Cara Mencerahkan Kembali Warna Pakaian Kusam

292
Mencerahkan Kembali Warna Pakaian

Mencerahkan kembali warna pakaian adalah salah satu cara yang sangat bermanfaat untuk diketahui oleh setiap orang. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat menggunakan pakaian dalam jangka waktu lama karena baju kusam kembali cemerlang. Sayangnya, penggunaan pakaian dalam jangka waktu yang lama ini sulit dilakukan akibat warna pakaian yang mudah kusam.

Warna yang kusam ini khususnya sangat mudah terjadi pada bahan kaus oblong. Seharusnya masalah tersebut dapat kamu atasi dengan mencerahkannya kembali. Ternyata memang warna pakaian dapat dicerahkan kembali jika kamu mengetahui caranya. Sudahkah kamu mendengar mengenai cara mencerahkan kembali warna pakaian yang telah kusam ini? Jika kamu belum pernah mendengarnya, maka simak terus penjelasannya pada bagian berikut ini.

6 Cara Mencerahkan Kembali Warna Pakaian Kamu

Penjelasan sebelumnya telah menyatakan bahwa kebanyakan alasan seseorang membeli baju lagi adalah karena warnanya sudah kusam. Itulah sebabnya mengapa untuk dapat mengatasi kekusaman pakaian ini kamu perlu melakukan berbagai cara yang tidak membuat pakaian menjadi lebih cepat pudar. Apa saja kira-kira cara tersebut?

1. Gunakan Khasiat dari Yodium

Tahukah kamu apa itu yodium? Yodium adalah senyawa kimia yang banyak ditemukan di garam dan ternyata berkhasiat untuk mengembalikan kecerahan warna pakaian yang memiliki perbedaan bahan kain polyester. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan yodium ini pada rendaman pakaian kotor yang kamu cuci. Tentunya karena sulit untuk mencari yodium, kamu dapat menggunakan garam saja. Setelah direndam dengan menggunakan yodium maka pakaian kamu tidak mudah luntur lagi dan dapat terlihat lebih cerah.

2. Gunakan Khasiat dari Lemon

Selanjutnya, cara untuk mencerahkan kembali warna pakaian kamu yang telah kusam dapat dilakukan dengan memanfaatkan khasiat dari lemon. Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan fungsinya sama seperti citrun. Pakaian kamu yang dicuci dengan menggosokan lemon padanya pasti akan lebih cerah dan kembali layak untuk dipakai.

3. Gunakan Khasiat dari MSG

Pakaian yang warnanya kusam ternyata dapat diakibatkan juga oleh adanya noda yang menempel selama ini. Kamu dapat menggunakan MSG untuk membantu menghilangkan noda tersebut. Caranya pun tidak sulit dilakukan. Cukup campurkan MSG pada rendaman pakaian kamu dan cucilah dengan menggunakan detergen untuk mendapatkan warna pakaian yang kembali cerah.

4. Jangan Gunakan Mesin Pengering

Saat ini, kebanyakan mesin cuci dilengkapi juga dengan mesin pengering. Artinya, kamu dapat mencuci pakaian dan mendapatkannya dalam kondisi cukup kering karena manfaat dari mesing pengering. Mesin ini aka membuat bahan pakaian menjadi lebih cepat pudar warnanya. Jadi sebaiknya keringkan alami pakaian kamu yang baru dicuci.

5. Jangan Terlalu Sering Mencuci Baju

Baju juga dapat kamu cegah menjadi kusam dan kembali kamu pertahankan kecerahannya adalah dengan tidak terlalu sering mencuci baju. Kamu dapat memperkirakan banyaknya baju tersebut sudah dicuci dalam satu minggu. Artinya, cobalah tidak terlalu sering menggunakan pakaian yang sama lalu mencucinya.

6. Jangan Mencampur Pakaian saat Dicuci

Cara yang terakhir yang juga perlu kamu lakukan untuk membantu pakaian kamu kembali cerah adalah dengan menghindari pakaian dicampur saat dicuci. Mencuci pakaian dengan cara dicampur diketahui dapat membuat warna dari pakaian lain menempel dan menutupi warna pakaian sebenarnya. Jadi sebaiknya kamu mencuci pakaian secara terpisah-pisah.

Demikianlah informasi yang menarik dan pastinya sangat bermanfaat untuk kamu ketahui terkait apa saja cara mencerahkan kembali warna pakaian kamu. Berbagai cara tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi banyak baju yang kamu terus beli, hanya karena warna baju yang telah kusam dan membuat kamu kurang percaya diri memakainya. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah melakukan berbagai cara di atas dan kamu akan mendapatkan baju yang cerah dan tidak mudah kusam lagi untuk selanjutnya. Selamat mencoba ya!