Panduan Lengkap Jualan Online di Instagram

jualan-online-di-instagram

Memulai jualan online di Instagram tidaklah sesulit yang dibayangkan, terutama bagi yang masih enggan atau takut mencobanya karena dianggap rumit, sulit, dan tidak mudah.

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna Instagram, akan sangat disayangkan apabila anda melewatkan kesempatan untuk menawarkan produk atau layanan di dalamnya begitu saja.

Instagram sendiri telah terbukti berhasil dan memberikan kesuksesan bagi banyak olshop yang bermain di dalamnya, dan pada artikel kali ini akan kami berikan bagaimana cara mudah memulai jualan online di Instagram tersebut.

Sebelumnya akan kami jelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu Instagram dan seberapa besar penggunanya di Indonesia, mengapa media sosial yang satu ini banyak digunakan untuk jualan online, dan bagaimana cara memulai jualan online di dalamnya.

Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya mengenai jualan online di Instagram seperti cara jualan di Instagram, lalu apa saja 6 cara mudah menjadi selebgram berpenghasilan tinggi, kemudian apa 7 tips sukses di Instagram melalui bisnis online, dan masih banyak lagi artikel terkait lainnya.

Apa Itu Instagram ?

cara-jualan-online-di-instagram

Instagram merupakan suatu aplikasi media sosial yang tersedia dalam platform iOS dan Android, di mana layaknya seperti media sosial lainnya kita bisa berteman dengan pengguna lainnya dan saling berinteraksi.

Sejarah Instagram

Aplikasi ini awalnya berorientasi kepada fotografi saja, yaitu anda hanya bisa memposting sebuah gambar untuk kemudian meinggalkan pesan pada gambar atau pada caption, yang akan dapat diberi komentar oleh pengguna lainnya.

Di awal kemunculannya, penggunaan aplikasi ini lebih kepada postingan berupa foto tempat-tempat yang indah, foto makanan, foto diri sendiri, dan beragam foto lainnya yang nantinya bisa diedit dan ditambahkan efek supaya foto terlihat lebih menawan.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna, Instagram akhirnya menambahkan fitur-fitur baru seperti memposting video, dan yang juga sangat populer beberapa tahun terakhir ini adalah fitur Insta Story.

Banyak orang akhirnya mencoba sekaligus berjualan menggunakan aplikasi tersebut, dan awalnya hanya menjual barang-barang mereka sendiri yang difoto dan diedit supaya terlihat menarik.

Lama-kelamaan, penggunaan Instagram selain diisi oleh pengguna biasa, juga diisi oleh para pelaku bisnis online yang memanfaatkan fitur foto dan video yang ada di dalam aplikasi untuk menawarkan produk atau layanan mereka.

Mulai dari produk-produk fashion untuk wanita, aksesoris, hingga saat ini digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk dan atau layanan mereka kepada para pengguna Instagram yang jumlahnya membludak hingga 53 juta pengguna di Indonesia per 2018 lalu.

Perkembangan Bisnis Online di Instagram

Tidak hanya perusahaan saja, banyak pula individu-individu yang mencoba bisnis sampingan dan menawarkannya di dalam aplikasi ini, dan kemudian setelah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012, beberapa tahun setelahnya para pengguna pun bisa beriklan menggunakan platform Facebook Business.

Hingga saat ini pengguna Instagram terus bertambah, terutama dikarenakan kemunculan-kemunculan para selebgram alias influencer, yang telah sukses membangun basis fans mereka di Instagram.

Mereka pun akhirnya ditawari oleh perusahaan atau suatu bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, yang dihargai dengan jumlah followers.

Kisah-kisah sukses mereka inilah yang semakin memperbesar jumlah pengguna yang juga ingin menjadi seorang selebgram, dan tentunya semakin besar jumlah tersebut tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan oleh suatu usaha.

Mengapa Jualan Online di Instagram ?

tips-jualan-online-di-instagram

Ada banyak alasan mengapa suatu pelaku usaha di zaman sekarang ini juga perlu eksis dan mempromosikan atau bahkan menjual produk dan layanan mereka melalui aplikasi Instagram tersebut.

