Desain Poster Kesehatan yang Menarik Dipandang

149
Desain Poster kesehatan

Poster adalah salah satu media atau cara untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. beberapa lembaga kesehatan juga menggunakan desain poster kesehatan sebagai media untuk informasi. Karena semua fungsinya, penggunaan poster lebih memiliki manfaat yang positif dan memiliki nilai fungsi yang lebih tepat.

Salah satu bidang yang menyampaikan pemberitahuan, promosi, pengumuman dan berbagai hal lainnya, yang lebih banyak menggunakan poster sebagai media berbagi informasi dan ilmu adalah bidang kesehatan. Jika anda mungkin ingin membuat poster tentang kesehatan dengan tema tertentu, berikut ini beberapa contoh yang bisa anda gunakan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Poster Kesehatan

1. Tujuan atau Sasaran Pembuatan Poster

hal ini adalah hal awal yang harus anda pastikan, bahkan sebelum anda membuat poster. Tentukan sasaran poster anda, apakah di lingkup pendidikan atau di lingkup kesehatan sendiri atau di lingkungan masyarakat. Kemudian tentukan ditujukan kepada siapa poster anda tersebut, kepada orang dewasa, anak – anak, lanjut usia atau masyarakat sekitar.

Penentuan tujuan atau sasaran poster adalah untuk memastikan bahwa apa yang ingin anda sampaikan diterima dengan baik oleh pembaca. selain itu poster yang anda buat benar – benar memiliki efek dan pengaruh pada kehidupan pembaca sesuai tujuan di buatnya poster tersebut.

2. Tempat Pemasangan Poster Kesehatan

Poster kesehatan tidak hanya untuk dipasang di rumah sakit atau di dinas kesehatan saja, poster kesehatan juga bisa di letakkan ditempat lain seperti di lingkungan kerja, di lingkungan sekolah, di rumah – rumah penduduk bahkan di pinggir jalan.

Kenapa poster kesehatan bisa dipasang di sembarang tempat? Karena desain poster kesehatan pada dasarnya adalah sebuah ajakan atau informasi tentang kesehatan untuk semua orang dengan tujuan memberikan pengetahuan baru kepada pembaca tentang ilmu kesehatan.

Untuk poster kesehatan yang dipasang di sekolah – sekolah biasanya bertujuan untuk menarik siswa atau siswi di sekolah tersebut untuk lebih peduli pada kesehatan masing – masing individu maupun lingkungan. Poster di lingkungan sekolahan biasanya lebih banyak menggunakan gambar dan tulisan – tulisan yang menarik.

Namun, berdasarkan syarat pembuatan poster anda harus tetap mempertimbangkan target yang anda tuju sebelum pembuatan desain dan percetakan poster dilakukan. Jangan lupakan juga ukuran poster kesehatan yang akan anda cetak.

3. Sasaran Poster

Poster secara umum memang ditujukan untuk kalangan umum, namun beberapa jenis poster kadang dibuat khusus untuk kalangan tertentu. Misalnya poster kesehatan yang dipasang di sekolah sekolah dasar. Jika anda membuat poster untuk dipasang di sekolah tentu pembaca utamanya adalah anak – anak.

Jika yang membaca adalah anak – anak di tingkat sekolah dasar, lebih baik anda mendesain poster dengan gambar yang menarik. Gambar yang mampu menimbulkan imajinasi anak – anak sehingga poster anda mudah dimengerti oleh mereka.
Jangan membuat poster dengan banyak kalimat untuk dipasang di sekolah dasar, karena tidak semua anak sekolah dasar mampu memahami kalimat yang disampaikan melalui poster. Oleh karena hal tersebut, penggunaan gambar adalah pilihan terbaik untuk poster kesehatan yang dipasang di sekolah dasar.

Lain halnya jika anda membuat poster untuk dipasang di lingkungan kampus, anda dapat meminimalkan penggunaan gambar dan meningkatkan penggunaan tulisan. Karena para remaja dan dewasa sudah mampu mengevaluasi dan mengedukasi makna yang disampaikan melalui poster tersebut.

Pembuatan desain poster kesehatan secara umum identik dengan organ – organ tubuh manusia, namun sebenarnya anda bisa menggunakan gambar – gambar lain yang lebih menarik. Terutama jika poster tersebut ditujukan untuk anak – anak. Anda juga lebih baik menggunakan permainan warna yang mencolok sehingga menarik minat pembaca.