6 Fungsi Stiker dalam Marketing yang Wajib Diketahui

sejarah-stiker
Sumber: Akun Twitter @stickermule

Berbicara mengenai stiker, tentunya banyak dari anda yang sudah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan stiker tersebut, namun terkadang masih banyak pula yang belum paham apa saja kegunaannya terutama dalam kegiatan pemasaran dan promosi suatu merek.

Karenanya, kami akan mengupas secara rinci apa saja fungsi stiker yang wajib untuk anda ketahui, terutama perannya di dalam memperkenalkan merek dari produk yang anda tawarkan di mata calon pelanggan, dan meningkatkan nilai dari suatu merek secara keseluruhan.

Tapi sebelumnya, kami akan singgung sedikit mengenai apa itu stiker dan asal usulnya, serta apa saja jenis stiker dan ragam ukurannya yang ada di pasaran, serta beberapa alasan utama mengapa anda perlu menggunakan stiker sebagai salah satu alat promosi.

Definisi Stiker dan Asal-Usulnya

fungsi-stiker-vinyl

Stiker merupakan perangkat promosi yang serupa dengan label, yang memiliki perekat (adhesive) di bagian belakangnya, sehingga dapat dengan mudah ditempelkan dimanapun anda inginkan, yang tidak melanggar peraturan atau Undang-undang dari Negara Republik Indonesia.

Penggunaan stiker konon kabarnya telah digunakan sejak jaman mesir kuno, yang tentunya bentuknya berbeda dengan stiker modern jaman sekarang, dan pada saat itu umumnya digunakan untuk menempelkan harga suatu komoditas di pasar, yang akan diganti setiap harinya.

Stiker semi modern pertama kali muncul dalam bentuk perangko buatan Sir Rowland Hill pada tahun 1839, yang sudah mulai menerapkan penambahan lapisan adhesive di bagian belakang suatu kertas.

Kalau untuk kebutuhan pemasaran dan promosi sendiri, stiker label sudah digunakan sejak tahun 1880 di Eropa, yang menambahkan lapisan bernama “gum paste” pada bagian belakang kertas warna-warni, dan ditempelkan pada buah-buahan yang mereka jual supaya terlihat menarik di mata pembeli.

Jenis Stiker dan Ukurannya

jenis-stiker
Sumber: jakprints.com

Ada beberapa jenis stiker yang umum anda temukan apabila memesan pada jasa printing atau percetakan, yang masing-masing akan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, antara lain adalah:

  1. Stiker Kertas HVS, jenis stiker yang satu ini cukup umum digunakan karena harganya yang murah, umum digunakan sebagai stiker label pada kemasan makanan dan minuman, daya rekatnya kuat, namun mudah luntur dan pudar sehingga tidak cocok untuk penggunaan luar ruangan.
  2. Stiker Vinyl, jenis stiker yang menggunakan bahan vinyl yang lentur dan umumnya kuat ditempatkan di luar ruangan (outdoor), tidak mudah sobek, tidak meninggalkan bekas, namun harganya lebih mahal dibandingkan stiker yang menggunakan bahan kertas seperti HVS.
  3. Stiker Kromo, jenis stiker yang terbuat dari bahan kertas namun memiliki ketahanan yang baik serta harga yang murah, sehingga sering menjadi alternatif apabila anda tidak memiliki anggaran untuk mencetak stiker vinyl, namun umumnya akan menyisakan bekas pada saat dikelupas.
  4. Stiker Foil, jenis stiker yang menggunaan bahan kertas aluminium foil yang berkilau, umumnya tersedia dalam warna perak atau emas, yang bisa menimbulkan kesan mewah serta elegan, yang juga umum digunakan sebagai alternatif sablon kaos (dengan nama Polyflex).
  5. Stiker Scotchlite, jenis stiker yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya, sehingga akan terlihat menyala apabila terkena pancaran sorot lampu mobil atau motor, yang umum digunakan pada jaket petugas penyelamat dan sebagainya.
  6. Stiker One Way, jenis stiker yang bisa ditempel pada kaca dan hanya akan tampak pada satu sisi saja, sementara di sisi lainnya tidak akan mengjalangi pandangan anda apabila ingin melihat ke sisi lainnya.

