21 Ide Jualan Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar

jualan-online-untuk-mahasiswa

Untuk anda yang masih berstatus mahasiswa namun ingin menghasilkan uang secara online, kali ini akan kami memberikan apa saja 21 ide jualan online untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan modal besar dan sekiranya tepat untuk dilakukan saat ini.

Sebagai seorang mahasiswa yang secara umum akan memiliki waktu luang lebih banyak dibandingkan pelajar, terkadang anda ingin mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat atau produktif.

Dibandingkan anda mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang tidak berguna, maka aka lebih baik apabila anda memanfaatkan waktu luang tersebut dengan mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Tetapi bisnis apa yang tidak membutuhkan modal besar?

Bagi anda yang tidak memiliki modal besar, pada kesempatan kali ini akan kami jabarkan sebanyak 21 ide jualan online untuk mahasiswa yang bahkan beberapa diantaranya bisa anda lakukan tanpa perlu meninggalkan area kampus, rumah, atau kos-kosan.

Tetapi sebelum memulai suatu usaha, ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar, melalui beberapa artikel yang pernah kami tulis seperti 5 cara bisnis online shop yang efektif, 4 jenis promosi offline untuk bisnis online yang tepat,  5 cara bisnis online untuk pemula, dan artikel-artikel lainnya yang dirasa bermanfaat.

21 Ide Jualan Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar

Berikut ini adalah 21 ide jualan online untuk mahasiswa yang tidak memerlukan modal besar disertai penjelasan singkat mengenai masing-masing jenis usaha untuk mempermudah anda dalam menentukan pilihan.

1. Dropshipper

Bisnis dropshipper merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dibilang tidak memerlukan modal, terutama dalam hal modal untuk menyetok barang yang ingin anda jual kembali.

Dalam usaha jenis ini, yang anda perlukan hanyalah mencari supplier yang bisa diajak bekerja sama dengan sistem dropship, yang mana nantinya anda hanya perlu menjual dan menerima pembayaran, kemudian pengadan dan pengiriman barang kepada pemesan akan diurus oleh Supplier.

Ada beberapa artikel mengenai hal ini yang telah kami siapkan untuk anda pelajari terlebih dahulu supaya lebih memahami bisnis jenis ini, mulai dari cara menjadi dropshipper bisnis online, lalu apa saja 4 cara usaha tanpa modal dengan teknik dropship, kemudian apa saja keuntungan dan kerugian bisnis dropship.

2. Reseller

Ide jualan online untuk mahasiswa yang kedua adalah dengan menjadi reseller atas suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh supplier yang telah kita beli dan stok sebelumnya, untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Berbeda dengan sistem Dropship yang nyaris tanpa modal dan tidak perlu stok, pada sistem Reseller ini anda akan membeli terlebih dahulu banyak barang dalam jumlah besar sehingga harga satuannya akan berada di bawah harga pasaran.

Meskipun sepintas terlihat lebih tidak menguntungkan dibandingkan dropship, apabila anda menjalankan usaha sebagai reseller anda bisa lebih mengetahui jumlah stok terbaru dan menyesuaikan harga jual dengan lebih fleksibel.

Anda bisa mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara kerja reseller dan keuntungannya, kemudian apa saja 8 cara menjadi reseller online shop tanpa modal, dan juga 5 cara menjadi reseller dan memulai bisnis sendiri, serta baca juga beberapa artikel terkait lainnya yang telah kami siapkan.

3. PPOB

Ide jualan online untuk mahasiswa lainnya adalah membuka layanan PPOB (Payment Point Online Bank) secara online, yang mana di dalam bisnis ini anda akan membuka semacam loket pembayaran untuk kebutuhan utilitas seperti listrik, telepon, air, telepon, internet, zakat, dan lain-lainnya.

