Tips Packaging yang Menarik dan Efektif dalam Produk Penjualan

13
packaging yang menarik dan efektif

Penjualan suatu produk adalah bagian terpenting suatu perusahaan, baik itu perusahaan kecil, menengah, maupun besar. Cara menarik minat konsumen juga banyak, yang tentunya hal-hal itu harus diketahui perusahaan hingga dapat menjalankan strategi agar penjualan meningkat dan benefit yang didapat juga meningkat. Salah satu cara menarik minat konsumen adalah packaging yang menarik dan efektif.

Konsumen mengetahui produk dari package-nya, mulai dari fungsi produk tersebut, komposisi produk tersebut, serta keterangan legalitas dari produk tersebut. Jika anda ingin menjual produk dengan packaging, anda harus mempertimbangkan fungsi, informasi, tampilan, dan material.

4 Tips Mudah Packaging yang Menarik dan Efektif

1. Bubuhkan Informasi yang Mendeskripsikan Produk

Konsumen membutuhkan keterangan mengenai produk yang ada dalam package. Mulai dari jenis produk, fungsi produk, kecocokan dan kelayakan produk dengan konsumen, komposisi produk, serta legalitas. Tak lupa juga package sebaiknya menyisipkan informasi visual.

Setelah pokok-pokoknya anda ketahui, selanjutnya adalah kualitas tulisan. Anda harus memilih font yang enak dibaca, layout harus sesuai dengan space tulisan, dan warna font juga harus dibuat kontras dengan warna latar.

2. Fungsional

Maksud fungsional adalah bahwa konsep package harus sesuai dengan produk. Misalnya jika produk yang dikemas bebannya cukup berat, maka rancangan package harus memiliki pegangan, atau jika produk yang dikemas terbuat dari bahan dasar kaca, maka rancangan package harus aman jika terbanting.

Tidak hanya itu, untuk membuat packaging yang menarik dan efektif, ukurannya harus sesuai dengan produk yang dikemas. Jika produk berukuran kecil, maka jangan menggunakan package yang terlalu besar, karena dapat menyebabkan kekecewaan kepada pembeli karena ketidaksesuaian ukuran.

3. Selektif Memilih Material

Kualitas material cukup penting dipertimbangkan karena kesesuaian dengan produk yang harus diperhatikan tadi. Jika material tidak dipertimbangkan, maka dapat menyebabkan malfungsi. Misalnya jika produk yang dikemas cukup berat, tetapi kekuatan material tidak mampu menahan beban produk, maka kemasan akan rusak.

Jika produk adalah makanan, maka kualitas material berperan sangat besar. Apakah material yang dipilih aman jika bersentuhan dengan makanan, apakah material dapat menahan cairan, dan sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa anda harus selektif dalam memilih material.

4. Mengkonsep Desain Package Sesuai Dengan Produk

Terakhir adalah desain package. Jika package untuk perempuan, maka ada baiknya menggunakan warna yang sesuai dengan perempuan, begitu juga untuk laki-laki. Intinya, anda harus memperhatikan kesesuaian material, produk, dan calon pembeli.

Baca Juga: Tips untuk Memunculkan Nuansa Romantis dalam Desain

Selain warna, bentuk juga berperan penting. Misalkan produk adalah minuman, anda perlu menyesuaikan apakah sebaiknya kemasan produk menggunakan bahan tembus pandang atau tidak. Selanjutnya bagaimana dengan bentuknya, apakah kemasan ergonomis atau tidak. Apakah kemasan minuman tersebut nyaman dipegang atau tidak.

Packaging yang menarik dan efektif artinya mampu menarik calon pembeli untuk membeli atau paling tidak menoleh ke produk yang anda jual. Efektivitas packaging merupakan apakah kemasan sesuai dengan produk dan ergonomis, yang artinya tidak hanya membawa keuntungan bagi pembeli, tetapi juga bagi penjual.

Keuntungan bagi penjual dan pembeli adalah produk yang dikemas dapat terjaga kualitasnya. Karena kualitasnya terjaga, maka konsumen akan puas dan cenderung niat konsumen untuk membeli produk anda lagi akan muncul.

Tidak hanya itu saja, tak sedikit konsumen banyak membeli suatu produk karena desain packagingnya yang terlihat menggiurkan dibandingkan dengan produknya. Misalnya saja, produk-produk yang dijual di shopee dikemas dengan packaging yang baik. Namun, meskipun begitu, jangan terlalu fokus pada kemasan saja, ingat, kualitas produk adalah prioritas utama.