20 Ide Usaha Jualan Online yang Sangat Menguntungkan

jualan-online-yang-menguntungkan

Mencari bisnis untuk dijadikan jualan online yang menguntungkan di tahun 2019 ini sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi terkadang anda akan terhalang oleh minimnya informasi yang ada di Internet.

Sebenarnya banyak hal yang bisa anda lakukan apabila yang anda inginkan adalah memiliki suatu bisnis online yang sustainable dan memiliki permintaan pasar yang selalu tinggi.

Diantara sekian banyaknya ide bisnis yang bisa anda coba, pada artikel kali ini kami sudah pilihkan 20 ide usaha jualan online yang menguntungkan untuk anda coba di tahun 2019 ini, yang terbukti sukses dan sudah banyak yang berhasil menjalankannya.

Diharapkan setelah membaca daftar yang kami berikan ini anda akan dapat terinspirasi dan mencoba memulai salah satu atau bahkan beberapa diantaranya yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang anda miliki.

Anda juga bisa membaca beberapa artikel kami lainnya yang terkait dengan bisnis online seperti 5 cara mudah jualan online yang menguntungkan, kemudian 8 cara menjadi reseller online shop tanpa modal, lalu anda bisa baca juga bagaimana cara bisnis online kaos distro yang tepat, bagaimana cara jual kaos online yang efektif, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jualan Online yang Menguntungkan di Tahun 2019

1. Reseller

reseller-online

Menjadi seorang reseller berarti anda akan menjual kembali produk dari supplier pilihan anda, yang berarti anda perlu membeli terlebih dahulu produk mereka untuk kemudian dijual kembali di harga yang lebih tinggi.

Pastikan produk yang anda pilih memang berkualitas dan banyak diminati kalau ingin perputaran kas anda lebih cepat. Baca juga artikel kami mengenai cara kerja reseller dan keuntungannya supaya lebih memahami konsep usaha ini.

2. Dropshipper

dropship

Berbeda dengan reseller, apabila anda memutuskan untuk berbisnis dengan cara dropship, ini berarti anda tidak perlu membeli atau menyetok produk dari supplier anda, melainkan langsung menawarkannya ke calon pelanggan dan nantinya biarkan supplier yang mengurus pemesanan serta pengiriman.

Untuk metode yang satu ini, sebaiknya anda benar-benar memastikan dan sudah percaya dengan supplier anda tersebut karena memang akan jauh lebih berisiko dikarenakan anda sama sekali tidak memiliki stok produk atau barang sendiri.

3. Desain Grafis

tips-desain-flyer

Kalau anda mahir menggunakan Photoshop, CorelDraw, Illustrator, dan software sejenisnya serta memiliki naluri desain yang baik, anda bisa mencoba menawarkan jasa desain grafis kepada calon pelanggan.

Mulai dari desain flyer, poster, leaflet, banner, company profile, spanduk, dan lain-lainnya bisa anda coba tawarkan. Pastikan tarif yang anda patok sesuai dengan harga pasar atau minimal sesuai dengan kualitas pekerjaan.

4. Jasa Pembuatan Website

jasa-pembuatan-website

Di era digital seperti sekarang ini, jasa pembuatan website telah menjamur dikarenakan memang kebutuhan akan hal itu juga meningkat, karena banyak pelaku bisnis yang berbondong-bondong ingin memiliki representatif di dunia maya.

Apabila anda mahir bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya, atau minimal menguasai pembuatan website dengan CMS ternama seperti WordPress, Joomla, Magento, dan lain-lain, anda bisa mulai menawarkan jasa tersebut kepada calon pelanggan.

5. Fashion Wanita

fashion-wanita

Anda juga bisa menjual produk fashion wanita seperti t-shirt, dress, gaun, rok, hijab, hingga aksesoris seperti tas, dompet, dan lain sebagainya, karena memang di zaman sekarang ini transaksi online yang dilakukan oleh wanita cukup besar sehingga prospeknya pun sangat baik dan merupakan salah satu jualan online yang menguntungkan.

6. Aksesoris

aksesoris

Berjualan aksesoris di sini cakupannya cukup luas, mulai dari aksesoris yang berkaitan dengan fashion, atau kalau anda tidak paham soal itu anda juga bisa berjualan aksesoris untuk gadget seperti tripod, gorillapod, mouse pad, dan lain sebagainya.

