Jenis Bahan Cotton dan Perbedaan Diantaranya

102
jenis bahan cotton

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh sebuah industri Kapas di Negri Kangguru, Australia. Disebutkan bahwa ada sekitar 100 negara yang menanam kapas (sumber: potensilokal.com). Dan apabila semua dari hasil panen digabungkan, maka akan terkumpul sebanyak 40% serat yang bisa diedarkan ke seluruh penjuru dunia. Berbicara mengenai kapas, sebagian orang pasti akan langsung teringat pada serat kain. Yang merupakan hasil olahan dari kapas. Salah satunya adalah jenisĀ  bahan cotton yang dibuat dari bahan baku tanaman tersebut.

Sebagai salah satu produk bahan kaos paling laris dipasaran, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kain cotton atau katun ini, bukan?

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa variasi jenis kain cotton, yang memiliki karakteristik dan bahan pembuatan berbeda? Untuk informasi selengkapnya, maka di bawah ini akan dibahas mengenai perbedaan Cotton Bamboo, Cotton Supima, Cotton Combed dan Cotton Carded.

Berbagai Jenis Bahan Cotton dan Perbedaannya

1. Cotton Bamboo

Terbuat dari bahan baku kapas kualitas premium yang dikombinasikan dengan bambu, maka hadirlah produk kain super, yakni Cotton Bamboo. Di pasaran, jenis katun yang satu ini dibanderol dengan harga mahal, tapi sebanding dengan kualitas yang didapatkan oleh pembelinya. Selain itu, produk dari kain bahan ini umumnya hanya dijual oleh brand besar yang membuka outlet di mall.

Cotton Bamboo memiliki karakteristik tekstur yang halus, lembut dan adem sehingga nyaman sekali saat dikenakan. Selain dapat menyerap keringat secara maksimal, disinyalir produk kain bahan ini juga mampu menghalau perkembangan bakteri di pakaian. Daya serapnya terhadap sinar ultraviolet pun jauh lebih kecill jika dibandingkan dengan jenis Cotton combed.

2. Cotton Supima

Nama Cotton Supima ini merupakan singkatan dari Superior Pima. Yang dalam bahasa Indonesia dapat ditafsirkan sebagai Cotton unggul. Bahan baku kain bahan ini sendiri hanya berasal dari perkebunan Pima yang ada di USA. Dimana kemudian Supima ini menjadi produk andalan sekaligus ciri khas wilayah tersebut.

Beberapa ahli tekstil ternama dunia bahkan tidak ragu mengklaim bahwa jenis Cotton Supima ini merupakan kapas kualitas terbaik yang ada di dunia. Sehingga wajar saja apabila produk kaos dari bahan ini dibanderol dengan harga tinggi di pasaran.

3. Cotton Combed

Pastinya Anda sudah familiar dengan Cotton Combed, bukan? Ya, kain bahan ini memang merajai pasaran produk fashion di Indonesia sehingga tidak asing lagi. Bahan yang satu ini sangat terkenal dengan tekstur lembut saat bersentuhan dengan kulit. Sebenarnya wajar saja, karena proses produksinya memang dilakukan secermat mungkin untuk mendapatkan hasil kain kualitas bagus,

Apabila dibahas secara lebih jauh lagi, sebenarnya Cotton Combed ini masih dibagi lagi menjadi empat jenis. Tapi secara umum, perbedaan hanya terletak pada ketebalan katun dan juga jarak kerapatan benang saat proses pembuatan. Apabila dilihat sekilas, maka semuanya akan tampak sama. Yaitu nyaman dipakai, menyerap keringat dan harganya sangat terjangkau.

Baca juga: Informasi Lengkap Mengenai Kaos Cotton Combed

4. Cotton Carded

Di antara semua varian jenis bahan cotton yang ada, Carded merupakan produk dengan harga serta kualitas terendah. Cotton Carded merupakan hasil replika atau KW dari Combed. Namun meskipun begitu, harganya yang murah tetap membuat produk dari kain bahan ini tetap laris manis di pasaran.

Apabila dilihat dari karakteristik bahan, maka Cotton Carded memiliki tekstur yang agak kasar. Sehingga bisa membuat gerah apabila dilakukan untuk melakukan kegiatan yang menuntut adanya pergerakan. Umumnya produsen yang meluncurkan produk dari kain ini membidik mangsa pasar segmen menengah ke bawah.