Pengertian Lengkap dan Fungsi Leaflet

697
fungsi leaflet

Leaflet adalah media publikasi singkat yang berbentuk selebaran kertas dan ukurannya yang kecil. Berbeda dengan brosur yang hanya digunakan sebagai media marketing dan promosi, leaflet lebih digunakan untuk media informasi tentang suatu hal, contohnya topik edukasi di sebuah seminar. Biasanya leaflet terdiri dari 200 sampai 400 karakter yang ditata dengan rapi, menarik, serta disertai gambar untuk melengkapi informasi pada leaflet.

contoh-leaflet
Contoh Leaflet

Baca Juga: Leaflet Menurut Wikipedia

Mungkin bagi anda, leaflet tidak diperlukan lagi karena sekarang banyak orang lebih menyukai media digital. Leaflet terlihat klasik karena dibuat dengan menggunakan kertas. Tetapi, prosedur untuk membuat sesuatu seperti leaflet dalam bentuk digital dan dapat dilihat banyak orang tidak mudah. Tidak hanya itu saja, prosesnya membutuhkan teknik tertentu.

Jika teknik penyebaran digital leaflet tidak mumpuni, maka hasilnya pun tidak maksimal, tidak banyak orang yang dapat melihat pengumuman tersebut. Tetapi jika menggunakan leaflet dalam bentuk selebaran kertas, baik penyebarannya dilakukan dengan membagikan di tempat umum atau menempelkannya. Hal ini tak perlu teknik khusus dan orang yang tak mempunyai perangkat elektronik juga bisa mengetahui informasi yang ingin disebar tersebut.

3 Fungsi Leaflet yang Harus Anda Ketahui

1. Sebagai Sarana Informasi

Fungsi leaflet sebagai sarana informasi membantu anda jika anda ingin memberi informasi terhadap khalayak ramai. Misalnya ketika anda ingin memberikan gagasan anda tentang suatu objek, anda bisa menuliskannya di leaflet dan menyebarkannya ke tempat-tempat yang sekiranya di sana banyak orang yang anda inginkan mendapatkan informasi tersebut.

Tidak hanya itu, sebagai sarana informasi leaflet juga dapat dimanfaatkan sebagai informasi denah peta. Misalkan ketika anda ingin mengadakan sebuah acara, anda bisa memberikan keterangan acara lengkap dengan penjelasan yang terperinci seperti lokasi dan waktu.

Kemudian leaflet juga bisa digunakan untuk memberikan informasi mengenai penjelasan suatu produk. Misalnya, toko yang menjual barang elektronik, biasanya leaflet disediakan untuk menjelaskan keterangan terperinci produk seperti harga, tipe, spesifikasi, dan masih banyak lagi. Juga biasanya tercantum gambar untuk menjelaskan produk yang dijual tersebut.

Baca juga: Tips untuk Memunculkan Nuansa Romantis dalam Desain

2. Sebagai Sarana Promosi

Promosi bisa didefinisikan sebagai kata yang mendeskripsikan suatu aktivitas yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk dagang. Baik dalam bentuk jasa, benda, maupun kombinasi keduanya. Promosi dilakukan dengan banyak media, bisa menggunakan digital, leaflet, bahkan seorang sales atau marketer.

Tetapi di sini, leaflet dalam kegunaannya sebagai media promosi sangat efektif digunakan karena ringan untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, leaflet biasanya dirancang memiliki fokus tertentu sesuai dengan produk yang ingin dipromosikan.

Jika anda ingin promosi usaha anda, anda bisa mendesain leaflet sebagai promosi dengan outline cover, deskripsi singkat, spesifikasi, keunggulan produk, harga, bagaimana menjangkau produk, dan kontak yang bisa dihubungi untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk yang dipromosikan.

3. Sebagai Sarana Identifikasi

Fungsi leaflet sebagai sarana identifikasi bertujuan untuk memperkenalkan identitas “sesuatu” kepada masyarakat atau paling tidak kepada orang yang sekiranya anda inginkan untuk mengetahui identitas sesuatu tersebut.“Sesuatu” itu bisa merupakan sebuah perusahaan ataupun kegiatan.

Jika anda ingin mempromosikan perusahaan, anda bisa mendesain leaflet dimulai dari logo perusahaan di halaman cover, kemudian deskripsi singkat, visi misi perusahaan, peran perusahaan di masyarakat, dan seterusnya.

Umumnya penggunaan leaflet sebagai sarana identifikasi dilakukan oleh pihak pemerintah seperti kepolisian dalam alur pembuatan SIM misalnya, rumah sakit untuk menjelaskan alur pendonoran darah, dan seterusnya.

Itulah pengertian dan fungsi leaflet. Leaflet sebaiknya dirancang dengan baik sehingga informasi yang dicantumkan di sana singkat, jelas, dan mudah dipahami.