Manfaat Brosur dalam Marketing Beserta Ukurannya

190

Di era modern seperti sekarang ini, aktivitas promosi dengan menggunakan media brosur tampaknya sudah semakin ditinggalkan. Terutama setelah kehadiran produk iklan digital yang sedang marak-maraknya. Banyak orang yang kemudian mulai mengabaikan dampak besar dari kekuatan brosur. Padahal, manfaat brosur dalam marketing dari alat promosi offline yang satu ini terbilang sangat signifikan.

Padahal, meskipun dapat dikatakan sebagai alat promosi zaman dahulu tapi brosur tetap tidak lekang oleh waktu. Kenapa? Hal ini dibuktikan dengan masih tetap eksisnya penggunaan brosur dalam event promosi atau untuk mempromosikan suatu produk barang maupun jasa. Ini bisa menjadi sebuah tolak ukur bahwa brosur tetap tidak kehilangan peminatnya.

Kenapa Harus Menyertakan Brosur dalam Promosi?

Bagi pebisnis pemula, mungkin masih belum mengetahui apa manfaat brosur dan kenapa memiliki peranan fungsi penting dalam keberhasilan sebuah pemasaran. Untuk menjawab pertanyaan dan keraguan tersebut, maka beberapa alasan di bawah ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi :

1. Media Marketing Offline Paling Efektif

Seperti yang telah diketahui, bahwa selain membuat baliho dan spanduk, media marketing offline menggunakan brosur juga sangat diminati. Contoh sederhananya adalah ketika pergi ke bank, maka Anda akan melihat sederetan brosur mengenai informasi produk di area lobi atau ruang tunggu.

2. Media Marketing Offline Murah

Selain efektif, manfaat brosur dalam marketing juga sangat ramah budget. Ini dikarenakan pengguna bisa menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan, sehingga dijamin tidak akan membuat pengeluaraan perusahaan membengkak. Misalnya saja, jasa cetak brosur dengan desain sederhana hanya membutuhkan biaya mulai Rp. 1000 / brosur.

3. Pusat Informasi

Berkaca dari tipikal calon pembeli yang tentu saja berbeda-beda, maka sudah seharusnya Anda membuat tameng untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itulah promosi menggunakan brosur sangat direkomendasikan. Sebab salah satu fungsi dari brosur adalah guna mengakomodir nyaris semua tipe calon pembeli. Karenanya, sangat penting untuk membuat desain brosur semenarik mungkin.

Manfaat brosur dalam marketing salah satunya adalah pusat informasi,  brosur memang sudah seharusnya dibuat informatif (sarat akan informasi), sehingga apapun yang ingin disampaikan dapat ditpahami dengan baik oleh pembacanya. Kenapa? Supaya promosi yang Anda lakukan bisa tepat sasaran. Karenanya, pastikan bahwa pemilihan kalimat dan desain sesuai dengan konsep promosi, sehingga komunikasi kepada calon pembeli berjalan lancar.

4. Menjadi Karakter Perusahaan

Brosur dapat mencerminkan karakter dari sebuah perusahaan. Dengan kata lain menjadi tolak ukur dari keberhasilan branding yang dilakukan. Contoh sederhanya adalah ketika menghadiri suatu event, maka dapat dilihat perusahaan yang berlomba untuk menampilkan brosur dengan desain semenarik mungkin. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk mensukseskan promosinya.

Apa Manfaat Mengetahui Ukuran Brosur Sebelum Membuatnya?

Apabila kegiatan promosi menggunakan brosur sebagai alat berjalan secara maksimal, maka salah satu hal yang perlu diketahui adalah ukuran dari brosur tersebut. Hal ini dilakukan supaya promosi tepat sasaran dan penggunaannya.

Berikut di bawah ini adalah ukuran dari berbagai brosur marketing yang harus diketahui :

• A3 (42×29,7 cm)
• A4 (21×29.7 cm)
• A5 (21×14.8 cm)
• A6 (10.5×14.8 cm)
• DL (9.9×21 cm) – Memiliki bentuk mirip persegi panjang tapi agak memanjang ke atas
• 42×15 cm
• 42×10 cm
• 29×14.5 cm
• 30×10 cm
• 20×20 cm

Jenis kertas brosur yang harus diketahui :

• HVS 100 gsm
• Art Paper 150 gsm
• Matt Paper 150 gsm
• ART Carton (Size 190 gsm, 230 gsm dan 260 gsm)

Baca Juga: 8 Sumber Inspirasi Desainer Grafis agar Kreatif