4. Desain Grafis

Anda juga bisa menawarkan jasa desain untuk beragam kebutuhan, baik itu kebutuhan pemasaran seperti flyer, poster, spanduk, banner, hingga kebutuhan lainnya seperti desain cover buku, desain undangan, dan lain sebagainya.

5. Video Editing

Kalau yang anda kuasai adalah mengedit video menggunakan software seperti Vegas Pro dan Premiere, anda juga bisa menawarkan jasa editing video yang akan dibutuhkan oleh beragam kegiatan, mulai dari video untuk acara, seminar, pernikahan, dan lain sebagainya.

6. Penulisan Makalah

Sebagai mahasiswa yang terbiasa membuat tulisan ilmiah, makalah, paper, ataupun jurnal, tentunya akan sangat disayangkan kalau anda tidak memanfaatkan keahian tersebut untuk dijadikan penghasilan.

Ditambah lagi, dengan menawarkan jasa penulisan makalah anda akan bisa sekaligus menambah pengetahuan dari makalah-makalah orang lain yang anda kerjakan tersebut.

7. Penulis Artikel Website

Tulisan ilmiah terlalu rumit bagi anda ? Silahkan mencoba menawarkan jasa penulisan artikel untuk website yang cenderung lebih ‘longgar’ dan tidak terlalu perlu mengikuti tata cara penulia makalah ataupun kripsi.

Biasanya jasa penulisan artikel website ini akan dbedakan harganya dari segi jumlah kata yang anda tulis, dan juga serumit apa kebutuhan yang diminta oleh si pemesan artikel tersebut.

8. Translator / Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah dokumen, buku, artikel, dan sejenisnya juga bisa anda jadikan pertimbangan dalam menawarkan keahlian anda secara online melalui situs-situs khusus yang bia mengakomodir antara pekerja lepas dengan pembeli.

Entah itu menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Asing, dan juga sebaliknya, akan banyak dicari terutama apabila anda juga menguasai beragam terminologi dari bermacam-macam industri.

9. Web Hosting

Mengambil paket reseller dari penyedia layanan web hosting dan menjual kembali juga bisa menjadi salah satu alternatif jualan online untuk mahasiswa yang cocok terutama bagi anda yang menggemari bidang teknologi, IT, dan jaringan.

10. Kaos Sablon

Jenis Sablon Kaos

Menjadi dropshipper dan atau reseller dari suatu penyedia jasa kaos sablon seperti Porinto ini juga bisa anda pertimbangkan dikarenakan prospeknya yang cukup baik, teritama ditambah lagi apabila anda menguasai desain grafis untuk kaos.

11. Percetakan

apa-itu-flyer
sumber: wizardz.co.za

Ide jualan online untuk mahasiswa lainnya adalah menjadi reseller atau broker bagi penyedia jasa percetakan, baik itu percetakan digital ataupun offset, yang mana prospek nya juga masih sangat baik sekarang ini.

Entah itu untuk kebutuhan cetak kartu nama, flyer, brosur, poster, spanduk, banner, semuanya bisa anda coba tawarkan, bahkan anda bisa mengambi untung dari kegiatan kampus yang membutuhkan hal-hal tersebut.

12. Pembuatan Website

Kalau anda lebih suka di depan komputer mengutak-atik kode pemrograman atau membuat rancangan desain website menggunakan salah satu atau beberapa CMS ternama maka menawarkan jasa pembuatan website bisa jadi merupakan salah satau bisnis online yang tepat untuk anda.

13. Pembuatan Mobile Apps

Di era yang serba apps sekarang ini, memiliki kemampuan untuk membuat suatu aplikasi baik itu Android maupun iOS untuk produk Apple sangatlah dicari dan diminati oleh banyak orang, mulai dari individu hingga pemilik usaha dan juga perusahaan.

Baik itu sekedar aplikasi webview yang sederhana, hingga kepada game mobile yang menarik, kesemuanya bisa dan banyak diminati dikarenakan pasar mobile yang semakin luas dari hari ke hari.

