Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar

cara-mengembalikan-warna-baju-pudar

Pada artikel kali ini, Porinto akan membahan mengenai bagaimana cara mengembalikan warna baju yang pudar supaya kembali tampak cantik dan terang seperti baru.

Suatu pakaian berwarna tentunya akan terlihat lebih cantik pada saat warnanya tampak cerah dan terang, namun setelah warna memudar, pakaian tersebut akan terlihat kusam dan tidak sedap dipandang.

Bahan kaos oblong merupakan salah satu bahan yang paling mudah pudar warnanya, terutama apabila Anda tidak memperhatikan proses perawatannya, mulai dari pencucian hingga kepada penyimpanan.

Faktor Penyebab Warna Baju Kusam dan Pudar

merawat-bahan-kaos-cotton-combed

Penyebab warna baju menjadi terlihat kusam dan pudar warnanya bisa dikarenakan oleh berbagai faktor, tetapi yang paling utama adalah dikarenakan :

  1. Kesalahan teknik mencuci pada bahan tertentu, yang aoabila ini terjadi akan dapat mengurangi daya tahan baju serta menyebabkan warna baju menjadi mudah pudar,
  2. Kesalahan pada saat mengeringkan pakaian, entah menggunakan mesin pengering (dryer) ataupun menjemur secara manual di udara terbuka, yang apabila tidak diperhatikan akan dapat membuat warna baju menjadi pudar,
  3. Mencampur-aduk baju yang akan dicuci tanpa memisahkan antara pakaian putih dan berwarna, dan tidak memisahkannya berdasarkan warna pakaian,

Faktor-faktor tersebut dapat menjadi salah satu atau bahkan keseluruhan penyebab dari lunturnya warna suatu baju atau membuat baju menjadi tampak kusam pada akhirnya apabila Anda tidak memahaminya.

Baju yang kusam ataupun pudar warnanya tentunya tidak akan sedap untuk dipandang dan dapat menurunkan rasa percaya diri Anda pada saat mengenakannya yang akan berujung pada baju tidak akan dipakai lagi dan Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baju baru.

Itulah sebabnya menjaga warna pakaian atau membuat warnanya terlihat cerah sangatlah penting untuk dilakukan, yang sayangnya akan sangat sulit apabila Anda tidak mengetahui beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan.

Anda bisa membaca beberapa tulisan kami lainnya terkait cara merawat pakaian seperti 5 cara mencuci kaos katun dengan tepat, tips mencuci kaos polos dan bersablon agar tidak mudah rusak, 8 cara merawat kaos sablon supaya tahan lama, 8 cara merawat kaos distro agar tidak mudah rusak, dan lain sebagainya.

Cara Menjaga Warna Baju Tetap Cerah

Mencerahkan Kembali Warna Pakaian

Untuk mencegah warna baju menjadi pudar, tentunya Anda perlu mengetahui beberapa tips merawat pakaian sehingga warna pakaian akan tetap cerah dan tidak mudah kusam serta memudar.

Beberapa tips yang bisa Anda coba antara lain sebagai berikut:

1. Mengikuti Instruksi pada Label Baju

Yang paling utama dalam mencegah warna pakaian menjadi pudar adalah dengan mengikuti instruksi pencucian yang umumnya terdapat pada label yang ada di kerah pakaian.

2. Jangan Mencampur Baju yang Berbeda Warna

Tips kedua adalah dengan tidak mencampur pakaian yang berbeda-beda warna pada saat akan dicuci, terutama mencampur antara pakaian berwarna dengan pakaian putih yang akan meningkatkan risiko luntur.

3. Menggunakan Deterjen Khusus Baju Berwarna

Anda juga bisa mencoba gunakan deterjen yang memang dikhususkan untuk menjaga warna pakaian yang memang sudah mengandung formula khusus untuk mengikat warna supaya tidak mudah luntur.

4. Cuci Baju Menggunakan Air Dingin

Tips selanjutnya adalah jangan pernah mencuci pakaian menggunakan air selain air dingin, yang memang terbukti dan dianjurkan untuk menjaga warna pakaian tetap awet serta tidak mudah pudar.

