Jenis Bahan Stiker yang Bagus dan Tahan Lama

bahan-stiker

Di dalam pembahasan Porinto kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai jenis bahan stiker yang bagus dan tahan lama untuk anda ketahui supaya tidak bingung pada saat akan memilih stiker yang tepat untuk anda.

Stiker sebagai alat promosi dan dekorasi sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak lama, mulai dari yang sederhana seperti stiker logo hingga kepada cutting stiker yang lebih kompleks pembuatannya.

Hal ini sangatlah lumrah dikarenakan stiker memiliki biaya produksi yang murah dan terjangkau ketimbang anda harus mengeluarkan biaya untuk mengecat, misalnya, atau mengeluarkan biaya tukang atau kebutuha dekorasi lainnya.

Selain biaya yang terjangkau, pemasangan stiker juga tergolong lebih mudah dan cepat, serta terbilang praktis karena bisa dipasang begitu saja tanpa menggunakan alat tambahan seperti paku, baut, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, stiker juga memiliki beragam jenis bahan yang sangat beragam mulai dari kualitas, daya tahan, serta kelenturannya yang memang ditujukan untuk penggunaan yang berbeda-beda.

Karena itulah pada artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan selengkapnya mengenai jenis bahan stiker yang memiliki kualitas terbaik sehingga bisa menambah wawasan anda dan juga bisa dijadikan referensi dalam memilih bahan stiker yang akan anda gunakan pada suatu kebutuhan.

Tapi sebelumnya, silahkan anda baca beberapa artikel kami terkait dengan sabllon seperti apa saja jenis sablon kaos manual, kelebihan dan kekurangan sablon kaos polyflex, kemudian daftar bahan kaos terbaik, dan lain sebagainya.

Oracal, Ritrama, dan 3M

jenis-stiker-vinyl
sumber: stikermobilbranding.blogspot.com

Pertama-tama, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai tiga produsen stiker terbesar dan yang paling umum digunakan di Indonesia, yaitu Oracal, Ritrama, dan 3M, mulai dari profil singkat hingga produk unggulan masing-masing.

1. 3M

3M merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat dan merupakan salah satu pionir di dalam industri perekat adhesive dan juga stiker yang menggunakan bahan vinyl, serta memiliki kantor cabang di berbagai negara di dunia.

Tetapi pada perkembangannya, 3M tidak terlalu banyak dipakai oleh orang Indonesia apabila kita berbicara mengenai stiker untuk striping dan decals, kecuali untuk produk Scotchlite nya yang sangat terkenal dan juga pada kebutuhan kaca film untuk jendela mobil dan jendela rumah atau gedung perkantoran.

Scotchlite sendiri adalah jenis bahan stiker vinyl reflektif yang dapat memantulkan cahaya lampu sehingga pada malam hari stiker ini akan terlihat menyala dan karenanya sangat berguna dalam menjaga keselamatan dan juga dapat sebagai penambah aksen dekorasi pada pakaian atau kendaraan.

Beberapa produk unggulan mereka antara lain adalah:

  • Stiker Vinyl Scotchlite
  • Controltac
  • Kaca Film 3M

2. Ritrama

Ritrama merupakan produsen stiker asal Italia yang juga banyak digunakan di Indonesia, dikarenakan varian produknya yang beragam mulai dari yang standar hingga yang ramah lingkungan, dengan grade yang berbeda-beda.

Bahan stiker vinyl yang diproduksi Ritrama juga telah mengikuti standar internasional, yang mana secara umum bahan vinyl untuk stiker itu dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Stiker Vinyl Monomeric, yang dikhususkan untuk permukaan datar saja sehingga tidak elastis,
  2. Stiker Vinyl Polimeric, yang lebih lentur dan bisa digunakan untuk permukaan melengkung,
  3. Stiker Vinyl Cast, yaitu bahan vinyl yang sangat tipis dan berkualitas tinggi, yang umum digunakan untuk kebutuhan branding mobil, striping, dan decal.

Beberapa produk unggulan mereka antara lain adalah:

  • Stiker Ritrama seri 4GL3A (untuk decal kendaraan)
  • Stiker Ritrama seri 4GL3B (untuk bidang datar seperti Billbboard)
  • Stiker Ritrama RI-JET

3. Oracal

Oracal merupakan merk dagang dari perusahaan ORAFOL yang berasal dari Jerman, serta memiliki beragam varian produk stiker yang handal dan sangat berkualitas, dan bisa dibilang merupakan yang terbaik di dalam industri tersebut saat ini.

