Macam dan jenis stiker yang ada di pasaran

jenis-stiker-yang-ada

Jenis stiker terdiri dari berbagai macam dan pada artikel kali ini Porinto akan memberikan penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut, terutama yang umum dipakai dan digunakan oleh pelaku usaha, organisasi, ataupun individu.

Stiker sendiri seringnya digunakan untuk dijadikan alat promosi yang dapat ditempelkan ke berbagai macam benda sesuai dengan kebutuhan dan tujuan serta isi dari pesan yang ada pada stiker tersebut.

Karena sifatnya yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut, menyebabkan munculnya beragam jenis stiker yang ditawarkan oleh penyedia layanan cetak stiker dimanapun, yang biasanya dilihat dari jenis bahan dan ketahanannya.

Tapi, untuk lebih memahami tentang stiker ini, ada baiknya kita melihat kebelakang mengenai sejarah dari stiker dan asal-usulnya sehingga bisa berkembang menjadi salah satu media promosi offline yang populer saat ini.

Sebelumnya, anda juga bisa membaca mengenai artikel kami lainnya terkait stiker seperti apa saja manfaat stiker sebagai alat promosi, termasuk apa saja kelebihan stiker sebagai media promosi, dan beberapa tips cara desain stiker yang bisa anda coba.

Sejarah Stiker dan Asal-Usulnya

sejarah-stiker
Sumber: Akun Twitter @stickermule

Sebenarnya tidak diketahui dengan pasti siapa yang awal mula menciptakan stiker dan beberapa orang serta sejarawan punya pendapat yang berbeda, ini dikarenakan pada peradaban Mesir Kuno sendiri telah ditemukan semacam kertas yang ditempelkan ke tembok di area pasar-pasar mereka.

Beberapa pendapat mendukung bahwa Sir Rowland Hill, seorang guru dan penemu asal Inggris, pada tahun 1839 berhasil membuat semacam kertas adhesive yang akhirnya menjadi awal mula prangko.

Lalu ada juga yang mendukung bahwa pendiri dari merek populer Avery Labels, yaitu R. Stanton Avery, adalah yang pertama kali menemukan stiker setelah keberhasilannya menemukan label yang bisa menempel pada tahun 1939.

Ada juga yang lebih percaya bahwa stiker ditemukan pertama kali di Eropa pada tahun 1880-an, meskipun tidak diketahui oleh siapa, karena pada masa itu umum ditemukan adanya label harga pada sayuran dan buah-bbuahan yang dijual di pasar.

Kebanyakan stiker generasi awal tersebut, baik dalam bentuk prangko ataupun label, tidak bisa langsung menempel pada objek melainkan harus dibasahi terlebih dahulu dengan air ataupun air liur seperti pada prangko.

Perbedaan pendapat tersebut terjadi karena tergantung dari definisi stiker yang digunakan oleh masing-masing orang, apakah stiker itu diartikan sebagai “kertas yang bisa direkatkan” atau diartikan sebagai “kertas yang bisa direkatkan untuk tujuan promosi”.

Jenis Stiker yang ada di Pasaran

jenis-stiker
Sumber: jakprints.com

Selanjutnya kita akan mulai membahas mengenai apa saja jenis stiker yang ada di pasaran, dan bagaimana aplikasi yang tepat untuk suatu jenis stiker tertentu sehingga bisa digunakan secara optimal.

Macam dan jenis stiker tersebut antara lain adalah :

1. Stiker Vinyl

stiker-vinyl
Sumber: sevensticker.com

Stiker Vinyl merupakan jenis stiker yang paling umum digunakan dan memiliki banyak sekali varian yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Sesuai namanya, stiker Vinyl adalah stiker yang terbuat dari bahan Vinyl yang sangat tahan terhadap air dan memiliki kelenturan yang baik dibandingkan kertas HVS, sehingga cocok untuk dijadikan stiker outdoor (ditempel di luar ruangan).

Kelebihan dari stiker Vinyl ini antara lain :

  • Tidak mudah luntur,
  • Mudah dirawat dan dibersihkan,
  • Cocok untuk penggunaan outdoor
  • Penggunaan jangka panjang

Penggunaan stiker ini sangat bervariasi, namun umum digunakan untuk membuat stiker yang ditempelkan pada kaca mobil, banner, stiker untuk poster, dan beragam kebutuhan lainnya.