Untuk ukuran stiker sendiri sangatlah beragam, dan biasanya disesuaikan dengan tujuan penggunaannya serta dimensi media yang ingin ditempelkan stiker tersebut. Namun, kami akan berikan beberapa ukuran standar yang biasa digunakan, antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk kebutuhan label kemasan, biasanya bentuknya berupa lingkaran atau persegi, dengan ukuran diameter 1,5cm atau 1,5x15cm apabila bentuknya segi empat, hingga ukuran diameter 7cm atau 7x7cm,
  2. Untuk kebutuhan label pada buku, atau pada inventaris, umumnya ukuran stiker yang digunakan mulai dari 1,8 x 5 cm hingga ke ukuran 3,7 x 7,5 cm, namun biasanya sudah ada kode-kodenya tersendiri untuk masing-masing ukuran.
  3. Untuk stiker cutting pada kendaraan tidak ada ukuran yang pastinya, karena akan tergantung pada tipe dan merk kendaraan anda, namun untuk stiker yang ditempelkan pada kaca mobil umumnya menggunakan ukuran persegi mulai dari 4 x 6 cm hingga 9 x 13 cm.

Fungsi Stiker

jenis-stiker-yang-ada

Selanjutnya kami akan beralih kepada pokok utama pembahasan kali ini, yaitu mengenai apa saja fungsi stiker terutama di dalam kegiatan promosi dan pemasaran, dan apakah masih relevan digunakan di era digital seperti sekarang ini.

Beberapa fungsi serta kegunaan dari stiker di dalam marketing dari suatu brand yang wajib untuk anda ketahui antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pemberi Informasi

Stiker dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk memberikan informasi tambahan bagi pelanggan anda, dan juga dapat digunakan untuk menyoroti informasi utama yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya peningkatan penjualan atas produk atau jasa yang anda tawarkan.

Hal-hal seperti detail kontak, harga, dan detail produk / layanan utama semuanya termasuk ke dalam fungsi stiker yang dapat membuat stiker tersebut lebih terlihat oleh calon pelanggan, terutama apabila anda menggunakan desain yang kreatif dan menarik.

2. Alat Promosi dengan Biaya Murah

Biaya produksi stiker tentunya relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan brosur atau flyer, dan bahkan apabila desain stiker anda menarik malahan bisa ditempelkan dengan sukarela oleh mereka yang menerima stiker dan tentunya akan berguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi, tanpa perlu membayar biaya tambahan sepeser pun.

Ketika anda membuat strategi pemasaran, maka anggaran adalah hal yang harus dipertimbangkan. Pencetakan stiker umumnya harganya jauh lebih murah dibandingkan alat pemasaran lainnya seperti iklan TV, iklan banner, iklan Google, dll. namun bisa memiliki efektifitas yang lebih.

Anda bahkan bisa mencetak dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk menguji apakah diterima dengan baik atau tidak oleh calon pelanggan, baru kemudian silahkan anda putuskan akan mencetak dalam kuantitas besar atau tidak.

3. Alat Promosi dengan Beragam Ukuran

Tidak ada batasan ukuran pada stiker yang ingin anda cetak, sehingga akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi dan pemaaran dari merek produk atau jasa yang anda tawarkan, yang tentunya akan lebih fleksibel.

Mulai dari stiker kaca mobil yang ukurannya kecil, hingga yang meliputi keseluruhan bagian kaca menggunakan stiker jenis one-way, hingga kepada cutting stiker untuk keseluruhan body mobil atau motor yang tentunya akan sangat menarik perhatian dari target konsumen yang anda sasar.

4. Sebagai Pelengkap Alat Promosi Lainnya

Fungsi stiker lainnya adalah sebagai pelengkap dari alat promosi lainnya yang juga anda gunakan, misalnya company profile, brosur, flyer, souvenir, dan lain sebagainya, yang biasanya akan dibagi-bagikan di dalam satu goodie bag.