14. Selebgram

Kalau anda lebih menyukai menjadi seseorang yang dkenal banyak orang sembari mendapatkan penghasilan dari situ maka menjadi seorang selebgram atau influencer mungkin akan menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Nantinya setelah jumlah followers anda bertambah banyak, anda bisa menetapkan tarif endorse kepada brand atau usaha yang tertarik, atau bahkan bisa jadi mereka duluan yang akan menghubungi anda.

15. Youtuber

Ingin menjadi terkenal melalui vlog? Atau anda hobi membuat video dan ingin memamerkannya kepada orang lain? Jadilah seorang Youtuber karena anda nantinya bisa melakukan itu semua sembari mendapatkan penghasilan dari Youtube ataupun dari brand yang meng-endorse anda.

16. Toko Online

Kalau anda menginginkan produk atau jasa yang anda jual tertata dan ditampilkan secara rapih di website, anda bisa membuka toko online melalui marketplace yang banyak tersebar di internet, atau membuat website toko online sendiri.

Produk atau jasa yang dijual tergantung dari pilihan anda sendiri, baik itu produk dropship, produk yang anda stok sendiri, ataupun jasa yang sesuai dengan keahlian anda bisa ditawarkan melalui beragam toko online.

17. Jualan Barang Bekas

Menjual barang-barang bekas yang kondisinya masih terbilang baik juga banyak diminati orang karena mereka bisa mendapatkan suatu barang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga jualnya saat masih baru.

Ada banyak barang yang bisa anda coba jual, mulai dari buku kuliah yang sudah tidak terpakai, novel, hiasan meja, pakaian yang masih layak, dan banyak lagi yang saat ini masih dicari banyak orang.

18. Menulis Blog

Hobi menulis juga bisa anda salurkan menjadi sebuah blog yang nantinya akan anda usahakan supaya memiliki banyak pengunjung, dan kemudian mendapatkan penghasilan dengan cara menjadi publisher untuk perusahaan iklan semacam Adsense atau MGID.

19. Les Privat

Anda yang suka mengedukasi orang lain dan menguasai beberapa bahan pelajaran juga bisa menawarkan jasa les privat untuk anak SD, SMP, ataupun SMA tergantung dari bidang ilmu yang mana yang anda kuasai.

Tidak hanya ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah saja, anda juga bisa menawarkan les lainnya seperti les komputer, les gitar, les piano, les bahasa Inggris, dan banyak hal lainnya sesuai dengan keahlian.

20. Fotografi

Memiliki kamera yang bagus dan hobi fotografi bisa menjadi bekal anda untuk menawarkan jasa fotografi kepada mereka yang membutuhkan, atau menjual foto-foto terbaik anda ke website penyedia stok foto yang banyak tersedia di internet.

21. Tiket Online

Berjualan tiket kereta dan penerbangan juga bisa anda jadikan ide jualan online yang cukup berprospek, dengan cara mencari penyedia layanan booking yang menawarkan sistem keanggotaan yang mana di dalamnya anda bisa melakukan reservasi dan booking tiket dengan harga yang jauh lebih murah.

Kesimpulan

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan mencari jualan online untuk mahasiswa yang tepat, karena bahkan daftar yang kami berikan di atas belum bisa mencakup banyak hal lagi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun, apapun yang anda pilih, anda harus mau menyempatkan diri dan meluangkan waktu untuk mempelajarinya lebih mendalam sehingga bisnis online yang anda lakukan tersebut bisa berjalan dengan optimal.

Jangan pernah berhenti untuk selalu mencari informasi seputar bisnis pilihan, dan juga mengenai strategi jualan online dikarenakan akan ada banyak faktor yang akan mempengaruhinya.

Kami harap artikel ini bisa membantu anda yang sedang mencari inspirasi jualan online untuk mahasiswa dan bisa menyediakan informasi yang cukup sehingga dapat membantu dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk anda.