Sama seperti 3M dan Ritrama, Oracal juga memiliki produk bahan stiker vinyl yang sangat lentur, dan memiliki daya tahan tinggi, serta banyak digunakan untuk beragam kebutuhan mulai dari cetak stiker biasa hingga cetak stiker untuk kebutuhan dekorasi seperti striping atau decal.

Varian produk mereka juga sangat beragam, dan masing-masing biasanya terbagi berdasarkan grade dan kecocokan penggunaannya pada kebutuhan tertentu, seperti grade otomotif untuk kebutuhan striping kendaraan, marine grade untuk stiker pada kapal, dan lain sebagainya.

Beberapa produk unggulan mereka antara lain adalah:

  • Oracal-651, yang banyak digunakan di Indoensia untuk beragam kebutuhan,
  • Oracal 970, yang memiliki kualitas premium di atas 651 dengan kelenturan yang luar biasa baik,
  • Oracal 951, yang juga memiliki kualitas premium,
  • dan banyak lagi yang lainnya.

Sedikit informasi tambahan, Oracal 651 merupakan salah satu yang paling banayk digunakan untuk kebutuhan striping atau decal pada kendaraan, padahal kualitasnya tergolong menengah apabila digunakan untuk itu.

Justru Oracal 970 dan 951 lah yang semestinya lebih mumpuni dan memiliki ketahanan yang lebih baik, kelenturan yang juga lebih baik, serta daya tahan di luar ruangan yang sangat baik dibandingkan 651.

Bahkan Oracal-651 memiliki perekat alias adhesive yang terlalu tajam untuk lapisan cat pada kendaraan, yang mengakibatkan cat bisa terkelupas pada saat stiker dilepas, terutama apabila tidak dilepas dengan hati-hati.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Oracal 970 yang jauh lebih ramah terhadap cat kendaraan, namun tetap dapat menempel dengan kuat dan tahan lama dikarenakan perbedaan grade dan kualitas tersebut.

Tetapi memang perbandingan harganya cukup jauh sehingga Oracal-651 lebih banyak digunakan, sementara Oracal-970 lebih dicari oleh mereka yang memiliki kendaraan mewah dan berasal dari kalangan atas.

Jenis Bahan Stiker yang ada di Pasaran

stiker-vinyl-adalah
Sumber: helloprint.wordpress.com

Umumnya bahan stiker yang tersedia di pasaran itu menggunakan dua jenis bahan saja, yaitu yang berbasis kertas dan juga yang berbasis sintetis atau buatan, dan keduanya memiliki segmentasi dan penggunaan yang berbeda-beda.

1. Bahan Stiker Kertas

Stiker kertas yang menggunakan kertas HVS atau kertas glossy umumnya lebih tepat digunakan untuk kebutuhan penamaan (label), stiker yang untuk dibagikan kepada banyak orang, atau stiker-stiker yang kebanyakan digunakan di dalam ruangan.

Beberapa contoh yang umum dari stiker yang menggunakan bahan kertas ini antara lain adalah stiker HVS, stiker kromo, dan stiker bontax yang memiliki daya rekat tinggi dibandingkan lainnya.

Stiker HVS umum digunakan sebagai label pada buku tulis, kemasan botol, dan lain sebagainya sementara stiker kromo yang menggunakan kertas glossy lebih umum digunakan untuk kebutuhan stiker logo, stiker informasi, atau stiker yang biasa dibagi-bagikan ke banyak orang, dan stiker bontax merupakan stiker yang sangat baik untuk ditempel pada kemasan produk seperti dus, botol, dan sebagainya.

2. Bahan Stiker Sintetis

Bahan stiker sintetis umum digunakan untuk kebutuhan branding, promosi, ataupun kebutuhan striping decal, billboard, dan lain sebagainya, yang dikarenakan bahan stiker ini sangat elastis, anti air, dan warnanya tidak mudah pudar.

Beberapa jenis stiker yang tergolong ke dalam jenis stiker sintetis ini adalah bahan stiker Vinyl dan juga Yupo, yang banyak digunakan meskipun biaya produksinya akan jau lebih mahal dibandingkan yang menggunakan bahan kertas.

Stiker Vinyl sendiri terbagi ke dalam beberapa varian lagi termasuk varian yang dikeluarkan oleh produsen stiker ternama seperti 3M, Ritrama, dan Oracal.

Misalnya stiker Scotchlite keluaran 3M yang banyak digunakan pada jaket tim penyelamat atau pada kendaraan dan marka jalan, termasuk ke dalam bahan stiker vinyl reflektif yang mampu memantulkan cahaya.