Anda bisa membuat tema desain yang sama antara alat promosi yang anda gunakan, dan bisa dipastikan yang akan lebih mungkin untuk disimpan dan bahkan digunakan adalah stiker, terutama apabila desainnya menarik, karena memang banyak yang memiliki hobi menempel stiker di berbagai media, misalnya kaca mobil, buku, atau kulkas.

5. Alat Promosi yang Tahan Lama

Terutama apabila anda mencetak stiker dengan menggunakan bahan yang awet dan tidak mudah luntur seperti Vinyl, baik itu Oracal,atau Ritrama, ataupun merek lainnya, maka stiker yang sudah ditempelkan oleh target pelanggan anda akan jarang untuk dilepas, terutama apabila kondisinya tetap baik dan tidak pudar.

Karenanya, selain desain, isi atau konten dari stiker tentunya juga perlu anda perhatikan dan pertimbangkan, supaya target pelanggan anda akan lebih tertarik untuk menempelkannya di media pilihan mereka.

Jangan hanya membuat stiker dengan nama merek saja, kecuali kalau anda anggap nama merek ayng anda tawarkan terkesan unik dan bisa terlihat keren untuk mereka tempel, tapi buatlah stiker yang menambah nilai seperti pesan peringatan yang disampaikan secara humor, atau hal-hal lainnya.

6. Memancing Call-to-Action

Call-to-Action atau yang umum disebut sebagai CTA merupakan pesan kalimat atau kata-kata yang dapat mengundang pembacanya untuk bergerak membeli atau memakai produk atau jasa yang anda tawarkan, dan salah satu fungsi stiker yang bisa anda manfaatkan adalah menjadikannya sebagai media berisikan pesan CTA tersebut.

Kata-kata seperti “Diskon 90% semua barang” atau “Beli 1 Gratis 1” pada stiker yang anda tempelkan pada kemasan produk dengan tulisan yang cukup terbaca dari jauh akan dapat membantu untuk menarik minat mereka yang melihatnya.

Tentunya isi dari kata-kata atau pesan CTA itu akan tergantung dari kebutuhan dan tujuan yang anda harapkan, yang pastinya akan disesuaikan dengan desain dan juga jenis barang atau jasa yang anda tawarkan.

Kesimpulan

Fungsi stiker di dalam kegiatan pemasaran dan promosi masihlah krusial dan juga masih sangat layak untuk anda coba di dalam menjual serta memperkenalkan produk atau jasa anda kepada calon pelanggan.

Selama anda mendesain stiker tersebut dengan kreatif dan unik atau menarik di mata target demografi pelanggan anda, atau memberikan nilai lebih yang akan dapat memancing penerima stiker untuk menempelkannya, atau berisikan pesan CTA yang dapat membantu meningkatkan penjualan, maka stiker bisa sangat efektif untuk anda coba gunakan.

Biayanya yang murah juga sangat menjadikan stiker sebagai salah satu alat promosi yang terjangkau dan bisa anda cetak dalam kuantitas banyak, sehingga akan dapat menjangkay target pelanggan yang lebih luas lagi.

Tidak hanya itu saja, apabila anda menggunakan bahan stiker yang tahan lama, maka akan semakin lama pula daya guna dari stiker tersebut, karena akan semakin lama pula stiker tersebut menempel pada media pilihan mereka yang menempelnya, yang tentunya akan sangat baik bagi pemasaran merek dari produk atau jasa anda.

Untuk menambah wawasan anda seputar stiker, baca juga artikel kami lainnya seperti apa saja manfaat stiker sebagai alat promosi, apa saja kelebihan stiker sebagai media promosi, apa definisi dan kegunaan stiker vinyl,  kemudian tips dan cara desain stiker, dan beragam artikel marketing serta branding lainnya.

Kami harapkan penjelasan yang kami berikan mengenai fungsi stiker ini akan dapat membantu anda memahami kegunaan stiker dan apa perannya di dalam aktivitas marketing dan branding yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan anda.