19 Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos Yang Awet dan Tahan Lama

19-jenis-sablon-terbaik-untuk-kaos-yang-awet-dan-tahan-lama

Dalam memilih jenis sablon terbaik yang terjaga keawetan dan ketahanannya tentunya bukanlah perkara mudah terutama apabila dihadapkan dengan beragam pilihan yang malah akan membingungkan.

Sablon sendiri sudah menjadi salah satu hal yang krusial, terutama pada kaos T-Shirt, yang mampu memberikan ciri khas pada para pemakainya, serta juga mampu menunjukkan ekspresi diri dari si pemakai kaos tersebut.

Karena peminat kaos sablon yang tidak pernah surut dan selalu diminati, tentunya hal ini juga dapat dijadikan ladang usaha bagi mereka yang ingin memulai usaha menjual kaos distro, kaos dengan desain buatan sendiri, ataupun membuka usaha jasa sablon kaos.

Tidak hanya bagi anda sebagai pemilik usaha kaos Distro dan lainnya, mengetahui jenis sablon terbaik untuk kaos yang akan anda gunakan sangatlah penting bagi anda para penggemar dan pengguna kaos supaya tidak terlalu sering membeli kaos baru.

Sebagai pemilik usaha sablon kaos atau menjual kaos di distro, mengetahui jenis sablon yang tepat akan berguna dalam memastikan hasil sablon akan memunculkan kekuatan dari desain yang sudah anda siapkan untuk suatu kaos.

Sementara bagi pengguna, mengetahui jenis sablon terbaik akan berguna pada saat anda akan membeli kaos sablon supaya tidak salah memilih, dan juga pada saat anda ingin menyablon kaos polos yang anda miliki dengan desain pilihan atau buatan sendiri.

Bagi yang tertarik memulai bisnis kaos tanpa perlu membuka toko dan hanya dijalankan secara online, anda dapat membaca salah satu tulisan kami mengenai cara memulai bisnis kaos online yang dapat anda jadikan referensi sebelum memulai usaha.

Anda juga bisa mempelajari 4 cara bisnis online baju yang baik dan tepat guna mengingkatkan peluang mendapatkan keuntungan yang maksimal,  serta bagaimana cara bisnis online shop yang efektif untuk dilakukan pada artikel-artikel kami lainnya.

Kembali ke topik bahasan kali ini, dalam memilih jenis sablon yang awet dan tahan lama, pertama-tama anda harus mengenali terlebih dahulu apa saja ciri dan karakteristik dari suatu tinta sablon dan juga jenis dan warna kaos apa yang tepat untuk sablon jenis tersebut.

Memilih bahan kaos untuk sablon

Mengapa hal-hal tersebut harus kita perhatikan? Itu karena masing-masing tinta sablon memiliki ciri khas sendiri pada saat menempel di suatu jenis bahan, sehingga apabila terdapat ketidakcocokan malah akan menimbulkan hasil yang jelek.

Sementara warna berpengaruh dikarenakan tinta sablon memiliki warna khas dan efek warna yang juga khas sehingga apabila ditempelkan pada warna dasar kaos yang tidak tepat malah akan memberikan hasil yang jelek atau tidak maksimal.

Oleh karena itu, anda perlu memahami apa saja bahan kaos yang umum dan juga baik digunakan untuk mendapatkan hasil sablon yang maksimal sehingga dapat anda persiapkan terlebih dahulu serta tidak asal-asalan dalam menentukan bahan kaos.

Beberapa bahan kaos yang tepat untuk disablon antara lain adalah:

  • Katun Combed (Kaos Cotton Combed) apapun gramasinya,
  • Katun Kardet (Cotton Carded)
  • Bahan Spandex
  • Katun Bambu

Untuk mempermudah anda dalam memilih jenis sablon terbaik, kali ini akan kami berikan 18 daftar tinta sablon yang dapat anda gunakan pada kaos sehingga tetap awet dan tahan lama serta tidak cepat retak, lepas, atau rusak.

Jenis-jenis sablon tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sablon Rubber

jenis-sablon-rubber
sumber gambar: pusatkonveksi.com

Jenis sablon pertama yang akan kami bahas adalah sablon rubber yang memiliki tingkat lekatan yang baik pada bahan kaos, serta sifatnya yang elastis membuat sablon jenis iin sebagai salah satu jenis sablon terbaik, dan termasuk bahan tinta sablon yang termurah.