Apapun yang anda pilih, pastikan anda memastikan terlebih dahulu mengenai mana produk yang benar-benar anda pahami dan juga mana yang benar-benar sedang diminati oleh pasar.

Media yang bisa anda pilih juga beragam, mulai dari marketplace yang tersedia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya, hingga kepada membuat toko online anda sendiri.

7. Jasa Video Editing

jasa-editing-video

Apabila anda mahir menggunakan Adobe Premiere, Vegas Pro, atau yang lebih sederhana seperti Wondershare Filmora, Anda bisa menawarkan jasa video editing tersebut kepada calon pelanggan.

Siapa saja target pelanggan yang butuh jasa ini? Cukup banyak, mulai dari video editing untuk acara pernikahan, seminar, profil perusahaan, atau bahkan edit video untuk Youtuber yang sedang cukup menjamur.

8. Jasa Pembuatan Mobile Apps

jasa-mobile-apps

Yang juga sedang banyak dibutuhkan untuk saat ini adalah jasa pembuatan aplikasi berbasis mobile alias mobile apps. Jadi kalau anda memiliki pengetahuan terkait hal itu, baik menggunakan Android Studio, Eclipse, dan sejenisnya, anda juga bisa menawarkan jasa ini.

9. Penulis Artikel

jasa-penulis-artikel

Hobi dan ahli dalam menulis artikel? Anda bisa juga menawarkan layanan pembuatan artikel, entah melalui situs-situs freelance atau melalui blog anda sendiri. Nantinya saat menentukan tarif, biasanya anda akan mematok tarif per sekian kata, seperti per 500 kata, per 700 kata, dan lain sebagainya.

10. Penerjemah

jasa-penerjemah

Anda yang bisa berbahasa asing atau minimal bisa berbahasa Inggris juga bisa menawarkan jasa penerjemah dokumen, artikel, dan lain sebagainya baik dari bahasa Indonesia ke bahasa asing ataupun sebaliknya.

Tentunya pastikan kalau anda benar-benar menguasai bahasa asing tersebut mulai dari struktur hingga kepada kosa kata yang terkait dengan industri yang diminta oleh calon pelanggan.

11. Copywriter

Cara Copywriting yang Baik

Salah satu jualan online yang menguntungkan lainnya adalah menawarkan jasa Copywriting alias menjadi seorang Copywriter. Berbeda dari penulis artikel, jasa ini lebih untuk anda yang ahli dalam merangkai kata supaya terlihat menarik dan menjual, dan biasanya dibutuhkan yang berpengalaman.

Apabila anda memiliki pengetahuan dalam merangkai kata tersebut, maka itu akan sangat dibutuhkan oleh mereka yang ingin memaksimalkan website mereka ataupun perangkat offline seperti flyer, brosur, banner, ataupun poster.

12. Jasa SEO

jasa-seo

Bagi anda yang terbilang spesialis dalam hal mengoptimalkan suatu website untuk bisa mencapai peringkat tinggi pada hasil pencarian Google atau Bing alias SEO (Search Engine Optimization), bisa menawarkan jasa yang anda miliki kepada para pemilik website.

Karena masih banyak pemilik website yang kesulitan dalam mengoptimalkan website milik mereka dan hasilnya adalah sepi pengunjung serta tidak berbuah menjadi penjualan yang menghasilkan sementara mereka tidak paham bagaimana caranya.

13. Jasa Domain dan Hosting

jasa-web-hosting

Mengingat banyaknya penyedia jasa pendaftaran domain website dan juga penyewaan web hosting, tentunya menandakan ini merupakan salah satu jualan online yang menguntungkan.

Apabila anda memiliki modal besar bisa mencoba menyewa atau memiliki server dalam kapasitas besar untuk kemudian disewakan kembali dalam bentuk paket-paket dengan kapasitas kecil, atau menjadi reseller dari penyedia hosting yang lebih ternama.

14. Jasa Percetakan Online

jasa-percetakan

Kalau anda tinggal di area yang dekat dengan lokasi percetakan, atau memiliki cukup modal untuk membeli mesin printing sendiri, anda bisa mencoba menawarkan jasa percetakan di dunia maya alias online.

