Tips Mencuci Kaos Polos dan Bersablon Agar Tidak Rusak

42
Mencuci Kaos Polos dan Bersablon

Mencuci kaos polos dan bersablon merupakan pekerjaan yang tidak boleh sembarangan kamu lakukan, jika tidak ingin kaos kamu menjadi cepat rusak. Kaos ada dua jenis yang banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu kaos yang polos dalam berbagai warna atau juga kaos yang bersablon berbagai jenis gambar dan tulisan yang menarik. Kondisi ini yang membuat kamu tidak boleh mencuci kaos sembarangan dan merusaknya karena tidak tepat mencucinya.

Kaos atau yang juga biasa dikenal sebagai kaus oblong adalah pakaian yang sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari. Kenyamanan menggunakan kaos ini disebabkan oleh bahannya yang menyerap dan juga bentuknya yang sederhana. Tidak hanya digunakan untuk ke rumah, kaos pun dapat menjadi pakaian yang modis untuk digunakan berjalan jalan, kuliah, dan banyak kegiatan lainnya. Itulah mengapa setiap orang pasti memiliki banyak jenis kaos dalam berbagai warna dan gambar sablon tertentu.

Kamu mungkin salah satu yang menjadi pengguna setia pakaian berbahan kaos ini. Bagaimana menurut anda? Tentunya kaos sangat nyaman bukan untuk digunakan? Itulah mengapa sebaiknya kamu merawat kaos yang kamu punya, khususnya dengan memperhatikan bagaimana cara mencuci kaos dengan benar. Sudah tahukah kamu apa saja tips mencuci kaos polos dan bersablon ini agar tidak mudah rusak? Jika belum, maka simak penjelasannya di bawah ini.

8 Tips Mencuci Kaos Polos dan Bersablon dengan Benar

Pernahkah kamu menemukan kaos yang kamu miliki rusak karena proses mencuci? Itulah mengapa seharusnya kamu mengetahui bagaimana cara mencuci kaos yang benar. Berikut ini akan coba disampaikan tips mencuci kaos baik yang polos ataupun bersablon agar tidak mudah rusak ini.

1. Perhatikan Label Perawatan Pakaian

Tips yang pertama untuk mencuci kaos kamu adalah dengan memperhatikan cara perawatan yang tertera pada label pakaian. Pakaian kamu akan memiliki label di bagian dalam dan lihatlah penjelasannya. Ikuti proses mencuci seperti yang disarankan pada label. Karena ada perbedaan bahan kain, misalnya pada perbedaan bahan kain polyester yang membuat cara mencucinya pun berbeda.

2. Rendam Kaos Tidak Menggunakan Deterjen

Setelah itu pastikan juga kamu merendam kain sebelum dicuci. Hal ini dilakukan agar pakaian sudah terlarutkan dahulu kotorannya dengan bantuan air. Coba merendam tanpa deterjen dan biarkan air membersihkan pakaian selama beberapa menit.

3. Pisahkan Berbagai Pakaian dengan Bahan Berbeda

Jika kamu mencuci beberpa pakaian secara bersama-sama, maka sebaiknya kamu coba memisahkannya. Jangan biarkan pakaian rusak karena kamu cuci secara bersama-sama.

4. Cuci Bagian Dalamnya Saja

Selanjutnya, kamu juga perlu menghindari mencuci pakaian bagian luarnya. Kamu sebaiknya mencuci bagian dalamnya agar jika ada sablon di bagian luar tidak cepat hilang karena sering dicuci.

5. Bersihkan Noda dengan Cara Dikucek

Jika kamu menemukan adanya noda pada pakaian kamu, maka sebaiknya kamu tidak menyikatnya agar hilang. Coba untuk membersihkan noda dengan cara dikucek saja. Hal ini akan mencegah pakaian cepat rusak.

6. Bersihkan dengan Membilas Menggunakan Air Bersih

Jika sudah bersih, pakaian yang dicuci kemudian perlu untuk dibilas. Proses pembilasan dilakukan dengan membilas pakaian menggunakan air bersih beberapa kali. Kocok perlahan pakaian agar tidak meninggalkan sabun yang merusaknya.

7. Keringkan Bagian Dalam Pakaian dengan Matahari

Kamu juga harus memperhatikan bahwa dalam mengeringkan pakaian, kamu sebaiknya menjemurnya langsung pada sinar matahari. Namun keringkanlah bagian dalamnya. Jangan bagian luarnya karena akan membuat pakaian cepat memudar warnanya.

8. Setrika Pakaian dengan Memperhatikan Panasnya

Setelah pakaian kering maka rapikan pakaian dengan cara disetrika. Namun kamu tidak boleh sembarangan dalam mensetrika pakaian yang memiliki sablon. Cobalah untuk menyesuaikan tingkat panasnya.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja tips mencuci kaos polos dan bersablon agar tidak mudah rusak. Kamu tentu perlu memperhatikan berbagai tips yang dijelaskan di atas agar kaos yang kamu punya bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, pakaian yang merupakan kaos yang kamu miliki pun akan tetap terlihat bagus saat digunakan.