2. Stiker HVS

stiker-hvs
Sumber: bengkelprint.co.id

Selanjutnya jenis stiker yang juga umum digunakan oleh banyak orang adalah stiker kertas HVS yang sesuai namanya terbuat dari bahan kertas HVS namun dilapisi adhesif pada bagian belakangnya sehingga bisa direkatkan.

Umumnya stiker jenis ini akan digunakan untuk stiker label yang ditempelkan di buku tulis, undangan, souvenir, kemasan, dan lain sebagainya, dan biaya produksinya jauh lebih murah dibandingkan stiker vinyl.

Karena bahannya yang terbuat dari HVS tersebut, stiker ini sangat rentan luntur apabila terkena air ataupun perubahan suhu yang ekstrim, dan juga akan mudah untuk memudar di kemudian hari sehingga tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang.

3. Stiker Oracal

stiker-oracal
Sumber: netpriceupdate.com

Stiker Oracal merupakan salah sati jenis stiker outdoor yang umum digunakan untuk kebutuhan luar ruangan yang membutuhkan ketahanan ekstra apabila dibandingkan dengan stiker Vinyl.

Penggunaannya yang paling sering adalah sebagai cutting sticker pada motor, mobil, helm, dan lain sebagainya yang biasanya lebih mudah dilepas dan tidak terlalu meninggalkan bekas pada permukaan.

4. Stiker Kromo / Chromo

stiker-kromo
Sumber: lemuelcreativeprinting.wordpress.com

Stiker kromo atau Chromo adalah stiker yang terbuat dari bahan kertas yang dapat dengan sangat kuat menempel pada suatu permukaan sehingga akan sulit untuk dikelupas serta meninggalkan bekas.

Biaya produksinya yang murah menjadi salah satu alasan mengapa stiker ini cukup banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan-kebutuhan di dalam ruangan, dan umum dipakai untuk mencetak logo usaha atau merek yang dibagibagikan ke pelanggan atau calon pelanggan.

5. Stiker Foil

stiker-foil
Sumber: Channel Youtube Miomodo

Stiker Foil adalah stiker yang memiliki lapisan berkilau layaknya logam, berwarna perak atau emas metalik, yang umumnya menggunakan bahan yang disebut dengan Polyflex, serta mulai semakin banyak dipakai sebagai salah satu alternatif teknik sablon kaos yang unik dan tahan lama.

6. Stiker Bontax

stiker-bontax
Sumber: vendorku.com

Stiker Bontax atau Bontaks ini merupakan sejenis stiker kertas HVS namun mempunyai daya tahan yang jauh lebih baik sehingga banyak digunakan untuk label industri, kemasan, dan lain sebagainya.

Stiker ini juga bisa diberikan laminasi seperti Glossy atau Doff pada permukaannya, sesuai dengan selera serta kebutuhan pemesan, dan memiliki daya rekat yang awet dan juga tahan lama.

7. Stiker Yupo

stiker-yupo
Sumber: diytrade.com

Stiker Yupo adalah stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetik yang memiliki keawetan dan ketahanan yang sangat baik, sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan outdoor seperti stiker pengumuman, stiker label untuk informasi, stiker yang ditempatkan di area-area umum, dan lain sebagainya.

Bahan lem nya terbuat dari bahan akrilik permanen yang sangat kuat, amti air, anti pudar, dan pada percetakan digital printing stiker ini hanya bisa dicetak dengan cara menggunakan tinta UV.

8. Stiker Scotchlite

stiker-scotchlite
Sumber: 3m.com

Stiker scotchlite adalah sejenis stiker reflektif yang dapat memantulkan cahaya warna permukaannya, terutama pada saat terkena cahaya matahari ataupun lampu, sehingga dapat jelas terlihat di malam hari.

Penggunaan stiker ini bisa anda temukan pada kendaraan-kendaraan pelayan publik seperti mobil polisi, ambulan, damkar, dan lain sebagainya, atau pada baju seragam teknisi pengalian jalan, tambang, marka jalan, dan masih banyak lagi.

9. Stiker One Way

stiker-oneway
Sumber: papaprinting.com

Stiker One Way atau stiker One Way Vision merupakan stiker yang terbuat dari bahan khusus dengan tekstur berlubang, yang hanya dapat dilihat dengan jelas dari satu sisi saja sementara tidak di sisi lainnya.

Kegunaan yang paling utama dari stiker ini adalah pada pemasangan branding di kaca mobil yang menutup seluruh permukaan sehingga akan dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara lainnya, namun pengemudi atau merekayang berada di dalam mobil akan dapat tetap melihat ke luar dengan jelas.