5. Balik Baju Saat Mencuci Pakaian

Untuk hasil mencuci yang lebih baik lagi, Anda bisa membalik pakaian (bagian dalam berada di luar) pada saat akan mencucinya guna mencegah gesekan antara sablon atau aksesoris yang menempel di permukaan luar pakaian.

6. Gunakan Baking Soda Saat Mencuci Baju

Menggunakan baking soda sebanyak setengah cup pada saat mencuci terbukti mampu mengikat warna pakaian dengan lebih baik ketimbang hanya menggunakan air dan deterjen saja.

Ini alasannya kenapa banyak deterjen juga sudah memiliki kandungan baking soda tersebut karena memang sangat baik untuk digunakan.

7. Jangan Menjemur Pakaian Saat Terik

Tips selanjutnya dalam menjaga warna pakaian supaya tidak mudah pudar adalah dengan tidak menjemurnya pada saat matahari terik, dikarenakan pancaran ultraviolet yang dihasilkan akan mudah memudarkan pakaian.

8. Jangan Terlalu Lama Mengeringkan Pakaian

Pada saat mengeringkan pakaian, usahakan jangan dibiarkan terlalu lama, terutama apabila Anda menggunakan mesin pengering (dryer) dikarenakan pakaian yang dibiarkan terlalu lama di dalam mesin tersebut akan lebih mudah pudar warnanya.

9. Menggunakan Pelembut Pakaian Saat Mencuci

Untuk meminimalisir kekuatan gesekan antar pakaian pada saat mencuci, cobalah untuk menggunakan pelembut yang akan berfungsi melapisi pakaian sehingga gesekan kasar antar pakaian akan berkurang.

10. Jangan Menggunakan Pemutih (Bleach)

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak menggunakan pemutih atau minimal mengurangi penggunaannya. Hal ini dikarenakan pemutih akan dapat melemahkan serat kain dalam jangka panjang, yang akan mengakibatkan warna pakaian cepat pudar dan kusam.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan Anda dapat mencegah warna pakaian menjadi luntur, mudah pudar, dan terlihat kusam sehingga tetap awet digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar

cara-mengembalikan-warna-baju-pudar-02

Lalu bagaimana untuk warna baju yang sudah pudar? Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna baju tersebut atau tidak ?

Meskipun hal tersebut sulit dilakukan, namun masih ada beberapa hal yang bisa Anda coba terlebih dahulu supaya warna baju kembali cerah seperti semula dan terlihat cerah serta tidak kusam.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengembalikan warna baju yang pudar kembali seperti semula antara lain adalah sebagai berikut:

1. Manfaatkan Khasiat dari Yodium

Yodium merupakan senyawa kimia yang banyak ditemukan di dalam kandungan garam yang ternyata berkhasiat untuk mengembalikan kecerahan warna baju yang memiliki.

Campurkan garam beryodium pada rendaman pakaian kotor yang akan Anda cuci dan pastikan tersebar secara merata pada seluruh baju yang akan Anda cuci. Yodium tersebut nantinya akan membantu mengikat warna dan mengembalikan baju kusam menjadi cerah kembali.

2. Manfaatkan Khasiat dari Lemon

Selanjutnya, cara untuk mengembalikan warna baju yang pudar adalah dengan memanfaatkan khasiat yang di dapat dari buah lemon. Buah Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki fungsi yang serupa dengan citrun. Gosokkan lemon pada saat mencuci baju supaya warnanya yang pudar akan kembali menjadi cerah seperti semula.

3. Manfaatkan Khasiat dari MSG

Warna kusam pada baju juga dapat dikarenakan adanya noda yang menempel pada bahan, sehingga Anda perlu untuk menghilangkannya. Salah satu cara yang efektif dalam mengangkat noda yang membandel adalah dengan menggunakan MSG pada saat akan mencuci pakaian yang dicampur dengan deterjen khusus untuk pakaian berwarna.

4. Manfaatkan Khasiat dari Lada Hitam

Lada hitam juga memiliki khasiat dalam menjaga serta mengembalikan warna baju menjadi cerah kembali seperti semula yang dapat Anda coba. Sebaiknya tidak digunakan terlalu banyak dan hanya pakai sekitar beberapa sendok teh saja pada saat mencuci.

