Tertarik Bisnis Online? Inilah Cara Dropship di Tokopedia!

156

Sejalan dengan tingginya pengguna internet, bisnis online kian diminati. Ketimbang berjualan di toko konvensional yang memerlukan budget besar untuk operasional, bisnis online dipilih banyak masyarakat karena minim modal dan cocok untuk para pemula yang baru mempelajari bisnis.

Selain membuka toko online secara mandiri, alternatif lainnya adalah bergabung dengan marketplace. Salah satunya Tokopedia, marketplace terpercaya di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2009. Adapun, syarat berjualan sangatlah mudah termasuk melakukan cara dropship di Tokopedia yang memungkinkan Anda dapat berbisnis tanpa mengeluarkan modal.

Apa Itu Dropship?

Sebelum lebih jauh, mari kita mengenal apa itu dropship. Berbeda dengan reseller, dropship memungkinkan Anda untuk menjual aneka produk dari produsen atau supplier  tanpa harus memiliki stok barang dan melakukan pengiriman.

Di sini, Anda selaku penjual cukup memajang foto-foto produk dari supplier  di situs marketplace. Saat ada pembeli, Anda pun hanya tinggal meneruskan pemesanan pada pihak supplier  dengan mengirimkan data-data pembeli seperti nama, alamat, nomor telepon serta jumlah pesanan. Langkah selanjutnya, supplier  pun akan mengirimkan barang secara langsung ke pelanggan Anda.

Cara Menemukan Produk Dropship Terbaik

Sebelum mengetahui cara dropship di Tokopedia, tentunya Anda harus menemukan produk dropship unggulan sehingga meningkatkan peluang sukses. Adapun, trik di bawah ini bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier dan produk dropship terbaik.

Tentukan Produk untuk Anda Jual

Langkah pertama adalah menentukan produk untuk Anda jual. Sebaiknya, pilihlah produk yang bersifat sustainable untuk memperbesar peluang dalam berjualan dan hindari memilih produk yang sifatnya seasonal seperti perlengkapan natal atau batu akik.

Di sini, Anda bisa memilih produk dengan tingkat minat yang tinggi, seperti pakaian, sepatu, smartphone, perlengkapan elektronik ataupun otomotif. Namun, selalu pastikan bahwa Anda menjual produk yang legal, misalnya smartphone yang dijual secara resmi di Indonesia dan bukan black market.

Fokus Dalam 1 Sektor Bisnis

Untuk Anda para pemula, baiknya Anda fokus dalam 1 sektor bisnis untuk memaksimalkan brand awareness di mata pelanggan. Jika Anda menjual banyak produk di banyak kategori, hal ini akan menjaring lebih banyak kompetitor dan mempersempit kesempatan Anda untuk memenangkan persaingan di Tokopedia.

Pilih Produk Sederhana

Sebagai dropshipper pemula, sebaiknya Anda memilih produk yang sederhana dalam pengiriman. Hindari berjualan produk dengan risiko kerusakan yang tinggi seperti perlengkapan elektronik berukuran besar, alat-alat bangunan ataupun perlengkapan otomotif besar. Disarankan, Anda menjual produk-produk yang sederhana seperti bahan makanan dan minuman, produk fashion, smartphone dan aksesorisnya, perlengkapan elektronik mini ataupun kosmetik.

Pilih Supplier Terbaik

Melalui Tokopedia, Anda bisa mencari supplier  terbaik melalui ribuan penjual dari berbagai kategori. Cara termudah, lakukan filter pencarian dengan klik badge Gold Merchant untuk menemukan penjual dengan reputasi tinggi berdasarkan jumlah penjualan, kepuasan pelanggan dan keseriusan dalam melakukan penjualan di Tokopedia.

Di sini, Anda bisa menjalin kerjasama dengan supplier  yang menyediakan penjualan grosir. Anda bisa mengirimkan pesan pada supplier  tersebut dan melihat tanggapannya. Jika tanggapan diberikan secara cepat dan positif, Anda bisa melanjutkan kerjasama.

Tak lupa, Anda pun wajib memastikan bahwa calon supplier  menawarkan harga paling rendah ketimbang penjual lainnya, memberikan komisi yang jelas, memiliki produk berkualitas tinggi, ketersediaan stok barang yang melimpah, memiliki syarat pengembalian dan garansi yang jelas, serta berlokasi dekat dengan pasar misalnya di kawasan Jabodetabek.

