6 Peralatan untuk Usaha Sablon Kaos Digital

139
Peralatan untuk Usaha Sablon Kaos Digital

Memutuskan untuk membuka sebuah usaha, artinya kamu harus memiliki berbagai peralatan untuk mendukung kerja usaha tersebut. Begitu juga dengan peralatan untuk usaha sablon kaos digital yang kamu siapkan untuk memulai jenis usaha ini. Bahkan sebelum usaha sablon benar-benar dibuka, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan setiap peralatan tanpa terkecuali. Hal ini penting agar semua pesananan di usaha sablon kaos kamu nanti dapat dikerjakan dengan baik. Pekerjaan yang baik tidak hanya melihat pada prosesnya yang cepat, tetapi juga hasil sablon yang tidak mengecewakan. Jadi kamu harus tahu jenis sablon terbaik yang mana yang akan kamu pilih.

Ternyata untuk mendapatkan hasil sablon yang memuaskan, sangat banyak peralatan yang perlu kamu siapkan. Informasi mengenai apa saja peralatan untuk usaha sablon kaos digital ini mungkin tidak banyak kamu ketahui. Terlebih lagi karena kebanyakan jenis sablon kaos yang digunakan saat ini adalah sablon manual. Bagaimana jika yang kamu ingin buat adalah usaha sablon kaos digital dengan teknik direct to garment (DGT) printing? Tentunya peralatan yang perlu kamu siapkan akan berbeda. Agar kamu tidak kebingungan mencari tahu apa saja alat sablon kaos tersebut, terus simak penjelasannya di bawah ini.

6 Peralatan untuk Usaha Sablon Kaos Digital

Walau sudah banyak yang ingin membuka usaha sablon kaos digital, sayangnya masih banyak yang belum tahu juga jenis peralatan yang harus dimiliki usaha tersebut. Tidak terlalu sulit untuk kamu dapat menyiapkan peralatan ini, jika kamu serius ingin membuka usaha sablon. Hanya saja kamu perlu tahu mana peralatan yang penting dan tidak bisa jika tidak kamu punya, dan mana yang masih bisa menyusul nanti. Kali ini akan dijelaskan sekitar 6 peralatan yang tidak bisa kamu tidak punya untuk usaha sablon kaos digital. Cobalah simak penjelasannya dan segera siapkan untuk membuka usaha kamu!

1. Alat Pemotong

Alat yang pertama dan merupakan alat yang mungkin paling sederhana adalah alat pemotong. Pemotong ini bukanlah alat pemotong biasa seperti gunting. Alat pemotong akan terintegrasi dengan program desain yang kamu buat untuk membuat desain sablon. Jadi pemotong akan tahu bagian mana dari desain yang akan dipotong untuk dicetak.

2. Aplikasi Desain Grafis Versi Full

Agar kamu dapat menghasilkan desain untuk sablon kaos kamu, maka kamu membutuhkan aplikasi atau software desain grafis. Daripada menggunakan yang gratis, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit uang untuk membeli versi full dari aplikasi tersebut. Manfaatnya akan sangat terasa karena desain kamu pun menjadi tidak biasa.

3. Kertas Transfer

Satu lagi alat yang mungkin sebelumnya tidak kamu tahu digunakan untuk sablon digital, alat ini adalah kertas transfer (transfer paper). Fungsi dari kertas transfer adalah memindahkan gambar dari printer ke material bahan. Gambar desain pada kertas transfer akan dapat dipindahkan menggunakan alat yang dinamakan heater.

4. Komputer Pribadi/ Personal Computer (PC)/ Laptop

Seluruh proses sablon kaos digital hanya dapat kamu lakukan jika ada alat yang menjalankan perintahnya. Alat untuk menjalankan perintah percetakan ini tentunya adalah komputer. Jika kamu mau, laptop pun dapat difungsikan untuk menjalankan fungsi sablon digital ini. Lebih dari itu, komputer pun dapat kamu manfaatkan untuk membuat pembukuan keuangan dan fungsi lainnya.

5. Mesin Pemanas (Heater)

Alat ini adalah alat yang digunakan untuk memungkinkan kertas transfer memindahkan gambar yang akan dicetak pada sablon. Jadi pada saat kertas transfer sudah memuat desain sablon, kamu cukup menempelkannya pada kaos dan menindihnya dengan heater untuk memindahkan gambar desain ke kaos.

6. Mesin Printer Sablon Kaos

Jenis peralatan untuk usaha sablon kaos digital lainnya pastinya adalah mesin printer. Mesin printer ini tidak mungkin tidak ada. Kamu harus menyiapkannya lengkap dengan tinta printer. Jika kamu ingin menggunakan printer sablon yang paling bagus, maka kamu dapat memilih solvent printer. Hanya saja memang harganya lebih mahal dari yang lain.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 6 peralatan untuk usaha sablon kaos digital yang kamu rencana bangun. Tidak sulit ternyata untuk membangun jenis usaha ini dan menyiapkan peralatan jika sudah tahu. Jadi bagaimana menurut kamu? Apakah kamu sudah siap membuka usaha sablon kaos digital kamu sendiri?