Manfaat Telur Untuk Kucing Peliharaan

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia, telur ayam yang sudah dimasak juga bisa menjadi sumber protein yang sangat bermanfaat untuk kucing.

Namun perlu diingat bahwa telur bukan pengganti makanan utama kucing. Sebagai pemilik kucing, kamu harus tetap menyediakan makanan kucing yang bernutrisi lengkap agar kucingmu dapat tumbuh dan hidup sehat.

Untuk mendapatkan makanan yang bernutrisi lengkap untuk kucing kesayanganmu, kamu bisa mengunjungi pet shop di sekitar wilayahmu atau belanja di pet shop online seperti Sukapets.

Perlu diingat lagi bahwa telur hanya merupakan tambahan nutrisi dan bukan pengganti makanan utama kucing.

Apa Saja Manfaat Telur Untuk Kucing?

Telur dapat membantu kucing mendapatkan tambahan protein dan lemak yang dibutuhkan untuk membuat kucing menjadi lebih gemuk. Tetapi, tentu saja telur tetap tidak bisa diberikan secara berlebihan.

Selain untuk menggemukkan kucing, telur juga dapat membantu kucing untuk mendapatkan nutrisi untuk memperindah bulunya. Namun, memberikan telur saja tidak cukup untuk memperlebat dan memperindah bulu kucing kesayanganmu. Tentu saja kamu tetap perlu untuk membersihkan bulunya secara rutin.

Tidak hanya itu, telur juga dipercaya untuk dapat meningkatkan nafsu makan kucing. Jika, kucing peliharaanmu sedang tidak nafsu makan, cobalah untuk memberikan telur untuk meningkatkan nafsu makannya.

Bagaimana Cara Memberikan Telur Pada Kucing Kesayangan?

Dalam memberikan telur pada kucing kesayanganmu, kamu perlu untuk memasaknya terlebih dahulu, karena telur yang mentah hanya akan menyebabkan kucing menjadi sakit.

Telur yang masih mentah dapat membawa bakteri seperti e. coli atau salmonella.

Kamu bisa merebus telur, membuat telur orak arik, atau telur ceplok untuk kucingmu. Pastikan untuk tidak memberikan tambahan bumbu seperti garam atau kecap pada telur yang akan disajikan untuk kucing kesayangan.

Karena, mungkin saja kucing kesayangan sensitif terhadap bumbu yang kamu tambahkan.

Kamu bisa membantu kucingmu dengan memotong kecil-kecil telur yang sudah kamu masak tersebut.

Bagaimana Porsi Telur Yang Sesuai Untuk Kucing Kesayangan?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kucing membutuhkan makanan yang bernutrisi lengkap dan seimbang, yang tidak bisa didapatkan hanya dari telur.

Maka dari itu, peran telur hanya sebagai nutrisi tambahan atau pelengkap. Kucing hanya bisa mengkonsumsi telur 10% dari seluruh porsi makanannya dalam sehari. Tentunya, kamu harus menakar dengan baik agar kucingmu tidak memakan terlalu banyak telur.

Sebaiknya, kamu memberikan kucingmu telur 2-3 kali dalam seminggu dan tidak pernah satu telur utuh karena jumlahnya yang terlalu banyak.

Apakah Kucing Bisa Memakan Cangkang Telur?

Cangkang telur merupakan sumber calcium yang baik untuk kucing. Namun, jika diberikan pada kucing begitu saja, tentu akan sulit untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, cara terbaik untuk memberikan cangkang telur adalah dengan menumbuknya sampai harus terlebih dahulu, kemudian baru berikan tumbukan halus cangkang telur tersebut kepada kucing kesayangan.

Apa Saja Resiko Memberikan Telur Pada Kucing?

Tidak hanya protein, telur juga mengandung lemak dan kolestrol yang tinggi. Terlalu banyak makanan yang berlemak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Karena kuning telur adalah bagian yang paling banyak mengandung lemak dan kolestrol, kucing yang obesitas tidak disarankan untuk memakan kuning telur dan hanya diberikan putih telur sesekali saja.

Untuk mengetahui apakah kucingmu bisa makan telur, kamu bisa menanyakannya pada dokter hewan.

Semoga informasi-informasi diatas dapat membantu pemilik kucing untuk menentukan apabila telur merupakan tambahan nutrisi yang diperlukan bagi kucing kesayangan. Selain manfaat dari telur, kamu juga bisa mengetahui cara terbaik untuk menyajikan telur untuk kucing kesayanganmu.