Jangan Buang Kaos Polos Kamu! Begini Tutorial Lengkap Wantek Baju Kamu Supaya Kelihatan Seperti Baru

baju berwarna digantung

Bukan menjadi barang baru lagi kalau warna pakaian kamu akan luntur seiring dengan banyaknya siklus cucian selama bertahun-tahun. Hasilnya warna kaos menjadi lebih pudar dan terlihat kusam. Kamu tidak mau kan menggunakan baju yang terlihat kusam. Ada cara yang praktis untuk membuat warna baju menjadi lebih pekat, seperti baru kembali. Kali ini kita akan membahas cara wantek baju dengan menggunakan pewarna kain dengan harga yang sangat terjangkau.

Cara ini mudah untuk kamu praktekkan, apalagi akan kita bahas satu per satu dengan mendetail agar kamu mudah untuk mengikuti setiap tahap pewarnaan dengan sempurna.

Jangan lewatkan setiap tahap yang sudah kita bahas agar mendapatkan kualitas wantek yang baik, dan kamu juga bisa puas dengan hasil ini. Nah penasaran bagaimana tutorial wantek baju lengkap untuk membuat warna baju kembali kinclong? Kita mulai pembahasan dari peratalan yang perlu kamu siapkan.

Simak tips kami lainnya: 19 Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos Yang Awet dan Tahan Lama

Peralatan yang perlu dipersiapkan

Nah, sudah siapkan untuk memulai wantek baju atau jeans kamu yang mulai pudar? Adapun alat penting yang harus ada mulai dari panci, dimana digunakan untuk merebus pakaian kamu dalam proses pewarnaan, sampai sarung tangan, kompor dan peralatan jemuran sambil menunggu wantek kering secara menyeluruh.

Berikut peralatan lengkap yang perlu kamu persiapkan:

  • Panci besar sesuai dengan jumlah baju
  • Kompor
  • Pengaduk dan sarung tangan
  • Air secukupnya
  • Pewarna/wantek
  • Penjepit pakaian dan alat jemuran lainnya
  • Pakaian untuk di-wantek

Kebutuhan panci yang cukup ukurannya menjadi penting agar kamu tidak perlu melakukan rebusan air berkali-kali. Jika terlalu kecil, maka bisa saja selain merepotkan, kamu juga akan menghabiskan lebih banyak gas/minyak tanah, walaupun ada kelebihan tersendiri seperti kamu menjadi lebih mudah mengaduk karena pastinya tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan jumlah pakaian yang lebih banyak.

Tahapan wantek baju

Sudah persiapkan semua peralatan yang kita bahas sebelumnya? Jika sudah, kamu tinggal mengikuti tutorial berikut yang pastinya tidak sulit untuk dilakukan. Namun kamu tetap berhati-hati jika ini adalah pengalaman pertama kamu, karena pastinya hasilnya bisa saja tidak sesuai jika kamu tidak mengaduk wantek dengan sempurna dan proses pengeringan yang terburu-buru. Berikut ulasan kami selengkapnya.

Pilah pakaian yang ingin dikerjakan

Nah, kumpulkan dulu semua baju yang ingin kamu wantek mulai dari kumpulan baju, jeans, dan jangan lupa untuk memisahkan setiap kain yang berbeda warnanya karena nantinya kita akan melakukan wantek untuk satu warna saja. Kain jeans juga harus dipisahkan dengan pakaian biasa, hal ini karena ketebalan kain yang berbeda bisa saja merusak kaos oblong kamu dengan bahan kain yang lebih tipis.

Cuci dulu pakaiannya

Hal yang penting dimana banyak orang meninggalkan tahap ini, padahal mencuci pakaian sebelum wantek sangat penting agar noda tidak menghalangi pewarnaan untuk merata. Karena itulah penanganan terhadap noda sangat penting, cuci dengan menyeluruh terutama terhadap noda minyak, tinta, dan sebagainya.

Siapkan wadah

Kamu tidak boleh mewantek terlalu banyak pakaian di wadah yang kecil karena selain akan merusak baju saat kamu mengaduknya, kamu juga akan sulit untuk meratakan pewarnaan baju karena biasanya nantinya jika terlalu berat, setiap kain akan saling mengikat yang mengakibatkan beberapa bagian yang tidak terekspos dengan baik pada wantek.

Karena itu siapkan wadah yang tepat dengan kompor yang kamu gunakan, dan masukkan jumlah pakaian yang tidak berlebihan terlebih jika kamu mewantek jeans dengan kain yang lebih berat.