2. Sablon Plastisol

jenis-sablon-plastisol
sumber gambar: nvnkonveksi.com

Sablon jenis plastisol akan memberikan efek warna cerah serta memiliki beragam pilihan warna tinta sehingga bisa disesuaikan dengan warna dasar kaos, dan bahkan telah menjadi sablon yang digunakan sebagai standar internasional, sehingga layak menjadi jenis sablon terbaik untuk anda coba.

Sayangnya, sablon jenis ini tidak tahan panas dalam artian sablon akan mudah mengelupas, sehingga jangan pernah setrika kaos yang menggunakan sablon jenis ini secara langsung di permukaannya, melainkan setrikalah bagian dalam dari kaos tersebut.

3. Sablon DTG

sumber gambar: www.porinto.com

Sablon DTG sering juga disebut metode Print DTG karena untuk melakukan proses sablon ini harus menggunakan printer selayaknya melakukan print pada kertas. Karena menggunakan printer, tidak ada batasan warna untuk kaos yang akan dibuat, tidak seperti pada metode sablon yang lainnya. Biasanya, jasa sablon kaos DTG tidak perlu minimum order dan bisa membuat kaos secara satuan. Jika ingin membuat kaos sablon DTG, anda bisa klik disini.

4. Sablon Flocking

jenis-sablon-flocking
sumber: tokopedia.com

Jenis sablon yang satu ini akan menimbulkan efek bulu-bulu halus (flock) pada permukaannya seperti pada beludru, dan juga sablon ini tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan serbuk atau bubuk pewarna.

5. Sablon Glow in the Dark

jenis-sablon-glow-in-the-dark
sumber gambar: sablon.web.id

Seperti namanya, sablon ini merupakan jenis sablon yang dapat menyala di dalam gelap, dan menggunakan fosfor sebagai bahan utama dari tintanya, serta termasuk ke dalam salah satu jenis sablon terbaik apabila dilihat dari tingkat keawetannya.

6. Sablon Discharge

jenis-sablon-discharge
sumber gambar: abyadscreenprinting.com

Jenis sablon yang satu ini termasuk unik dan juga cukup awet, karena sablon jenis Discharge akan mampu meresap ke dalam kain sehingga akan mengubah warna benang yang membentuk kaos tersebut.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menggunakan sablon jenis ini, yaitu kualitas warna yang akan menurun tingkat kecerahannya pada saat sablon meresap, tidak cocok digunakan pada beberapa warna kaos (birum ungu, hijau), dan tidak cocok digunakan pada beberapa jenis kaos.

7. Sablon High Density

sumber gambar: sablonkaos-bandung.com

Sablon jenis ini merupakan kombinasi antara tinta sablon transparan (Straight Up Gloss) dengan tinta sablon jenis Plastisol yang ditimpa di atasnya supaya menghasilkan efek timbul yang terbilang awet dan tahan lama.

8. Sablon Foil

jenis-sablon-foil
sumber gambar: adrotextile.com

Menggunakan lapisan dari kertas logam / Foil, sablon jenis ini dapat memberikan efek warna emas atau perak yang mengkilat sehingga tepat digunakan apabila anda menginginkan hasil yang demikian,, serta sablon jenis ini cukup awet dan tahan lama.

9. Sablon Foam / Puff

jenis-sablon-doam
sumber gambar: fitinline.com

Sablon jenis Foam ini juga dapat memberikan efek timbul seperti pada sablon High Density, dan permukaannya lembut seperti pada busa, serta cocok digunakan untuk semua bahan katun. Kelemahan sablon ini adalah tidak bisa disetrika langsung dan tidak dapat digunakan untuk mencetak warna gradasi.

10. Sablon Pigmen

jenis-sablon-pigmen
sumber gambar: vidogarment.com

Sablon yang satu ini meskipun sudah turun pamornya, tetap banyak dipakai dan digunakan, terutama apabila dipadukan dengan kaos berwarna cerah atau terang. Sablon jenis ini tidak terlalu elastis dan cenderung kaku, serta pada saat luntur akan menyisakan bekas pada kaos.

11. Sablon Glitter

jenis-sablon-glitter
sumber gambar: andalasclothing.co.id

Sablon jenis glitter merupakan sablon yang dapat menimbulkan efek glitter pada warna yang ditimbulkan, serta merupakan salah satu jenis sablon terbaik yang awet dan tahan lama.

12. Sablon Kaviar

jenis-sablon-kaviar-caviar
sumber gambar: kursussablonmakassar.blogspot.com

Jenis sablon Kaviar (Caviar) ini akan dapat memberikan efek timbul seperti bercak-bercak atau seperti butiran-butiran tidak beraturan pada pemukaannya, yang apabila dikombinasikan dengan desain yang tepat akan menghasilkan kaos yang terlihat mewah dan keren saat dikenakan.

