran kamu bisa menggunakan dua teknik lainnya, dimana kaos kamu bisa kamu sulap menjadi tank top ataupun kardigan keren. Masih mau membuang kaos polos di rumah kamu? Ayo mulai kreasi di rumah dengan teknik-teknik yang sudah kita bahas barusan. Selamat mencoba!