Apa Saja Informasi Spesifikasi Cetak yang Perlu Diketahui?

86
Spesifikasi Cetak

Spesifikasi cetak adalah berbagai informasi yang diperlukan untuk menentukan bagaimana hasil desain yang telah kamu buat akan dicetak. Walau sangat penting, informasi mengenai spesifikasi cetak ini seringkali tidak diketahui oleh para desainer grafis. Namun kamu sebaiknya tidak seperti itu. Kamu perlu tahu apa saja spesifikasi cetak yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa klien kamu tidak merasa kecewa dengan hasil pekerjaan yang diberikan.

Informasi yang dibutuhkan oleh para desainer grafis terkait berbagai macam spesifikasi dalam percetakan ini juga perlu diketahui oleh para pemesan desain. Artinya, tidak cukup hanya desainer saja yang mengetahui tapi pemesan pun perlu untuk menanyakan berbagai rencana spesifikasi dari desain yang dicetak. Jika kamu mengetahuinya, maka kamu dan desainer dapat memiliki pemahaman yang sama dan hasil cetak yang didapatkan akan sesuai dengan keinginan desainer sekaligus juga si pemesan.

Manfaat lainnya dari mengetahui informasi spesifikasi cetak ini adalah pekerjaan kamu tentunya akan lebih mudah diproses dalam percetakan. Jadi bagaimana menurut kamu? Penting sekali bukan mengetahui apa saja jenis informasi yang dibutuhkan dalam spesifikasi saat akan dicetak? Jadi simak terus informasi berikut ini terkait berbagai spesifikasi cetak yang diperlukan dalam proses percetakan.

7 Informasi Spesifikasi Cetak yang Wajib Diketahui Sebelum Proses Percetakan

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, mengetahui informasi cetak ini akan sangat membantu kamu selama proses percetakan. Jadi informasi di bawah ini pasti akan sangat bermanfaat juga untuk kalian yang sedang mencarinya.

1. Nama Pekerjaan

Tentunya hal pertama yang wajib kamu ketahui dan sampaikan sebagai spesifikasi benda yang akan dicetak adalah apa nama pekerjaan percetakan yang akan kamu buat. Apakah kamu akan mencetak kartu, brosur, spanduk, kalender, atau mungkin stiker? Pastikan untuk menginformasikannya.

2. Ukuran Terbuka Pekerjaan

Selanjutnya, ukuran dari pekerjaan pun sangat penting untuk diinformasikan. Jika pekerjaan yang akan kamu cetak adalah pekerjaan yang dapat dilipat seperti kartu, maka kamu perlu menginformasikan berapa ukuran yang diharapkan saat terbuka.

3. Ukuran Jadi Pekerjaan

Tidak hanya ukuran pekerjaan dalam posisi terbuka, kamu pun perlu menginformasikan ukuran jadi dari pekerjaan. Jadi tidak ada kesalahan dalam komunikasi saat akan melalui proses percetakan antara desainer dan percetakan. Sebutkan ukuran dengan detail hingga kebagian batas sisi-sisinya. Hal ini juga berlaku pada pekerjaan tanpa ukuran terbuka dan tertutup. Misalnya pada poster, tentu kamu perlu menentukan ukuran poster yang ingin kamu cetak.

4. Bahan yang Digunakan

Jangan sampai kamu mencetak pekerjaan tanpa mengetahui apa bahan yang ingin kamu gunakan. Ada banyak jenis bahan yang perlu kamu ketahui dan tentukan apakah bahan itu yang kamu harapkan dan pemesan harapkan untuk mencetak hasil pekerjaan? Misalkan kamu akan mencetak di kertas, tentukan jenis kertas dan kegunaannya untuk disesuaikan dengan harapan kamu.

5. Warna yang Digunakan

Selanjutnya, spesifikasi yang juga seringkali menimbulkan masalah adalah warna. Itulah mengapa sebelum melakukan percetakan dalam jumlah banyak, kamu perlu memastikan warna yang kamu harapkan tidak akan berubah setelah dicetak. Informasikan juga apakah kamu ingin desain dicetak full color atau hanya bagian tertentu saja.

6. Teknik Finishing

Tentunya bagi para desainer sudah tidak asing lagi dengan banyaknya jenis finishing di percetakan. Informasi mengenai teknik finishing ini yang juga harus kamu sampaikan pada pihak percetakan. Pemilihan teknik finishing yang tepat yang akan membuat hasil pekerjaan desain kamu semakin bagus.

7. Jumlah Pekerjaan

Informasi spesifikasi terakhir namun yang paling penting untuk kamu ketahui adalah berapa jumlah pekerjaan yang akan kamu cetak. Jangan sampai kamu ingin mencetak 100 lembar malah menjadi 1000 lembar karena tidak menyiapkan informasi ini sebelum sampai ke percetakan.

Itulah beberapa informasi spesifikasi cetak yang harus kamu ketahui saat akan mencetak suatu pekerjaan hasil desain. Jika kamu sudah menentukan semua spesifikasi yang diinginkan dan dikomunikasikan juga antara desainer dan pemesan, maka proses percetakan akan lebih mudah dilakukan. Begitu juga dalam hal menentukan harga dari proses percetakan tersebut. Jadi tentukan seluruh spesifikasi pekerjaan yang akan dicetak terlebih dahulu ya!