13. Sablon Chromicolor

jenis-sablon-chromicolor
sumber gambar: andhiproduction.com

Sabon ini akan dapat memberikan efek warna cerah yang saat diusap akan terlihat menghilang namun beberapa saat kemudian warnanya akan kembali seperti semula, sehingga menjadikan sablon jenis ini sebagai salah satu jenis sablon terbaik dan juga awet yang ada di pasaran

14. Sablon Thermoflex

jenis-sablon-thermoflex
sumber gambar: kaospoloscikunir.com

Sablon yang menggunakan material cutting dan thermo transfer paper ini mampu menghasilkan warna yang terang dan lebih solid dibandingkan beberapa jenis tinta lainnya, serta dapat dibentuk menjadi timbul sesuai keinginan.

15. Sablon Photopia

jenis-sablon-photopia
sumber gambar: Youtube channel Sablon Cikarang

Sablon jenis ini menerapkan konsep serupa dengan Glow in The Dark, tetapi yang membedakan adalah warnanya yang dapat berubah-ubah pada tingkat cahaya yang berbeda-beda layaknya bunglon, dan tentunya harganya sangatlah mahal serta langka tersedia di Indonesia.16.

16. Sablon Polyflex

jenis-sablon-polyflex
sumber gambar: alatsablonmedan.com

Polyflex menggunakan material sejenis sticker vinyl dan memiliki hasil warna yang cerah dan detail serta awet dan juga tahan lama, namun sayangnya tidak dapat mencetak warna gradasi dan juga tidak bisa disetrika secara langsung.

17. Sablon Reflektif

jenis-sablon-reflektif
sumber gambar: gresikkaos.com

Mirip dengan sablon glow in the dark dan Photopia, sablon jenis reflektif merupakan sablon yang dapat memberikan efek berkilau atau menyala, justru pada saat terkena cahaya, baik yang datang dari sinar matahari maupun lampu, dan termasuk ke dalam salah satu jenis sablon terbaik yang awet serta tahan lama.

18. Sablon Aspal (Asphalt)

jenis-sablon-aspal
sumber gambar: universitee.id

Sablon ini, sesuai namanya, memiliki tekstur dan warna yang serupa dengan aspal jalanan, serta dapat memberikan efek timbul pada saat digunakan dan juga cukup tahan lama. Meskipun begitu, pilihan warnanya yang terbatas pada 1 warna saja menjadikan sablon ini minim peminat.

19. Sablon Plasticharge

jenis-sablon-plasticharge
sumber gambar: sablon.web.id

Sablon yang menggunakan bahan dasar minyak campuran antara Plastisol dan Discharge ini mampu menghasilkan kualitas gambar atau desain yang tajam warnanya, dan bisa digunakan pada berbagai warna kaos serta terbilang awet dan juga tahan lama.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis sablon yang belum kami cantumkan pada daftar di atas, akan tetapi ke-19 sablon itu adalah yang paling sering dicari dan juga cukup banyak digunakan di dalam industri konveksi dan sablon.

Tips memilih jenis sablon terbaik untuk kaos

Tentunya beberapa jenis sablon di atas tetap berpeluang memberikan kualitas yang kurang baik, dikarenakan keseluruhan proses sablon itu sangat tergantung pada kualitas tinta atau material sablon yang digunakan, dan juga kualitas kaos yang akan menjadi media untuk menampilkan hasil sablon.

Kualitas tinta yang kurang baik akan memberikan hasil yang kurang maksimal, begitu juga dengan pemilihan bahan kaos polos yang tidak cocok dengan jenis tinta akan dapat mengurangi tingkat keawetan dari sablon yang tentunya akan sangat disayangkan apabila terjadi seperti demikian.

Karenanya, janganlah gegabah dan benar-benar pelajari terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan supaya hasil yang didapat juga akan memuaskan serta tidak mengecewakan atau terkesan membuang-buang uang saja.

Entah anda yang meembuka usaha terkait dengan sablon seperti kaos distro ataupun anda yang merupakan penggemar kaos sablon, sama-sama wajib mengetahui lebih dalam mengenai teknik dan jenis tinta sablon yang beberapa telah kami jelaskan di atas.

Diharapkan daftar 19 jenis sablon terbaik yang kami berikan pada tulisan kami kali ini akan dapat membantu anda dalam menambah informasi ataupun pada proses pengambilan keputusan yang tepat sehingga Anda akan merasa puas dengan hasil serta kualitas yang didapatkan.