5 Kelebihan Sablon DTG Dibandingkan Sablon Manual

153
Kelebihan Sablon DTG

Sablon DTG adalah jenis sablon yang banyak digunakan untuk memroduksi kaos dan hingga kini masih bersaing ketat dengan sablon manual. Hal ini yang membuat kelebihan sablon DTG dibandingkan sablon manual menarik untuk diketahui. Saat ini memang ada dua jenis sablon terbaik dan yang paling banyak digunakan, yaitu teknik DTG (direct to garment printing) dan teknik manual. Keberadaan dua teknik sablon ini sebenarnya memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Namun mungkin untuk sebagian orang masih ada yang belum dapat mengerti di mana kelebihan dari sablon dengan teknik DTG ini.

Sesuai dengan nama dari teknik sablon ini, DTG atau direct to garment adalah proses sablon yang dilakukan dengan mencetak langsung ke kaos dengan menggunakan berbagai mesin, termasuk mesin printer. Sebenarnya yang menjadi keunggulan dari teknik sablon ini adalah bagaimana kemampuan printer mencetak desain sablon melebihi kemampuan manusia yang melakukan teknik sablon manual. Tentu agar lebih mudah untuk dimengerti, pada bagian berikut ini akan dijelaskan apa saja kelebihan sablon DTG berdasarkan kualitas dari printer yang digunakan.

5 Kelebihan Sablon DTG Dibandingkan Sablon Manual

Sistem kerja dari sablon dengan teknik DTG dilakukan oleh suatu printer yang bertugas untuk mencetak gambar sablon langsung ke kaos yang diproduksi. Secara langsung maupun tidak langsung, ada banyak proses yang dipersingkat dengan melakukan sablon DTG ini. Hal-hal seperti ini yang menjadi kelebihannya ketika dibandingkan dengan teknik sablon manual. Jadi silahkan simak penjelasan di bawah ini yang akan memaparkan ada 5 kelebihan utama dan menjadi keunggulan dari sablon DTG.

1. Kualitas Hasil Cetak Gambar Bagus dan Beresolusi Tinggi

Sablon DTG memiliki kelebihan utama yaitu dalam hasil cetak gambar yang bagus karena beresolusi tinggi. Penggunaan mesin komputer dan printer membuat perbedaan gambar dalam desain dan cetakan dapat diminimalisir sebaik mungkin. Begitu juga dengan pilihan warna yang tidak terbatas karena terdapat pada program mesin.

2. Lebih Hemat dalam Biaya Kerja

Kelebihan lain dari teknik sablon DTG ini juga adalah dalam hal penghematan biaya kerja. Walau membutuhkan modal yang lebih besar di awal, sablon DTG menggunakan alat-alat yang dapat digunakan bertahun-tahun tanpa perlu sering mengganti dan biaya perawatan alat kerja dapat dihemat secara maksimal.

3. Lebih Hemat dalam Waktu Kerja

Pencetakan yang dilakukan dengan tenaga mesin menghasilkan kelebihan sablon DTG lain dalam hal waktu kerja. Waktu kerja pencetakan dengan menggunakan mesin sangat cepat pastinya, dibandingkan jika sablon dilakukan satu per satu secara manual. Jadi produksi dalam jumlah banyak menggunakan teknik sablon ini sangatlah disarankan.

4. Sangat Bagus Dilakukan untuk Sablon pada Kain Katun

Kelebihan lain dari sablon DTG adalah dalam hal cetakan pada kain katun. Kain katun yang digunakan pada mesin printer menghasilkan sablon yang lebih bagus dibandingkan dengan cetakan sablon manual. Pasalnya, bahan katun yang halus dan mudah menyerap sulit untuk mengikuti proses sablon manual yang hasilnya lebih kasar.

5. Tidak Menggunakan Transfer Paper yang Memakan Biaya

Tahukah kamu bahwa ada penggunaan transfer paper jika sablon dilakukan dengan teknik manual? Harga dari transfer paper ini diketahui cukup mahal, sehingga biaya produksi menjadi lebih besar dan mengakibatkan keuntungan pun menjadi lebih kecil atau harga sablon kamu menjadi lebih mahal.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja kelebihan sablon DTG yang akan membuat kamu lebih jelas dalam menentukan teknik sablon seperti apa yang akan digunakan. Pastinya setiap teknik memiliki kelebihan dan tentunya kekurangan yang menjadi perbedaan sablon manual dan sablon digital misalnya. Kamu harus lebih bijak dan teliti dalam mempertimbangkannya, sehingga hasil dari sablon kaos kamu nantinya tidak mengecewakan produsen maupun klien!