Meningkatkan Kualitas Packaging untuk Menarik Pelanggan

72
meningkatkan kualitas packaging

Dunia bisnis selalu memaksa pelaku bisnis menjadi kreatif. Persaingan bisnis adalah hal yang utama, bagaimana anda bisa bersaing dengan kompetitor agar konsumen produk lebih memilih anda? Jenis produk yang sama, target pasar yang sama, sering membuat pelaku bisnis berlomba untuk meningkatkan kualitas packaging maupun kualitas produk untuk menarik minat konsumen.

Kualitas produk selalu ditingkatkan dengan berbagai cara. Katakanlah jika produk anda merupakan sesuatu yang harus dikemas. Anda bisa meningkatkan kualitas produk anda tidak hanya dari sisi nilai produk itu sendiri, tetapi juga kemasannya atau packagingnya.

Biar bagaimanapun, kesan pertama selalu dari cover. Jika anda bisa menarik minat calon pelanggan untuk membeli produk anda, maka packaginglah salah satu medianya. Mulai dari tampilan packaging, informasi yang diberikan, legalitas dari pihak yang berwenang misalkan jika produk makanan ada izin resmi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Baca Juga: Manfaat Pengunaan Kemasan Sehat Ramah Lingkungan

4 Cara Meningkatkan Kualitas Packaging Anda

1. Buatlah Packaging Sebagai Standar Marketing

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang ketika membuat packaging adalah tidak memiliki standar khusus. Misalnya, jika anda membuat packaging untuk suatu produk, usahakan tema, bentuk, dan warna harus seirama dengan produk marketing yang lain. Jadi, apabila ada satu produk yang berwarna dominan merah, anda bisa membuat desain untuk promosi, website atau akun Instagram dengan warna atau tema yang serupa.

Meningkatkan kualitas packaging dengan menjadikannya sebagai standar marketing akan menciptakan identitas brand anda dalam diri pelanggan. Misalnya seperti pepsodent, yang merupakan brand salah satu pasta gigi yang menjadi sebutan atau nama untuk semua pasta gigi, padahal pasta gigi lain tersebut bukanlah pepsodent branded.

2. Buatlah Packaging yang Interaktif

Tips meningkatkan kualitas packaging selanjutnya, cobalah untuk membuat packaging yang interaktif. Salah satu contoh packaging interaktif adalah milik brand Coca-Cola, permen Kiss dan Aqua. Ketiga brand tersebut membuat kata dan kalimat khusus di setiap packaging-nya.

Hal tersebut mungkin menghabiskan dana yang relatif besar, tetapi anda bisa mengatasinya dengan hanya membuat satu desain interaktif. Misalnya, mencantumkan kata-kata atau kalimat bijak, pepatah, kutipan dari tokoh besar atau bahkan lelucon di dalam packaging anda.

3. Memberi Warna Pada Packaging

Jika mempunyai bisnis yang masih baru, tentu anda harus mempunyai suatu terobosan yang dapat menggugah calon konsumen anda. Boleh saja anda menyebut produk yang anda miliki lebih baik daripada kompetitor, tetapi anda harus memiliki nilai jual produk.

Aspek apa yang membuat produk anda lebih baik dari kompetitor? Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas packaging dengan membuat desain yang unik dan menarik perhatian calon konsumen. Membuat packaging anda memiliki warna dominan merupakan salah satu cara.

Anda bisa membuat packaging dengan desain yang terkesan ceria, elegan, dan unik. Jangan lupa juga untuk membuat warna yang sesuai dengan kertas untuk packaging karena jika salah perhitungan, warna yang anda inginkan pada saat desain tidak akan sesuai dengan hasil cetak.

4. Buatlah Packaging Anda Berbentuk Bulat atau Melingkar

Jika mempunyai rencana membuat packaging berbentuk bulat atau melingkar untuk suatu produk, seperti pada kemasan botol atau susu kaleng, anda harus memikirkan strategi tambahan. Packaging melingkar membutuhkan desain khusus, bagaimana caranya para pelanggan kelak bisa tertarik dengan produk anda jika dilihat dari samping atau bahkan belakang.

Tidak hanya itu, packaging melingkar juga memiliki nilai ergonomis yang tinggi karena kenyamanan saat memegangnya. Juga karena desain packaging yang melingkar, produk anda gampang untuk dibawa-bawa karena bisa dimuat ke dalam kantong.