Pengguna Instagram Sangat Banyak

Seperti yang telah kami singgung sedikit di atas, jumlah pengguna Instagram yang sangat besar (53 juta orang pengguna Indonesia) itu sangatlah menggiurkan bagi pelaku usaha manapun.

Jumlah tersebut merupakan jumlah yang tidaklah sedikit, dan bisa dipastikan sedikit banyak target pelanggan dari kebanyakan usaha ada di dalamnya, dari beragam rentang usia, jenis kelamin, hobi, dan lain sebagainya.

Fitur Instagram

Kami juga telah membahas sedikit mengenai fitur Instagram yang berfokus kepada menampilkan foto dan video yang bisa diedit supaya terlihat lebih baik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan display atau katalog bagi produk-produk yang anda tawarkan.

Beberapa fitur Instagram yang bisa anda optimalkan antara lain adalah:

  1. Posting Foto
  2. Posting Video
  3. Insta Story
  4. Filter Wajah
  5. Hashtag
  6. Follow Hashtag
  7. Boomerang
  8. LIVE streaming
  9. dan masih banyak lagi

Kemudahan Iklan di Instagram

Ditambah lagi dengan kemudahan beriklan di Instagram menggunakan platform Facebook Business sehingga anda bisa mengiklankan setiap postingan menggunakan fitur Paid Promote yang bisa anda tentukan seberapa besar anggarannya.

Nantinya semakin besar anggaran yang anda alokasikan, maka akan semakin besra pula reach atau jangkauan dari audiens yang akan menjadi target penanyangan iklan.

Memulai Jualan Online di Instagram

insta-post
sumber: adweek.com

Lalu bagaimana caranya untuk memulai jualan online di Instagram ?

Caranya cukup mudah, tentunya yang pertama-tama anda perlu membuat akun Instagram terlebih dahulu yang dikhususkan untuk barang atau jasa yang anda ingin tawarkan kepada calon pelanggan.

Kami sarankan sebaiknya anda tidak menggabungkan akun Instagram pribadi dengan akun jualan supaya nanti memudahkan anda dalam memonitor kinerja serta membangun citra brand yang unik dan tidak tercampur dengan postingan probadi anda.

Sebelum memulai jualan, selain membuat akun Instagram anda sebaiknya juga menyiapkan beberapa hal berikut ini guna memudahkan proses jualan selanjutnya:

  1. Nama dari bisnis jualan anda
  2. Foto-foto dan atau video produk atau layanan yang akan anda jual
  3. Rencana topik dan ide postingan
  4. Desain postingan
  5. Jadwal Postingan

Dengan begitu nantinya akun jualan online di Instagram anda tidak akan kosong dan bisa langsung anda isi sehingga proses promosi dan berjualan bisa langsung segera anda lakukan.

Tips Sukses Jualan Online di Instagram

akun-pribadi-vs-akun-bisnis

Akun jualan telah dibuat dan materi jualan juga telah disiapkan, kemudian anda pun mulai memposting tetapi kenapa tidak berdampak banyak terhadap penjualan? Dan kenapa jarang yang mengunjungi akun Instagram anda?

Meskipun proses menyiapkan materi dan ide konten postingan di Instagram tergolong mudah, tetapi yang tersulit adalah membuat akun anda menjadi banyak dikunjungi yang sehingga akan memperbesar peluang terjadinya penjualan.

Ini juga dikarenakan tingkat persaingan yang semakin tinggi dan ketat di dalam aplikasi Instagram sendiri, sehingga anda puin membutuhkan strategi-strategi yang efektif dan tepat supaya jualan online di Instagram semakin baik.

Sebelum membaca lebih lanjut, anda juga bisa membaca beberapa artikel yang kami buat terkait hal tersebut, seperti bagaimana cara sukses jualan di Instagram yang dilakukan oleh mereka yang jualan online di Instagram, dan juga bagaimana cara mendapatkan followers Instagram aktif dengan mudah.

Beberapa tips sukses jualan online di Instagram antara lain akan kami sampaikan berikut ini.

1. Posting di waktu yang tepat

Tips yang pertama adalah memastikan postingan anda terbit di waktu dan jam yang tepat, terutama yang sesuai dengan jam di mana target pelanggan anda sedang aktif menggunakan Instagram.