Tentunya anda juga harus memiliki pengetahuan tentang percetakan dan segala hal yang terkait di dalamnya, seperti pengertian, definisi, dan kegunaan lengkap flyer, ciri dan karakteristik kertas Art Carton, dan hal-hal lainnya yang masih berhubungan.

15. Jasa Sablon Kaos Online

jenis-sablon-polyflex
sumber gambar: alatsablonmedan.com

Selain percetakan, anda juga bisa menawarkan jasa sablon kaos satuan online yang juga cukup banyak diminati, entah dengan memiliki mesin dan peralatan sablon sendiri ataupun menjadi reseller dari penyedia jasa sablon kaos seperti Porinto.

Baik anda menggunakan metode sablon manual, digital, ataupun menggunakan mesin DTG, semua itu bisa anda tawarkan secara online dikarenakan kepercayaan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi terhadap toko online dan juga kebutuhan mereka yang ingin segala sesuatu serba instan dan praktis.

16. Konsultan

konsultan

Jualan online yang menguntungkan lainnya adalah menjadi seorang konsultan, baik itu konsultan bisnis, pemasaran, hukum, keuangan, dan lain sebagainya sesuai dengan keahlian anda masing-masing.

Layanan konsultan online ini bisa anda tawarkan melalui website anda sendiri yang tentunya diisi dengan hal-hal yang akan mengukuhkan kredibilitas anda seperti sertifikat terkait, ijazah pendidikan yang anda lalui, dan lain sebagainya.

17. Sewa Kamar atau Properti

sewa-kamar

Punya kamar atau ruangan yang tidak terpakai? Anda bisa mulai menyewakannnya dengan mudah saat ini, terutama karena bermunculannya aplikasi-aplikasi yang memfasilitasi hal tersebut.

Peminat jasa ini cukup tinggi dan pendapatan bulanan yang bisa anda dapatkan pun besar sehingga menjadikan bisnis ini sebagai salah satu jualan online yang menguntungkan.

18. Blogger

blogger

Menjadi seorang blogger memang sekilas tidak terlihat seperti “jualan”, tetapi sebenarnya seseorang yang mendapatkan dari blog atau website miliknya itu menjual tulisan dan platform mereka kepada mereka yang ingin memasang iklan, seperti Google lewat program Adsense-nya ataupun menawarkan langsung spot iklan kepada calon klien.

Yang utama dalam menjadi seorang Blogger adalah memastikan dan mengusahakan blog anda dikunjungi banyak orang dengan cara menulis artikel-artikel berkualitas tentang hal-hal yang banyak dicari oleh pembaca.

19. Youtuber

youtuber

Tidak semua orang bisa menjadi Youtuber yang sukses, tetapi apabila dijalankan dengan benar maka cara ini bisa menjadi ladang pendapatan “semi-pasif” yang cukup menguntungkan, terutama kalau video-video anda ditonton oleh banyak orang.

Anda bisa memulai dengan peralatan seadanya dan baru kemudian pelan-pelan memperbarui perlengkapan anda dengan yang lebih baik dan lebih mutakhir seiring dengan meningkatnya pendapatan anda.

20. Toko Online

toko-online

Jualan online yang menguntungkan lainnya adalah dengan cara membuka toko online, entah pada marketplace yang banyak tersedia ataupun membangun website toko online milik anda sendiri.

Cara pertama tentunya lebih mudah dan gratis, namun dibatasi oleh kebijakan-kebijakan dari marketplace tempat anda berjualan, sementara cara kedua lebih mahal modalnya tetapi anda bisa membuatnya menjadi seperti yang anda inginkan.

Kesimpulan

Menentukan mana jualan online yang menguntungkan untuk anda jalankan tidaklah mudah, dan mungkin dari semua daftar yang kami berikan di atas belum tentu tepat dan cocok untuk anda.

Tetapi tentunya anda tidak bisa menutup diri terlebih dahulu sebelum minimal mencoba dan mengusahakan salah satu bisnis online yang anda pilih berjalan dengan lancar dan terus berkembang.

Semoga setelah membaca artikel mengenai ide jualan online yang menguntungkan ini anda menjadi lebih terinspirasi dan termotivasi untuk mencoba salah satu atau bahkan beberapa bisnis sekaligus sesuai dengan keahlian dan kemampuan anda.