Selain di kaca mobil, stiker ini juga umum dijadikan hiasan pada kaca perkantoran atau tempat usaha guna mencegah pandangan dari luar melihat ke dalam sekaligus dapat memberikan informasi atau promosi produk bagi yang melihat dari luar.

10. Stiker Transparan

stiker-transparan
Sumber: fattyprint.com.sg

Stiker transparan, sesuai namanya, adalah stiker yang menggunakan bahan bersifat tembus pandang, yang umumnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu stiker transparan Ultra Clear yang sangat bening, kemudian stiker transparan standar, dan stiker transparan doff yang memiliki lapisan dof di permukaannya.

Stiker ini juga cukup umum digunakan pada kaca jendela mobil atau pada permukaan kaca lainnya seperti kaca display pada toko ataupun kaca yang dijadikan pembatas ruangan pada perkantoran.

Tips Memilih Jenis Stiker yang Tepat

ukuran-stiker-01

Setelah mengetahui bermacam jenis stiker tersebut, selanjutnya anda harus memahami faktor apa saja yang perlu dijadikan pertimbangan dalam memilih stiker, supaya nantinya sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Beberapa faktor yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih jenis stiker antara lain adalah sebagai berikut :

1. Indoor vs Outdoor

Yang pertama adalah pada lokasi penempatan stiker, apakah akan lebih banyak berada di dalam ruangan (Indoor) atau di luar ruangan (Outdoor), yang tentunya akan membutuhkan jenis stiker yang berbeda untuk masing-masing kondisi.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, ada beberapa jenis stiker yang tidak memiliki ketahanan yang baik pada saat berada di luar ruangan, contohnya adalah stiker HVS, dan ada yang memiliki kualitas sangat baik du liar ruangan seperti stiker Vinyl, Oracal, dan stiker Scotchlite.

2. Jangka Waktu Pemasangan

Faktor selanjutnya adaah pada jangka waktu pemasangannya, apakah stiker tersebut perlu bertahan dalam waktu yang lama atau tidak terlalu diperlukan.

Kami juga telah sebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis stiker yang cepat memudar dan ada yang ketahanan warnanya terjaga untuk waktu yang lama sehingga bisa anda jadikan pertimbangan.

3. Anggaran Produksi

Selanjutnya adalah faktir anggaran, yang mana tentunya ini akan dapat mempengaruhi pertimbangan anda terhadap dua faktor sebelumnya.

Stiker HVS dan kromo dikenal sebagai stiker yang sangat terjangkau dan paling murah diantara semuanya, tetapi cepat pudar dan tidak tahan berada di luar ruangan.

Sementara untuk stiker Vinyl dan Oracal memiliki daya tahan yang baik dan terkenal awet, serta cocok digunakan di luar ruangan, namun biaya produksinya jauh lebih mahal dibandingkan stiker HVS atau kromo.

4. Fungsi dan Kegunaan

Lalu faktor yang terakhir adalah pada fungsi dan kegunaan dari stiker tersebut, terutama kalau anda memiliki kebutuhan yang spesifik, seperti yang ditawarkan oleh stiker Scotchlite yang mampu menyala saat terkena cahaya, atau stiker One Way yang hanya dapat dilihat pada satu sisi saja.

Keempat faktor tersebut tentunya saling terkait dan berhubungan, tetapi dengan mengetahui apa jenis stiker yang cocok untuk kebutuhan anda akan menjadikan biaya yang dikeluarkan lebih optimal dan hasil yang diharapkan akan tercapai.

Kesimpulan

Memilih jenis stiker yang tepat untuk digunakan terkadang bukanlah perkara mudah, terutama apabila anggaran yang kita siapkan tidak mencukupi untuk memenuhi biaya produksi stiker yang tepat, tetapi itu semuanya tentu bisa anda cari jalan tengah yang terbaik dengan lebih mendalami tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis.

Silahkan anda baca juga beberapa artikel kami terkait percetakan seperti apa pengertian, definisi, dan kegunaan flyer, kemudian apa saja keuntungan promosi menggunakan kalender, dan juga cara membuat poster yang kreatif dan efektif.

Semoga penjelasan kami mengenai macam dan jenis stiker yang ada di pasaran dapat membantu anda untuk memutuskan apa jenis yang akan anda gunakan untuk kebutuhan anda, dan bisa dijadikan referensi untuk kemudian hari.