Ulasan Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Printing Kaos Sublimasi

180
kelebihan dan kekurangan printing kaos sublimasi

Printing sublimasi adalah metode yang banyak digunakan dalam mencetak kaos, sehingga menarik untuk diketahui kelebihan dan kekurangan printing kaos sublimasi ini. Informasi tersebut khususnya menarik untuk kamu yang ingin memulai bisnis sablon kaos. Karna pastinya bentuk metode pencetakan yang tepat akan sangat mempengaruhi kualitas kaos yang kamu hasilkan. Sebenarnya tipe printing sublimasi ini sudah tidak asing lagi dalam dunia pencetakan, mungkin nama yang lebih populer adalah transfer printing. Artinya, proses pencetakan dilakukan dari gambar pada kertas transfer ke media cetak dalam hal ini kaos.

Kertas transfer yang digunakan dalam teknik pencetakan ini adalah kertas khusus, begitu juga dengan jenis tinta dan printernya. Kertas yang digunakan untuk mentransfer gambar digital bisa berupa HVS, inkjet, kertas sublimasi, dan double matte. Kamu dapat menyesuaikan jenis kertas media transfer mana yang ingin digunakan. Karena perbedaan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk pencetakan, tentunya teknik pencetakannya pun dapat berbeda dari yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

Sebagai gambaran, teknik printing sublimasi dilakukan dengan menggunakan printer yang bisa mencetak pada kertas transfer yang besar. Setidaknya, area cetak priner harus 160 cm. Jenis kertas yang sudah disebutkan sebelumnya pun tidak bisa langsung dipakai. Terlebih dahulu kertas harus diberikan perlakukan rolling pada suhu setidaknya 200 derajat celcius di atas kain tempat cetak akan dilakukan sublimasi. Berbagai proses dalam sublimasi printing ini pun kemudian layak dibandingkan dengan teknik lainnya, sehingga akhirnya kamu dapat mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan printing kaos sublimasi dibandingkan dengan yang lain.

Ulasan Lengkap Kelebihan dan Kekurangan Printing Kaos Sublimasi

Manfaat jika kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknik sublimasi dalam pencetakan ini sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah kamu dapat mengefektifkan kelebihannya dengan meminimalisir kekurangannya terjadi. Jadi pelajari dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan printing kaos sublimasi, pada ulasan di bawah ini.

Kelebihan

Teknik sublimasi banyak dipilih menjadi teknik pencetakan kaos tentu karena memiliki kelebihan yang dapat dirasakan. Apa saja kelebihan tersebut yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu dapat mempertimbangkan dengan kebutuhan kamu dalam printing kaos. Jika sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu dapat mencoba memilih menggunakannya untuk bisnis printing kaos yang sedang kamu rintis. Berikut ini beberapa keleihan printing kaos dengan teknik sublimasi yang dapat kamu pertimbangan:

  • Memungkinkan jenis desain untuk satu kaos full seluruh bagiannya.
  • Pembuatan kaos dalam jumlah banyak lebih mudah dilakukan. Tidak ada masalah jika desain beda, karena mesin mampu membedakan pekerjaan setiap desain.
  • Pilihan warna dari jenis cetak ini lebih banyak, karena warna digital lebih mudah untuk dipilih.
  • Proses pengerjaan dari cetak kaos dengan teknik sublimasi lebih cepat untuk selesai.
  • Setelah selesai cetak, proses pengeringan cetakan di kaos pun lebih cepat karena penggunaan mesin press.

Kekurangan

Selain ada kelebihan yang perlu kamu unggulkan dari teknik sublimasi untuk cetak kaos ini, kamu juga perlu tahu apa saja kekurangannya. Perbandingkan apakah resiko kekurangannya ini sebanding dengan kualitas kelebihan yang kamu bisa dapatkan dengan mengenal lebih dalam sablon sublimasi. Jika kamu bisa mengatasi kekurangannya, maka akan menjadi lebih baik lagi. Jadi kamu bisa memilih menggunakan teknik cetak ini tanpa khawatir dengan resikonya. Jadi apa saja kemungkinan kekurangan dari printing kaos sublimasi? Simak daftarnya di bagian berikut ini.

  • Jika ingin memroduksi kaos dengan budget rendah, sebaiknya tidak menggunakan teknik sublimasi ini.
  • Jika kamu kurang tepat memilih tinta dan kertas transfer, maka hasil cetak pun tidak akan sebaik yang kamu harapkan.
  • Kaos yang dapat dicetak dengan teknik sublimasi adalah kaos dengan bahan polyester.
  • Membutuhkan biaya produksi yang pastinya lebih mahal, mengingat harga tinta dan kertas transfer yang cukup mahal.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai kenapa kamu harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan printing kaos sublimasi. Setelah tahu semua kelebihan dan kekurangannya, tentu kamu dapat lebih mudah memilih kapan dan tepatkah teknik sublimasi dilakukan untuk mencetak kaos. Jika sudah cukup yakin untuk memilih teknik cetak ini, maka kamu dapat segera menggunakannya. Namun tetap pastikan bahwa kamu telah menghindarkan kekurangannya sebaik mungkin ya.