Manfaatkan Situs Pencarian Google

Jika Anda sudah menemukan produk dan supplier  yang tepat, Anda bisa memanfaatkan situs pencarian Google untuk mencari niche yang tepat dan meneliti pesaing dropship lainnya. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat frekuensi pencarian dari sebuah keyword dalam satu bulan atau menggunakan layanan Google Tren jika Anda tertarik menjual barang-barang yang sedang menjadi tren di sebuah negara.

Perhatikan Tokopedia Hot List

Sebelum menjadi dropshipper di Tokopedia, sebaiknya Anda memperhatikan informasi Tokopedia Hot List yang berada di homepage. Pada daftar ini, Anda bisa melihat daftar penjualan paling laris di Tokopedia dalam satu sesi berikut harga terendah dari kategori produk tersebut.

Panduan dan Cara Dropship di Tokopedia

Jika Anda sudah menemukan produk dan supplier  yang tepat, Anda bisa melangsungkan praktik berjualan. Nah, berikut ini terdapat panduan dan cara dropship di Tokopedia yang bisa Anda lakukan:

Registrasi Akun Tokopedia

Untuk melakukan cara dropship di Tokopedia, pertama-tama Anda wajib membuat akun terlebih dahulu. Silahkan klik tombol registrasi dan masukkan nomor telepon Anda. Jika ingin lebih simple, Anda bisa mendaftar dengan akun Facebook atau Google.

Jika sudah, silahkan lanjutkan proses registrasi dengan memasukkan nama lengkap, nomor hp, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email, pasword dan klik tombol bergabung. Langkah terakhir, periksa email Anda dan lakukan verifikasi dengan klik tombol aktivitasi.

Cara Membuka Toko di Tokopedia

Jika proses pendaftaran sudah sukses dilakukan, saatnya Anda membuka toko online di Tokopedia. Pertama, buat domain nama toko online Anda lalu isi informasi toko seperti Nama Toko, Slogan dan Deskripsi. Di langkah selanjutnya, Anda bisa mengisi metode pengiriman yang diinginkan, pilihan dukungan pembayaran dan klik buka toko untuk mengaktifkannya.

Cara Menambahkan Produk di Tokopedia

Selanjutnya adalah cara menambahkan produk. Untuk memulainya, silahkan klik tombol tambahkan produk dan isi deskripsi dari produk yang Anda jual seperti nama produk, kategori, minimum pemesanan, harga, berat produk per satu buah, gambar, dukungan asuransi, kondisi dan kebijakan pengembalian barang. Lalu, silahkan klik simpan dan iklan Anda bisa dilihat oleh semua pengguna Tokopedia.

Sebaiknya, upload foto produk dengan tampilan yang menarik, Anda bisa meminta foto resmi dari supplier bersangkutan atau membuat foto sendiri dengan angle yang sedap di pandang mata.  Selain itu, berikan judul yang ramah SEO, dimana penggunaan kata kunci bisa Anda peroleh dari Google Keyword Planner.

Untuk produk bernilai tinggi seperti smartphone, pastikan Anda mengaktifkan layanan asuransi dan perihal kebijakan pengembalian barang bisa Anda diskusikan dengan supplier, misalnya untuk produk cacat, pengiriman produk tidak sesuai pesanan ataupun produk yang hilang saat pengiriman.

Manfaatkan Layanan TopAds Produk

Jika produk yang Anda tawarkan memiliki tingkat persaingan yang tinggi, Anda bisa memanfaatkan layanan TopAds Produk dari Tokopedia. Layanan ini memungkinkan produk Anda berada di jajaran atas sehingga memudahkan konsumen untuk melihatnya, layanan ini terbagi dua yakni Iklan Grup untuk mengiklankan hingga 300 produk dalam 1 grup dan menambahkan kata kunci pencarian ke dalam grup, serta Iklan Tanpa Grup jika Anda ingin mengiklankan 1 produk secara spesifik.

Berjualan dengan Fitur Premium

Selain TopAds, Anda pun bisa menggunakan fitur premium lain dari Tokopedia seperti Gold Merchant. Melalui fitur ini, toko online Anda akan terlihat lebih profesional dan memungkinkan Anda untuk menggunakan banyak tools sehingga lebih mudah dalam mengoptimalkan penjualan. Jika tertarik dengan fitur premium ini, Anda akan dibebankan biaya langganan sebesar Rp150.000 per bulan.

Untuk menjalankan cara dropship di Tokopedia, Anda bisa melakukan langkah-langkah diatas. Jadi, sudah siapkah Anda untuk sukses dengan berjualan online?

Untuk mendapatkan tips lainnya, bisa lihat di blog.porinto.com

Untuk print dan dropship kaos dengan design anda, bisa di Porinto