Manfaat Pengunaan Kemasan Sehat Ramah Lingkungan

17
kemasan sehat ramah lingkungan

Saat ini, industri kuliner berkembang sangat pesat. Namun, wadah yang digunakan untuk makanan masih banyak yang tidak sesuai standar kelayakan makanan. Minimnya penggunaan kemasan sehat ramah lingkungan (food grade) tentu akan banyak merugikan berbagai kalangan. Misalnya styrofoam, harganya memang murah tetapi tidak baik untuk kesehatan jika digunakan sebagai wadah makanan.

6 Keuntungan Penggunaan Kemasan Sehat Ramah Lingkungan

1. Baik untuk Kesehatan

Kemasan sehat ramah lingkungan baik digunakan sebagai wadah makanan. Hal ini telah dinyatakan sehat dan aman meskipun bersentuhan dengan makanan, bahkan makanan yang baru masak atau masih dalam keadaan panas.

2. Kemasan Dapat Didesain dengan Menarik

Bahan dasar kemasan food grade adalah kertas. Dengan demikian, kemasan dapat dibubuhi dengan tinta maupun stiker. Anda bisa print logo usaha anda pada kemasan dan membuat kemasan lebih menarik dengan mendesainnya. Tidak hanya itu, stiker juga dapat ditempelkan pada kemasan makanan usaha kuline anda.

3. Kemasan Dapat Dibentuk

Maksudnya adalah penggunaan food grade yang berbahan kertas ini dapat memiliki bentuk yang menarik. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena kertas bisa dibentuk apakah itu kotak, limas, setengah bulat, atau apapun.
Selain itu, keuntungannya adalah ukuran. Ukuran dari kemasan dapat disesuikan dengan makanan misalnya bentuk makanan, warna, variasi ukuran seperti small-medium-large.

4. Aman Meskipun Dimasukkan ke Microwave

Jika makanan anda tidak bisa anda habiskan sekarang dan anda ingin memakannya nanti tetapi makanan telah menjadi dingin. Anda bisa memasukkan makanan tersebut ke microwave. Tetapi bagaimana jika wadah makanan itu bukan dari logam? Jangan khawatir, kemasan food grade aman meskipun dimasukkan ke microwave.

Karena hal tersebut, anda dapat menikmati makanan anda dalam keadaan hangat lagi seperti baru dimasak. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi anda yang memiliki usaha kuliner. Dengan menggunakan kemasan food grade, calon pembeli yang ingin membeli makanan untuk dimakan nanti, memiliki pilihan untuk memilih tempat usaha kuliner anda sebagai tempat dia membeli makanan.

Jenis kertas yang digunakan sebagai bahan pembuat kemasan food grade telah diuji ketahanannya terhadap suhu panas. Berbahaya jika anda memanaskan makanan yang dikemas dalam wadah yang bukan standar food grade.

5. Proses Daur Ulangnya Mudah

Kertas dibuat menggunakan bahan dasar kayu. Kemasan food grade dibuat menggunakan bahan utama kertas. Sifat kayu yang ramah lingkungan karena karakteristiknya yang mudah terurai oleh kondisi alam. Oleh karenanya kemasan food grade juga memiliki karakteristik.

Tidak hanya ramah lingkungan, proses daur ulang sampah kemasan food grade juga mudah. Hasil daur ulang kemasan food grade dapat digunakan untuk keperluan lain. Kemasan food grade juga menguntungkan karena hal tersebut dapat mengambil hati calon pembeli yang loyal terhadap perjuangan pergerakan bumi hijau.

6. Tahan Minyak dan Tahan Bocor

Mungkin anda berpikir apakah bahan kertas dapat digunakan sebagai wadah untuk makanan yang berminyak atau paling tidak makanan yang mengandung cairan. Kemasan food grade didesain untuk tahan terhadap minyak maupun cairan lainnya dengan volume yang tidak terlalu besar.

Ketahanan akan minyak dan kebocoran membuat kemasan sehat ramah lingkungan menjadi semakin digemari selain keuntungan-keuntungan yang telah disebutkan sebelumnya. Apabila anda seorang yang sedang membuka usaha kuliner, anda tak perlu khawatir mengenai wadah makanan jika produk dagangan anda mengandung minyak atau cairan lainnya.

Lagipula, untuk mendapatkan kemasan sehat ramah lingkungan ini, juga tidak susah. Anda bisa memesannya di beberapa marketplace online seperti tokopedia misalnya.