Anda bisa langsung mencoba hal ini apabila anda sudah benar-benar mengetahui perilaku dari target pelanggan dan jam aktif mereka, tetapi bagi yang belum tahu tentunya hal ini akan bisa diketahui setelah melakukan serangkaian uji coba.

2. Optimalkan penggunaan Hashtag

Hashtag adalah segalanya di Instagram, dan penggunan hashtag yang tepat juga akan dapat mempengaruhi kinerja bisnis online anda di dalam aplikasi Instagram tersebut.

Pastikan anda selalu mengamati mana hashtag yang sedang diminati, dan juga relevan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Jangan lupa untuk menempatkan hashtag-hashtag tersebut di setiap postingan anda, dengan jumlah secukupnya, asalkan spesifik dan releban dengan produk atau layanan yang anda tawarkan, serta tempatkan pula hashtag pada bio profil akun anda.

3. Variasikan jenis Postingan

Jangan membiasakan memposting hanya satu jenis postingan saja, tetapi kombinasikan dengan beberapa jenis postingan lainnya terutama yang memancing interaksi pembaca.

Selain foto, anda juga bisa menmposting video, kemudian kombinasikan dengan Insta Story, serta kadang buat juga polling guna memancing interaksi dengan follower atau target pelanggan anda.

4. Mempromosikan postingan

Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan di dalam Instagram, entah itu fitur “paid promote” alias membayar kepada Instagram untuk mempromosikan salah satu postingan, ataupun jenis kampanye iklan lainnya melalui Facebook Business.

Ini perlu dilakukan terutama apabila anda bermain di segmen yang sudah terlalu ketat persaingannya, sehingga dengan beriklan akan dapat mempermudah anda mendapatkan klik dan meningkatkan konversi penjualan.

5. Jangan Terlalu “Jualan”

Berbicara soal “jualan”, sebaiknya anda mengurangi memposting konten yang sifatnya terlalu to-the-point menawarkan produk atau layanan, melainkan gunakan bahasa yang disebut dengan “soft selling”.

Jadi, ketimbang memposting konten dengan tulisan “Jual Krim Kecantikan”, misalnya, gunakan kalimat lain yang lebih mengundang rasa penasaran dan ingin tahu seperti “Kerutan di kulit hilang dalam 3 hari”, dan sebagainya.

6. Jangan malas mengisi caption

Mengisi caption dengan cukup jelas, tetapi tetap mudah dibaca dan menggunakan kalimat yang menarik minat dari target pelanggan sangatlah penting dalam berbisnis di Instagram, jadi jangan sampai tidak diisi dan dioptimalkan.

7. Manfaatkan Tag, Mention, dan Share

Anda juga bisa memanfaatkan tiga fitur Instagram lainnya seperti tag, mention, dan reshare ataupun membagikan postingan Instagram anda ke platform media sosial lainnya dan juga website.

Yang akan anda tag adalah para follower, terutama apabila anda ingin menawarkan suatu program promo kepada mereka, atau apabila ada produk baru yang anda rasa akan menarik minat mereka untuk membeli.

Kesimpulan

Di era digital dan internet yang berkembang dengan sangat pesat ini, akan amat sangat disayangkan bagi anda para pelaku usaha untuk tidak mau mencoba mengembangkan sayap dan mencoba terjun ke dalamnya.

Instagram telah terbukti sebagai salah satu platform pilihan yang menawarkan konversi penjualan yang sangat signifikan, serta telah memberikan kesuksesan bagi banyak pelaku bisnis di dalamnya.

Jadi, anda tidak perlu ragu lagi untuk menjejakkan kaki ke dalamnya dan selama anda mau belajar serta berusaha, maka kesuksesan dalam berbisnis menggunakan Instagram pun niscaya akan anda dapatkan.

Silahkan anda membaca beberapa artikel kami terkait bisnis online lainnya yang kami harap bisa semakin mendongkrak usaha anda di dunia maya tersebut.

Beberapa diantaranya seperti 7 tips menjadi reseller dan trik pemasarannya, kemudian bagaimana cara menjadi dropshipper bisnis online, lalu apa 6 cara mudah menjadi selebgram berpenghasilan tinggi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat semakin memantapkan diri dalam jualan online di Instagram dan lebih memahami bagaimana meraih kesuksesan menggunakan aplikasi tersebut.