Desain Kop Surat Perusahaan yang Profesional

76
Cetak Kop Surat Perusahaan

Desain kop surat perusahaan adalah salah satu bagian penting pada sistem surat menyurat yang juga menunjukkan legalitas dari perusahaan tersebut. Keberadaan kop surat merupakan tanda bahwa secara resmi surat menyurat yang dilakukan memiliki legalitas yang dinaungi oleh perusahaan.

Kop surat ini ternyata masih belum dimiliki oleh banyak perusahaan. Padahal kegunaannya sangat penting seperti dijelaskan sebelumnya. Karena kop surat digunakan sepenuhnya dalam keperluan pekerjaan dan bisnis, maka tentu ada nilai professional yang harus ditunjukkan. Lalu bagaimana kamu dapat membuat desain kop surat perusahaan agar tetap terlihat professional?

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai cara membuat desain kop surat perusahaan yang professional ini, sebelumnya mari pelajari terlebih dahulu apa saja yang dapat dimengerti terkait kop surat.

Apa itu kop surat? Kapan Digunakan? Apa Fungsinya?

Suatu kop surat adalah suatu identitas yang dapat kamu temukan di bagian atas surat yang dikeluarkan oleh suatu organisasi, lembaga, ataupun perusahaan. Keberadaan kop surat ini digunakan tentu pada surat keluar dari lembaga dan membuatnya menjadi bagian dari kepala surat tersebut.

Terkait dengan fungsi, kop surat perusahaan memiliki fungsi sebagai identitas. Hal ini berguna untuk penerima surat lebih mengetahui mengenai pengirim surat melalui berbagai informasi yang tertera pada kop surat tadi. Itulah mengapa kamu perlu membuat kop surat perusahaan dengan informasi yang jelas sekaligus juga tetap terlihat professional.

5 Cara Membuat Desain Kop Surat Perusahaan

Selanjutnya yang perlu kamu ketahuilah apa saja cara membuat desain kop surat perusahaan tetap professional ini melalui infomasi di bawah ini.

1. Berikan Informasi Selengkap Mungkin

Fungsi dari kop surat perusahaan seperti dijelaskan sebelumnya adalah sebagai identitas dari pengirim surat. Itulah mengapa dalam mendesain kop surat perusahaan kamu perlu menempatkan informasi selengkap mungkin dalam kop surat tersebut. Jangan sampai tidak ada informasi yang cukup pada kop, hanya karena kamu mendesain terlalu berlebihan.

2. Ukuran Kop Surat Harus Ideal

Selain itu, perhatikan juga ukuran kop surat yang kamu desain. Kop surat yang professional dan benar tentu tidak akan menutupi space untuk isi surat. Jadi perhatikan setiap kop surat yang kamu desain harus disesuaikan dengan ukuran kertas. Tentunya kamu harus membuat kop tersebut dalam beberapa ukuran yang berbeda berdasarkan ukuran kertasnya.

3. Tambahkan Logo Perusahaan pada Kop Surat

Kamu juga harus menambahkan logo perusahaan pada kop surat. Hal ini penting karena memang logo termasuk salah satu identitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Jadi pastikan untuk selalu menyiapkan tempat khusus pada kop surat dan menempatkan logo pada tempat tersebut.

4. Kop Surat Harus Menarik

Tentu jika berbicara tentang desain kamu tidak bisa tidak menganggap nilai menarik dari desain tersebut. Tentunya kamu pun dapat membuat desain kop surat dengan packaging yang menarik dan efektif sesuai fungsinya. Kop surat perusahaan pun perlu untuk didesain dengan menarik dan membuat informasi dari kop surat ini tidak sia-sia disampaikan.

5. Manfaatkan Kop Surat sekaligus sebagai Iklan

Terakhir, selain berfungsi sebagai identitas kamu juga dapat memanfaatkan kop surat dari perusahaan kamu ini sebagai iklan dari pekerjaan perusahaan kamu. Jadi pastikan untuk membuat desain kop surat semenarik mungkin, anggaplah sebagai salah satu cara untuk mengiklankan perusahaan secara cuma-cuma.

Demikianlah apa saja informasi terkait desain kop surat perusahaan yang sebaiknya kamu ketahui. Kop surat perusahaan yang dibuat dengan desain yang professional diketahui sangat baik dan disarankan. Jadi cobalah terapkan berbagai cara membuat desain kop surat perusahaan di atas, agar hasil desain kamu tetap informatif dan professional juga keren!