8 Tips dalam Desain Kaos Kantor yang Tepat

Desain Kaos Kantor

Desain kaos kantor adalah salah satu pekerjaan desain yang akan menghasilkan kaos untuk digunakan bekerja oleh perusahaaan tertentu. Saat ini setiap kantor memiliki bangunan kantor, memiliki pegawai, dan memiliki seragam formal yang dikenakannya sehari-hari. Namun ada berapa banyak kantor yang sudah memiliki kaos kantor untuk pegawainya? Kaos kantor berarti kaos ini yang berfungsi layaknya seragam, digunakan oleh pegawai untuk berangkat kerja ke kantor. Siapa dari kamu yang merasa bahwa kaos kantor tidak mungkin digunakan untuk bekerja? Apa yang menyebabkan kamu merasa kaos tidak layak dijadikan pakaian untuk bekerja? Bukankah kaos adalah salah satu pakaian yang sangat nyaman dikenakan dan sangat mudah ditemukan saat ini?

Pro kontra mengenai penggunaan kaos untuk bekerja sampai saat ini memang masih terus terjadi. Namun perlu kamu ketahui bahwa menggunakan kaos kantor dibandingkan menggunakan jenis pakaian lainnya dinilai lebih praktis dan dapat mendatangkan banyak manfaat seperti peningkatan produktivitas kerja pegawai juga. Nah agar kamu dapat mengetahui bagaimana desain kaos kantor yang tepat dan tetap layak dikenakan untuk bekerja, maka kamu memerlukan tips dalam pembuatannya. Tips ini akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam menemukan sumber inspirasi desain kaos untuk kantor hingga proses percetakannya dan pendistribusiannya. Jadi tidak perlu menunggu lama lagi, cobalah simak penjelasan di bawah ini.

8 Tips dalam Desain Kaos Kantor yang Tepat dan Layak Dikenakan Bekerja

Kaos kantor yang ingin kamu buat harus memiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan pegawai dalam bekerja dan tentunya tetap layak untuk dikenakan bekerja. Pastinya kaos yang kamu buat harus juga memenuhi berbagai ketentuan untuk meringankan beban produksi seragam pegawai dari suatu kantor juga. Mengingat sangat banyaknya aspek yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan desain kaos kantor ini, maka berikut ini akan dirangkum apa saja tips untuk mendesain kaos yang nyaman dan layak dikenakan bekerja di kantor.

1. Temukan Alasan Mengapa Kaos Dibutuhkan di Kantor Tersebut

Ada banyak alasan mengapa sebuah kantor ingin memiliki seragam berupa kaos. Bisa saja kaos tersebut ditujukan untuk kegiatan khusus seperti outing. Atau bisa juga alasan kantor membutuhkan kaos adalah untuk promosi. Namun bisa juga memang kaos ditujukan dibuat untuk dikenakan sebagai seragam oleh divisi tertentu. Tujuan pembuatan ini yang perlu kamu ketahui sejak awal. Tujuan yang kamu ketahui dengan jelas dapat membantu kamu mendesainnya dengan tepat.

2. Tentukan Berapa Alokasi Biaya untuk Pembuatan Kaos

Jangan sampai kamu membuat kaos yang tidak memuaskan, hanya karena kamu terlalu banyak memangkas biaya pembuatan. Agar lebih fair antara kamu dan klien, tanyakan sejak awal berapa alokasi biaya yang diberikan untuk pembuatan kaos kantor ini. Tentukan apa yang bisa didapatkan dengan berbagai besar jumlah biaya. Hal ini pun akan membantu klien kamu untuk memutuskan berapa alokasi biaya yang diberikannya dan seperti apa hasil desain kaos kantor nantinya.

3. Ketahui Apa Pilihan Percetakan Kaos yang Bisa Kamu Gunakan

Kamu juga perlu menentukan pilihan percetakan kaos seperti apa yang bisa kamu gunakan. Ada sangat banyak jenis cetak kaos yang dapat kamu gunakan, namun sebaiknya kamu memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Contohnya, untuk produksi kaos dalam jumlah banyak dan waktu singkat maka kamu akan lebih disarankan menggunakan screen printing untuk menghasilkan desain yang memuaskan.

4. Bangun Ide Desain Kaos Kantor Kamu

Setelah seluruh informasi awal seperti tujuan kaos dibuat, alokasi biaya pembuatan kaos, hingga jenis percetakan yang kamu pilih sudah ditentukan, maka selanjutnya kamu perlu membangun ide desain kaos. Kaos kantor yang kamu buat harus memenuhi informasi-informasi awal yang berhasil kamu kumpulkan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa ide kamu sesuai dengan harapan klien.

5. Mulai Kerjakan Desain Kaos untuk Kantor Segera

Ide desain kaos kantor yang kamu buat sudah selesai, sekarang adalah waktu pengerjaan dari kaos kantor tadi. Mulailah dengan memilih kaos dengan bahan yang rasa cocok dengan tujuan kaos dibuat. Setelahnya, cetak desain kaos ke bahan kaos dengan kualitas sebaik mungkin. Lakukan hingga sejumlah kaos yang kamu butuhkan selesai dicetak. Namun sebelumnya, setelah satu kaos jadi kamu dapat melakukan evaluasi.

6. Lakukan Evaluasi terhadap Hasil Desain Kaos

Kaos pertama yang kamu kerjakan harus menjadi bahan evaluasi. Perhatikan apa yang kurang dan salah dari kaos yang berhasil dicetak. Jika tidak ada masalah, maka proses percetakan kaos dapat dilanjutkan. Jika ada yang perlu diperbaiki, maka proses percetakan dapat ditahan sebentar. Lakukan perbaikan pada desain jika diperlukan. Lakukan perbaikan pada pemilihan warna jika diperlukan. Atau jenis perbaikan lain sesuai kebutuhan dan hasil evaluasi.

7. Simpan Hasil Desain dalam Format yang Tepat

Hasil desain tersebut harus kamu simpan dalam format yang tepat. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu dalam proses percetakan selanjutnya. Simpan hasil desain hanya dalam kualitas terbaiknya saja. Jika hasil desain disimpan dalam kualitas kurang tinggi, sangat mungkin hasil percetakan akan terlihat buram, pecah, atau tidak menarik seperti yang diharapkan sebelumnya.

8. Cetak Kaos Kantor dan Distribusikan Segera untuk Dikenakan

Terakhir, setelah kaos kantor seluruhnya selesai dicetak kamu dapat mulai mendistribusikan kaos kantor segera. Tujuannya adalah agar kaos kantor ini dapat segera dikenakan dan digunakan untuk mencapai tujuan pembuatannya sebelumnya. Jika bertujuan untuk publikasi, maka kaos kantor ini dapat kamu bagikan kepada para pegawai yang bekerja untuk publikasi. Pastikan publikasi dapat dilaksanakan dengan maksimal untuk mencapai tujuan.

Jadi itu tadi penjelasan mengenai apa saja tips dalam desain kaos kantor yang nyaman dan layak untuk dikenakan saat bekerja. Seluruh tips di atas diharapkan dapat membantu kamu dalam mendesain sebuah kaos kantor yang banyak diminati saat ini. Pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan klien, untuk memastikan hasil desain tidak mengecewakan nantinya. Selamat menambah pengalaman dengan mendesain kaos yang lain dari biasanya!