Rebus secukupnya dan ratakan

Setelah memasukkan pakaian yang ingin diwantek, masukkan air yang cukup. Kembali lagi, komposisi antara air, pakaian dan panci yang digunakan haruslah sesuai, dimana kamu bisa mengaduk dengan baik, jangan sampai setiap pakaian mengikat satu sama lain karena akan menghalangi ratanya wantek nantinya.

Secara umum, kamu butuh 1 sampai 2 bungkus wantek untuk setiap penggunaan 3 liter air. Tips lain, kamu bisa memasukkan garam sampai 2 sendok makan agar air titik didih air menjadi lebih tinggi. Sehingga kamu bisa mendapatkan suhu didih 100o tanpa air menguap telalu banyak sehingga kamu tidak perlu menambahkan air saat proses perebusan.

Jangan lupa untuk mengecilkan api agar air rebusan bisa merata panasnya sehingga proses wantek menjadi lebih sempurna. Biasanya kamu membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit sampai air mendidih, tergantung dari jumlah pakaian, besar panci dan besar api yang kamu gunakan.

Gunakan pengaduk yang sudah kamu persiapkan untuk meratakan wantek secara menyeluruh ke pakaian. Kamu tidak perlu mengaduk terlalu banyak, cukup beberapa kali saja, karena itu penting untuk tidak merebus pakaian terlalu banyak karena akan lebih sulit dan membuat kain saling mengikat dan mengganggu meratanya wantek ke seluruh bagian pakaian.

Jangan lupa sarung tangan

Dalam melakukan proses wantek ini, wajib halnya untuk memakai sarung tangan karena wantek sangat sulit untuk dihilangkan jika terkena kulit kamu. Selain itu kamu juga lebih baik untuk menyiapkan sarung tangan yang lebih tebal agar kamu bisa lebih terhindar dari panas mulai dari panci sampai uap air saat kamu mengangkat pakaian.

Angkat dan bilas

Buang setengah air setelah selesai rebus menggunakan sarung tangan yang cukup tebal seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Hal ini dilakukan agar panci lebih cepat mendingin sehingga kita bisa mengangkat kain sesegera mungkin. Kamu bisa menambah air setelah menguras setengahnya, agar kain bisa mendingin dengan lebih cepat.

Yang perlu kamu hindari adalah membuang semua air rebusan dalam panci, karena kain akan cepat rusak selain terkena panci yang panas, juga karena pendinginan dari udara yang terlalu cepat.

Setelah itu bilas kain untuk menghilangkan bekas wantek yang tersisa pada kain. Kamu lebih baik terus mengulang untuk mencuci kain setelah proses wantek sampai baju kamu benar-benar bersih karena sekali lagi wantek sangat kuat menempel sehingga sisa wantekpun cukup sulit untuk dibersihkan.

Kamu bisa cukup tenang karena setelah proses rebusan tadi, warna wantek pada baju kamu tidak akan mudah untuk pudar.

Keringkan dan setrika

Setelah semua proses tadi, kamu masih perlu menjemur pakaian hasil wantek untuk menghilangkan aroma menyengat dari wantek. Pastikan sinar matahari mengenai langsung baju kamu untuk memastikan proses oksidasi yang sempurna.

Agar sempurna, kami menyarankan untuk menyetrika pakaian hasil wantek untuk memperkuat warna wantek untuk menempel pada baju.

Kesimpulan

Mudah bukan? Yang perlu kamu perhatikan adalah saat mewantek sweater sampai baju brokat yang memiliki bahan lebih sensitif. Disini kamu harus memperhatikan panas dan proses pengadukan yang lebih baik. Tipsnya kamu bisa memasukkan jumlah baju yang lebih sedikit pada panci dengan volume air yang lebih banyak dibandingkan dengan wantek pakaian berbahan kaos atau jeans.

Selain itu, kamu perlu tahu kalau semua bagian baju akan diwarnai sama dengan wantek yang kamu gunakan. Jadi perhatikan warna kerah, kantong atau bordir yang biasanya berbeda, karena akan bercampur dengan warna wantek yang kamu gunakan.

Wantek ini berguna untuk membuat pakaian kamu seperti kaos oblong sampai dengan jeans memiliki warna selayaknya baru, lebih cemerlang dan pekat. Jadi kamu tidak perlu membuang banyak pakaian yang kamu punya karena warnanya yang mulai pudar, apalagi harga wantek sendiri yang sangat terjangkau.