Perbedaan Antara Brosur Dan Pamflet

brosur dan pamflet

Brosur dan pamflet merupakan dua jenis media cetak yang memiliki fungsi hampir sama. Keduanya berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pembacanya, selain itu terkadang juga digunakan untuk promosi sebuah produk atau untuk ajakan tentang suatu aturan. Kedua media cetak ini bisa anda temui dengan sangat mudah di Indonesia.

Bisa anda jumpai di kantor, Universitas, bahkan di pinggir – pinggir jalan. dua jenis media cetak ini merupakan jenis yang paling sering digunakan secara umum oleh masyarakat. Paling sering digunakan sebagai media promosi misalnya untuk mempromosikan sebuah produk, acara atau hal penting lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Brosur dan Flyer yang Wajib Anda Tahu!

3 Cara Membedakan Brosur dan Pamflet

1. Perbedaan berdasarkan manfaatnya

Brosur adalah media cetak yang digunakan untuk media promosi, media ini lebih sering digunakan karena mampu memberikan informasi yang lebih detail mengenai suatu produk atau jasa yang ingin dipromosikan.

Cara menggunakan brosur untuk media promosi adalah dengan membagikannya kepada para calon konsumen. Hal ini biasa dilakukan oleh para salesman, agen penjualan, dan produsen kepala pelanggan yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Sementara pamflet adalah media cetak berupa selembar kertas yang dikemas dengan cara dilipat dan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Media ini tidak memiliki cover serta tidak dilakukan penjilidan.pamflet biasa digunakan untuk media edukasi atau untuk memberikan hiburan bagi penerimanya.

Pamflet memiliki desain yang lebih menarik serta memiliki cakupan yang lebih luas. Tak heran jika pamflet menjadi media pilihan ara pebisnis untuk melakukan promosi produk.pengertian pamflet berdasarkan wikipedia adalah tulisan yang dapat dibuat baik dengan gambar maupun tidak dengan gambar.

Media pamflet dibuat tanpa penjilidan, yang pada salah satu sisi atau pada kedua sisinya dicantumkan selembar kertas. Yang kemudian selembar kertas tersebut di dilipat dan dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya. Sehingga ukuran pamflet menjadi tampak lebih kecil.

2. Berdasarkan kelebihan dari kedua media cetak

Kelebihan media cetak brosur adalah dapat di distribusikan dengan mudah dan luwes dari pada media poster atau media cetak lain yang sifatnya hanya terbatas dan dipasang pada tempat – tempat tertentu saja. Selain itu brosur juga sangat tepat untuk digunakan sebagai media promosi di daerah yang tertarget.

Brosur selain digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa, brosur juga dapat digunakan untuk mempromosikan tempat tinggal, program kegiatan atau program kesehatan dan berbagai macam aktivitas sosial yang ingin anda laksanakan. Anda bisa membagi informasi dengan orang lain melalui brosur yang anda edarkan.

Sementara itu kelebihan pamflet adalah bentuk desain dari media ini sendiri, bentuknya tergolong unik sehingga para pembaca menjadi lebih tertarik ketika melihat desain yang lucu dan menarik. Jika anda ingin melakukan promosi dengan tema bercerita panjang lebar anda bisa menggunakan media pamflet.

3. Berdasarkan dari tujuan pembuatan media cetak

Pamflet dibuat dengan tujuan untuk berkomunikasi dalam dunia bisnis, digunakan untuk memberikan edukasi, informasi dan hiburan kepada target atau pembaca. sementara tujuan dari pembuatan brosur adalah sebagai bahan follow up ketika anda menawarkan produk sambil melakukan persuasi kepada konsumen.

Selain itu brosur juga biasa digunakan untuk memberikan informasi tentang produk dan jasa yang akan anda tawarkan. Sehingga brosur bersifat lebih detail dalam menyampaikan informasi. Biasanya brosur diselipkan dalam surat penjualan atau dalam proposal sebagai bahan pendukung.