Atau ada juga stiker Vinyl monoomeric, polymeric, dan vinyl cast yang sudah kita bahas sebelumnya, yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda dengan karakteristik yang berbeda pula.

Kemudian ada juga jenis stiker vinyl one way yang merupakan stiker yang dapat menghalangi pandangan dari satu sisi namun tidak untuk sisi sebaliknya, dan juga stiker vinyl transparan yang bisa dicetak dua sisi.

3. Bahan Stiker Lainnya

Walaupun umumnya yang banyak digunakan adalah kedua jenis bahan stiker tersbut, namun ada beberapa jenis bahan yang tidak tergolong ke dalam dua-duanya, namun penggunaannya biasanya lebih spesifik.

Misalnya stiker sandblast yang umum digunakan pada kaca pembatas ruangan, yang bisa memberikan efek beku (frosty) yang mana bisa digrafir/diukir sesuai keinginan, kemudian ada pula stiker foil yang terbuat dari bahan aluminium, dan juga bahan stiker yang terbuat dari lapisan film, yang umum disebut sebagai kaca film.

Stiker foil selain berfungsi sebagai dekorasi, juga bisa digunakan pada pakaian sebagai alternatif dari sablon, sementara untuk kaca film penggunaannya lebih banyak pada industri dan juga otomotif.

Kaca film sendiri berfungsi untuk melindungi interior dari sengatan ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari, yang juga akan membuat ruangan terasa adem dan lebih dingin dibandingkan suhu di luar ruangan/

Umumnya kaca film digunakan pada jendela kendaraan, yaitu sedikit untuk bagian depan, dan penuh pada bagian samping serta bagian belakang dari mobil, atau bisa juga digunakan sebagai pelapis bagian visor dari helm, serta sebagai pelapis kaca jendela di gedung perkantoran atau perumahan.

Jenis Bahan Stiker Terbaik

cara-pasang-stiker-kaca

Agak sulit untuk menentukan bahan stiker manakah yang terbaik diantara yang lainnya, karena memang kegunaannya yang berbeda-beda sehingga akan sulit dalam menentukan bahan stiker yang satu lebih baik dibandingkan yang lain.

Kalau bicara tentang bahan stiker terbaik di dalam suatu kategori barulah kemungkinan untuk menentukan mana yang terbaik akan bisa sedikit lebih mudah, meskipun nantinya akan tetap ada yang merasa pilihan tersebut kurang tepat.

Misalnya dalam kategori stiker untuk kebutuhan striping atau decal mobil, maka antara stiker keluaran Ritrama dengan Oracal, baik yang seri 651 ataupun 970, bisa dibilang Oracal 970 lah yang terbaik secara kualitas, meskipun Ritrama umumnya menawakan harga yang lebih rendah dengan kualitas yang hampir setara.

Lalu untuk kategori stiker reflektif dan juga kaca film, 3M bisa dibilang lebih unggul dibandingkan Oracal dan Ritrama karena mereka memang pemain yang besar di kategori tersebut dan juga produknya banyak dipakai di masyarakat hingga saat ini.

Kesimpulan

Seperti yang telah kami singgung di atas, memilih bahan stiker yang terbaik adalah sesuatu yang sulit dikarenakan tujuan dan penggunaannya yang berbeda-beda, serta variasi produk dari masing-masing produsen juga sangatlah luas.

Baik setelah dipilah berdasarkan kategori pun, memilih mana bahan stiker yang paling baik di dalam kelompok tersebut pun juga bukan erkara yang mudah dikarenakan banyak ragam dan variasi yang tersedia di pasaran.

Tetapi apabila anda mencari bahan stiker dengan kualitas yang terjamin, maka produk-produk keluaran 3M, Ritrama, maupun Oracal adalah pilihan yang paling baik karena ketiganya memang telah memiliki reputasi sebagi pemain di industri perekat dan vinyl yang berpengalaman dan berkualitas.

Silahkan anda baca beberapa artikel kami yang lainnya terkait dengan stiker dan perangkat promosi lainnya seperti ciri dan karakteristik kertas art carton, kemudian apa pengertian leaflet dan fungsinya, lalu macam-macam jenis tinta sablon, dan banyak lagi artikel lainnya yang bisa anda baca dan pelajari.

Kami harap informasi yang kami berikan mengenai jenis bahan stiker yang bagus dan tahan lama ini bisa anda gunakan sebagai referensi dalam memilih stiker yang tepat untuk kedepannya sehingga anda tidak lagi salah pilih dan menghabiskan biaya secara percuma.