5. Manfaatkan Khasiat dari Baking Soda

Seperti telah disebut sebelumnya, Baking Soda juga mampu menjaga serta mengembalikan warna pakaian menjadi cerah seperti sedia kala. Gunakan setengah cup saat mencuci untuk dapat merasakan khasiatnya.

6. Jangan Gunakan Mesin Pengering

Untuk baju yang sudah pudar, sebaiknya Anda menghindari penggunaan mesin pengering dan keringkan secara manual saja. Ini karena panas dari mesin pengering apabila baju dibiarkan di dalamnya terlaliu lama akan dapat dapat semakin merusak warna pakaian yang Anda ada di dalamnya.

7. Jangan Terlalu Sering Mencuci Baju

Baju juga dapat kamu cegah menjadi kusam dan kembali kamu pertahankan kecerahannya adalah dengan tidak terlalu sering mencuci baju. Kamu dapat memperkirakan banyaknya baju tersebut sudah dicuci dalam satu minggu. Artinya, cobalah tidak terlalu sering menggunakan pakaian yang sama lalu mencucinya.

8. Jangan Mencampur Baju saat Dicuci

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu supaya baju kembali cerah adalah dengan menghindari pakaian dicampur saat dicuci seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Mencuci baju dengan cara dicampur diketahui dapat membuat warna dari pakaian lain menempel dan menutupi warna pakaian sebenarnya. Jadi sebaiknya Anda memisahkan baju berdasarkan warnanya pada saat akan dilakukan pencucian.

9. Jangan Menjemur Baju Terlalu Lama

Yang terakhir adalah menghindari menjemur baju, terutama yang sudah pudar dan kusam, terlalu lama di bawah matahari yang terik. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, sinar matahari akan dapat memudarkan warna, sehingga pastikan tidak terlalu terik pada saat menjemur dan jangan dibiarkan menggantung terlalu lama.

10. Menggunakan Wantek untuk Mengembalikan Warna

Cara terakhir yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan menggunakan bubuk Wantek alias Wantex yang sesuai dengan warna baju yang ingin Anda pulihkan kembali warnanya.

Gunakan 1 bungkus Wantex pada 3 liter air untuk setiap baju yang ingin Anda pulihkan, rebus dalam panci besar sambil mengaduk baju selama 15 menit, matikan api dan terus aduk sampai air menjadi dingin, bilas baju dengan air dingin yang bersih sebanyak 5-6 kali, kemudian jemur pakaian di tempat yang tidak terik.

Baca panduan cara wantek baju selengkapnya yang ada pada website Porinto supaya lebih memahami bagaimana cara melakukannya dengan baik, benar, aman, serta tidak mudah luntur.

Dengan mengikuti salah satu atau beberapa tips di atas, kami harapkan baju Anda yang telah pudar ataupun kusam akan dapat kembali cerah dan terang seperti baru sehingga akan menambah rasa percaya diri saat mengenakanny serta tidak membuang uang untuk membeli baju baru.

Kesimpulan

Baik dalam menjaga maupun mengembalikan warna pakaian dari terlihat kusam dan pudar memang membutuhkan perawatan ekstra yang harus selalu Anda perhatikan, mulai dari jenis bahas, cara mencuci, hingga bagaimana mengeringkan baju tersebut dengan aman sehingga warna akan selalu tampak cerah.

Silahkan baca beberapa tips dan panduan kami lainnya terkait baju dan pakaian seperti 10 tips dan panduan cara Membuat desain baju yang memuaskan, kemudian bagaimana cara menemukan penyedia jasa desain baju online yang berkualitas, 19 jenis sablon terbaik untuk kaos, dan juga artikel-artikel lainnya.

Kami harapkan setelah membaca panduan mengenai cara mengembalikan warna baju yang pudar ini Anda dapat mencoba menerapkannya sendiri pada baju kesayangan sehingga dapat mengembalikan kecerahan warna baju milik Anda tersebut seperti sedia kala.