5 Jenis Sablon Terbaik pada Baju

34
Jenis Sablon Terbaik

Jenis sablon terbaik adalah yang paling dicari oleh para desainer baju dan tentunya juga pembeli baju yang ingin kualitas bajunya bagus. Tidak dapat dihindari kebanyakan orang akan menilai kualitas suatu baju melalui kualitas cetakan desainnya. Jika menggunakan jenis cetakan sablon, maka pastinya memilih jenis sablon terbaik menjadi salah satu cara membuat desain baju agar hasilnya memuaskan. Begitu juga keberadaan mesin sablon sebagai alat kerja pada perusahaan konveksi kaos yang berpengaruh menentukan kualitas kaos yang dibuat. Itulah sebabnya mengapa kamu pun pasti penasaran mengenai informasi terkait apa saja jenis dari sablon yang dapat digunakan dan mana yang terbaik diantaranya.

Informasi mengenai berbagai jenis sablon yang terbaik dan dapat kamu pilih ini mungkin sulit untuk kamu temukan secara umum. Itulah mengapa pada bacaan kali ini akan coba dijelaskan apa saja jenis sablon yang tergolong bagus dilihat dari kualitas tintanya dan bahan sablon yang menentukan kualitas kain hasilnya. Jadi bagi kamu yang ingin memiliki keahlian membedakan mana jenis sablon yang bagus dan yang tidak, maka simaklah penjelasan pada bagian selanjutnya terkait macam-macam sablon dan apa ciri-cirinya untuk membedakannya satu dengan yang lain.

5 Jenis Sablon Terbaik yang Digunakan pada Baju

Penjelasan sebelumnya sudah memaparkan bahwa ada beberapa macam sablon yang digunakan untuk mencetak desain pakaian. Berbagai macam dan jenis dari sablon ini yang membuat kamu harus memilih mana kualitas pakaian yang baik dari jenis sablonnya. Informasi mengenai apa saja jenis sablon terbaik tersebut dapat kamu ketahui melalui daftar penjelasan di bawah ini.

1. Sablon Super White

Jenis sablon yang pertama adalah sablon super white. Sesuai dengan namanya, sablon jenis ini memiliki warna tinta yang sangat putih, seperti hampir transparan. Kualitas tintanya pun sangat baik dapat menembus hingga ke serat kain. Ada dua macam tinta pada jenis sablon ini, yaitu warna dan putih. Sangat baik jika digunakan untuk menyablon baju berwarna gelap.

2. Sablon Rubber

Jeis sablon selanjutnya adalah sablon rubber. Nama dari jenis sablon ini dapat diartikan sesuai dengan jenisnya yaitu sablon karet. Hasilnya sangat baik karena sablon dapat menutup kain. Selain itu, kamu juga akan menemukan bahwa jenis sablon ini lebih tahan lama ketika disetrika setelah dicuci.

3. Sablon Plastisol

Kamu juga dapat memilih menggunakan jenis sablon plastisol. Sablon jenis ini menggunakan tinta minyak atau PVC. Hasilnya pun membuat sablon ini rekat dengan kuat dan tidak mudah luntur. Namun memang harganya lebih mahal dari sablon lainnya karena menghasilkan hasil cetakan yang sangat bagus dengan peralatan yang juga khusus.

4. Sablon Floaking

Ada lagi jenis sablon floaking yang diketahui merupakan sablon yang menggunakan bahan tambahan. Sablon ini memiliki dua jenis tipe yaitu lembaran dan bubuk. Agar dapat menempelkan hasil sablon lembaran, dibutuhkan alat press dan hasilnya tidak mudah lepas. Sedangkan untuk jenis bubuk, dibutuhkan perekat khusus.

5. Sablon Neo Pigment

Jika kamu sudah mengetahui jenis sablon terbaik untuk baju yang berwarna gelap, kali ini adalah sablon pigmen yang terbaik untuk baju berwarna terang. Sablon ini juga tintanya menyerap hingga ke serat kain. Sayangnya, tidak dapat digunakan pada baju berwarna gelap.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu sablon dan sablon mana saja yang termasuk jenis sablon terbaik yang dapat kamu jadikan standar informasi untuk menentukan kualitas suatu baju. Jadi setelah mengetahui jenis-jenis sablon di atas, maka kamu dapat mengetahui apakah baju yang kamu hasilkan tinggi kualitasnya atau ternyata tidak terlalu memuaskan dan sebaiknya kamu memilih jenis sablon lain saja. Gunakan informasi di atas dan miliki kualitas baju yang terbaik dengan sablon terbaik juga.

Porinto adalah salah satu vendor kaos custom yang menggunakan sablon neo pigment.