8 Jenis Desain Grafis yang Menarik Diketahui

Jenis Desain Grafis

Jenis desain grafis ternyata ada sangat banyak jumlahnya dan merupakan peluang bisnis yang tidak akan mati dalam waktu dekat ini. Desain grafis yang membuat berbagai hal dapat dikomunikasikan melalui gambar, kata, dan warna ini memang adalah salah satu teknik komunikasi terbaik di masa kini. Walau banyak orang yang salah paham bahwa berbagai jenis desain grafis pada akhirnya adalah sama, ternyata sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja jenis dari desain grafis yang ada dan apa yang membedakannya. Sebenarnya satu hal yang pasti berbeda dari setiap jenis desain berbentuk grafis yang ada saat ini adalah teknik yang digunakan untuk membuatnya. Tentu semua orang tidak akan memiliki teknik yang persis sama, sehingga setiap desain yang dihasilkan pun memiliki keunikan tersendiri.

Sayangnya, masyarakat secara umum tidak memahami bahwa desain grafis memiliki banyak jenis yang berbeda. Tidak jarang seorang desain grafis logo diminta untuk mendesain interior dari sebuah ruangan. Hal-hal seperti ini yang menjadi mitos desainer grafis yang mungkin membuat para desainer pun tertawa sendiri. Sebenarnya desainer grafis yang menguasai suatu pekerjaan dari berbagai jenis pekerjaan desain grafis tadi, belum tentu bisa menyelesaikan bentuk desain grafis lainnya. Hal ini yang perlu kamu ketahui. Walau memang tidak salah untuk desain grafis mencoba bidang keahlian lainnya, mengingat perkembangan terus berlanjut dan kamu pun tidak salah menambah keahlian atau mungkin merubah keahlian untuk mendapatkan kemapanan profesi.

8 Jenis Desain Grafis yang Tinggi Permintaan

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis pekerjaan desain grafis yang membedakan mereka dengan keahliannya masing-masing. Bagian berikut ini akan mencoba menjelaskannya dengan lengkap sebagai informasi. Selanjutnya diharapkan kamu dapat memahami bahwa ada sangat banyak desainer grafis dengan keahlian yang berbeda-beda. Jadi kamu dapat menggunakan jasa yang mereka tawarkan sesuai dengan seperti apa jenis desain grafis yang memang kamu butuhkan. Jadi untuk sekarang ini cobalah kamu pelajari dahulu 8 jenis dari desain grafis berikut ini.

1. Desain Grafis Jenis Grafis Bergerak

Jenis desain grafis yang pertama adalah desain yang kamu buat namun bergerak. Tentunya hal ini sudah tidak asing lagi, mengingat saat ini sudah banyak platform yang menyediakan desain bergerak seperti GIF, video, dan animasi. Kebanyakan desainer grafis yang menguasai jenis desain ini memiliki latar belakang perfilman. Namun semakin majunya teknologi membuat semakin banyak juga desainer grafis bergerak yang ditemukan.

2. Desain Grafis untuk Identitas Visual

Identitas visual yang dibutuhkan dalam suatu bisnis sangat penting peranannya. Tidak mungkin suatu bisnis memiliki identitas visual yang tidak menarik target bisnis untuk menggunakan bisnis tersebut. Jadi yang penting adalah identitas visual. Identitas visual ini biasanya dapat berupa logo atau maskot. Dalam proses mendesainnya, kamu harus menentukan seperti apa logo dapat mewakili identitas yang dimiliki oleh bisnis tersebut dengan sebaik mungkin.

3. Desain Grafis untuk Ilustrasi dan Seni

Selain untuk hal-hal yang digunakan secara umum, desain grafis pun ada yang dibuat untuk kepentingan pribadi atau sebagian kelompok saja. Desain grafis jenis ini biasanya digunakan dalam dunia seni. Jadi desain grafis dibutuhkan untuk membuat ilustrasi dalam suatu pagelaran. Ilustrasi tersebut dapat berupa setting atau mungkin kebutuhan perlengkapan properti dari kegiatan seni.

4. Desain Grafis untuk Lingkungan

Selanjutnya, tahukah kamu bahwa desain grafis pun dapat digunakan untuk lingkungan. Saat ini tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan museum yang menggunakan hasil desain grafis sebagai penunjuk arah? Atau pernahkah kamu menemukan bahwa sebagian tempat umum memiliki informasi yang didesain dengan baik dan mudah dibaca. Hal ini dilakukan oleh desainer grafis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan kebermanfaatannya tentu sudah tidak diragukan lagi.

5. Desain Grafis untuk Packaging

Tidak hanya produk yang perlu didesain saat ini, bahkan packaging atau bungkus dan kemasannya saja perlu didesain. Ada banyak produk yang memerlukan desain kemasan dan berakhir menjadi peluang bisnis untuk para desainer grafis. Jenis desain grafis yang satu ini pun diketahui sebagai jenis desain yang paling luas pasarannya dan membutuhkan ciri khas tersendiri dari desainer pada desain yang dibuatnya agar dapat terlihat lebih menonjol dari desain lain.

6. Desain Grafis untuk Pemasaran dan Iklan

Pemasaran dan iklan suatu produk membutuhkan manfaat dari desain grafis untuk membuatnya lebih menarik. Itulah mengapa jenis pekerjaan desainer grafis yang satu ini pun tidak pernah sepi. Berbagai cara dengan mengikuti tren terbaru digunakan untuk menghasilkan pemasaran dan iklan yang maksimal dari suatu produk. Tentu desain grafis yang dibuat untuk memasarkannya tidak bisa main-main, harus dibuat sebaik mungkin dan dapat membuat orang ingin memiliki produk yang dipasarkan.

7. Desain Grafis untuk Publikasi

Pernahkah kamu mendengar istilah digital publishing? Saat ini ada sangat banyak hal yang dipublikasi secara online. Tentu hal ini mencakup juga buku, majalah, katalog, yang harus terlebih dahulu didesain sebelum dipublikasikan. Kamu dapat menggunakan jasa desain grafis untuk publikasi. Hasil pekerjaannya akan membuat hasil publikasi tidak akan mengecewakan.

8. Desain Grafis untuk User Interface

User Interface adalah hal yang digunakan untuk pengguna dapat berinteraksi dengan alat atau aplikasi. Saat ini ada juga desainer grafis yang khusus mendesain hal ini. Tentu sudah semakin berbeda jauh keahlian yang dibutuhkan dalam mendesain user interface. Namun secara dasar tetap nilai estetika atau keindahan juga menjadi fokus dari para desainer user interface.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa saja 8 jenis desain grafis yang memang sedang meningkat permintaannya kini. Seluruh jenis desain grafis di atas tentu memiliki pasarnya masing-masing dan desainernya masing-masing. Kamu pun tentu sudah mengetahui di mana keahlian kamu dari kedelapan jenis desain grafis di atas. Lalu bagaimana jika kamu merasa kamu juga ahli dalam jenis desain grafis lain dan merasa peluang bisnis kamu lebih besar di sana? Tentunya hal ini tidak menjadi masalah. Kamu dapat menambahkan keahlian kamu dan mencoba terus belajar dari melakukan berbagai pekerjaan desain grafis yang berbeda.