Belajar Membuat Desain dari Logo Brand Terkenal

182
brand logo terkenal

Logo brand terkenal pada perusahaan yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari secara terus-menerus akan membuat kita tanpa sadar mengingat perusahaan tersebut. Ketika menjumpainya di lain tempat, Anda akan langsung mengenalinya. Desain Logo dibuat sedemikian rupa untuk membuat perusahaan tersebut dikenal masyarakat. Sesimpel apapun logo yang Anda temui, pasti proses pembuatannya memerlukan pemikiran yang mendalam. Perhatikan hal ini sebelum Anda memulai membuat logo.

Belajar 4 Desain Logo Brand Terkenal dari Perusahaan Dibawah Ini

1. Tagline – Nokia

Ada logo yang memiliki tagline dan ada juga yang tidak. Tagline sebenarnya bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap, tapi juga memiliki fungsi yang lebih signifikan, yakni membantu mengenalkan perusahaan anda pada orang yang melihatnya. Dengan kata lain, tagline akan memperkuat identitas perusahaan anda di masyarakat.

Tagline bisa dibuat berdasarkan komitmen yang ingin anda berikan untuk masyarakat khususnya pelanggan. Oleh karena itu, tagline mampu membantu anda berkomunikasi secara tidak langsung dari hati ke hati kepada konsumen.

Brand yang memiliki desain logo sekaligus tagline, salah satunya adalah logo Nokia dengan “Connecting People”, yang mana merupakan komitmen Nokia untuk membuat masyarakat tetap terhubung di mana pun mereka berada.

2. Unsur Wajah yang Ramah – KFC

Logo tidak harus berupa kumpulan grafik atau kompilasi huruf abjad tertentu, anda juga bisa menyertakan gambar wajah di dalam logo. Tentu saja anda harus dengan pintar memilih ekspresi wajah yang ramah sehingga orang akan dan selalu suka desain logo Anda.

Mungkin anda ingin tahu logo apa yang ada unsur wajahnya. Kalau begitu, coba lihat logo KFC. Selain terdapat nama brand di logo KFC, terdapat juga wajah Colonel Sanders pada logonya yang juga merupakan pendirinya. Wajah yang ramah pada logo ini membuat orang mudah mengingatnya.

3. Transformasi Logo – Burger King

Karena alasan tertentu, ada juga perusahaan yang mengubah desain logo mereka. Anda boleh-boleh saja mengubah logo, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, keaslian logo perusahaan harus tetap terjaga. Jangan membuat logonya berubah secara total. Jika Anda mengubahnya secara drastis atau bahkan total, besar kemungkinan konsumen malah jadi tidak mengenalinya.

Contoh yang bisa anda lihat adalah pada logo perusahaan makanan Burger King. Dibandingkan saat ini, dulu logo mereka jauh lebih sederhana karena hanya terdiri dari tulisan Burger King warna merah di dalam roti burger berwarna kuning.

Tapi sekarang logo brand terkenal perusahaan tersebut telah berubah dengan ditambahkannya lingkaran biru di luarnya, namun masih tetap mempertahankan tulisan merah di dalam roti burger yang berwarna kuning. Sehingga konsumen masih mengenali logo perusahaan tersebut.

4. Membuat Alternatir – Chipotle

Ada kalanya logo terlihat bagus pada layar monitor, namun tidak ketika sudah dicetak. Ada juga saat-saat ketika membuat kartu nama, logo yang telah anda buat ternyata tidak bisa digunakan karena ukurannya yang cukup memakan tempat. Jika ukurannya diperkecil, logo menjadi tidak terlihat dengan jelas.

Untuk mengatasi hal ini, sebagai seorang desainer grafis anda harus membuat logo alternatif. Contohnya dapat anda lihat pada logo Chipotle. Perusahaan ini memiliki dua logo berbeda yang ditujuakan untuk tempat berbeda pula, namun tetap dengan unsur yang sama.

Baca Juga: Tips Memilih Desainer Grafis yang Terpercaya

Satu logo berbentuk lingkaran dengan nama perusahaan yang ditulis melingkar dan logo yang satunya lagi berbentuk memanjang yang lebih sederhana. Perbedaan ini dimaksudkan agar dapat ditempatkan pada media dengan bentuk berbeda.