Definisi dan Kegunaan Stiker Vinyl

stiker-vinyl
Sumber: sevensticker.com

Stiker Vinyl adalah stiker yang menggunakan bahan dasar vinyl dan memiliki bahan dasar putih serta lapisan mengkilap alias glossy, dan kali ini Porinto akan menjelaskan apa definisi, kegunaan, jenis, dan apa saja proses cetak yang bisa dilakukan dari jenis stiker tersebut.

Beragamnya jenis stiker yang ada di pasaran dapat membuat anda yang ingin mencetak stiker menjadi bingung dalam menentukan pilihan mana yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan anda.

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah stiker Vinyl, yang memang sangat populer dikarenakan bermacam faktor apabila dibandingkan dengan jenis stiker lainnya seperti stiker HVS, Bontax, Kromo, dan Yupo.

Karenanya, kali ini Porinto akan mencoba menjelaskan secara mendalam mengenai jenis stiker Vinyl supaya anda dapat lebih memahami serta menambah wawasan terkait kelebihan dan kekurangannya, penggunaannya di lapangan, jenis-jenisnya, serta proses mencetaknya.

Namun sebelum melanjutkan, anda bisa membaca artikel kami terkait percetakan dan sablon lainnya seperti kelebihan dan kekurangan sablon Polyflex, kemudian pengertian leaflet dan fungsinya, lalu jenis bahan kaos yang ada di pasaran, dan beragam artikel lainnya yang dapat menambah wawasan anda.

Definisi dan Karakteristik Stiker Vinyl

stiker-vinyl-adalah
Sumber: helloprint.wordpress.com

Stiker Vinyl adalah stiker yang terbuat dari bahan vinyl yang fleksibel, lentur, dan sangat cocok digunakan untuk kebutuhan di luar ruangan alias outdoor.

Untuk stiker jenis ini biasanya memiliki permukaan berwarna putih atau transparan, yang lapisannya terlihat mengkilap atau glossy, sehingga akan menjadikan stiker yang dicetak tampak lebih mewah dan elegan.

Stiker vinyl ini sendiri dapat dikustomisasi sesuka hari serta tanpa batasan, sehingga mampu mewujudkan beragam rancangan desain stiker, berapapun warna yang digunakan, solid ataupun gradasi, dan sekompleks apapun desainnya.

Apabila disimpulkan, karakteristik stiker vinyl adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki permukaan yang mengkilap (glossy), namun ada juga yang hasilnya agak dof,
  2. Mampu mencetak desain yang kompleks,
  3. Mampu menampilkan beragam warna mulai dari warna solid hingga gradasi.

Tentunya dengan karakteristik yang sangat fleksibel tersebut, stiker vinyl ini akan memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan jenis stiker lainnya, meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa ada juga kelemahan dari jenis stiker yang satu ini.

Kelebihan dan Kekurangan Stiker Vinyl

ukuran-stiker-01

Kelebihan utama dairi stiker Vinyl adalah pada daya tahannya yang melebihi stiker kertas biasa seperti HVS, dan juga kualitas gambar desain yang dihasilkan sangatlah tajam dan setara dengan foto.

Stiker vinyl sangat awet digunakan dalam waktu lama, serta memiliki ketahanan terhadap air yang bagus sehingga tidak akan mudah luntur, menjadikannya sebagai salah stau stiker terbaik untuk penggunaan luar ruangan.

Ada bermacam merk produsen yang menjual stiker bahan vinyl ini, tetapi beberapa nama besar yang sering digunakan antara lain adalah Ritrama, Oracal, dan 3M yang masing-masing sudah terkenal akan kualitasnya.

Namun stiker Vinyl ini bukannya tanpa kelemahan, namun biasanya itu lebih dikarenakan dari faktor-faktor pendukung dan bukannya dari bahan vinyl itu sendiri.

Beberapa faktor yang menjadi kelemahan stiker vinyl adalah seperti penggunaan tinta yang kurang bagus, atau menggunakan mesin print yang tidak mumpuni, sehingga anda harus benar-benar cermat dalam memilih vendor percetakan.

Umumnya tinta yang baik untuk digunakan, terutama pada kebutuhan outdoor adalah tinta yang berbasis minyak seperti tinta solvent, ecosolvent, mild solvent, dan juga tinta latex, dan lain sebagainya.

Sementara untuk mesin print sebaiknya menggunakan mesin yang mampu menghasilkan resolusi tinggi seperti yang dimiliki mesin print merek Roland, Mutoh, Fujixerox, ataupun merek Mimaki.

Jenis Stiker Vinyl

jenis-stiker-vinyl
sumber: stikermobilbranding.blogspot.com

Dalam melihat jenis-jenis stiker vinyl, banyak faktor yang sebenarnya perlu dijadikan acuan untuk dapat melihat jenis-jenis stiker berdasarkani masing-masing faktor tersebut, karena memang pengaplikasian vinyl ini sangatlah luas.

1. Berdasarkan Metode Perkatan

Misalnya anda ingin melihatnya berdasarkan faktor metode perekatannya, maka stiker vinyl akan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Adhesive Vinyl
  2. Heat Transfer Vinyl (HTV)

Adhesive Vinyl merupakan jenis vinyl yang umum digunakan untuk percetakan stiker digital, yang mana pada bagian belakang kertas sudah dilapisi perekat (adhesive) yang mudah dikelupas dan ditempelkan.

Untuk Adhesive Vinyl ini bahkan bisa dibagi lagi yaitu Vinyl yang menggunakan lapisan dasar putih atau Vinyl yang menggunakan lapisan dasar transparan / bening.

Lalu untuk Heat Transfer Vinyl (HTV) adalah stiker vinyl yang ditempelkan dengan cara menyalurkan panas pada permukaannya menggunakan transfer paper, sehingga metode ini umum ditemukan dan digunakan sebagai salah satu jenis sablon kaos dengan metode digital.

Adhesive Vinyl dan HTV memiliki karakteristik serupa yang dimiliki vinyl, seperti kelenturannya, keawetan, dan juga ketahanannya terhadap cipratan air, namun ada satu hal yang membedakan yaitu pada jenis permukaan yang dapat ditempel.

Pada Adhesive Vinyl, stiker lebih tepat untuk ditempelkan pada permukaan yang rata dan keras, sementara untuk HTV, karena memang difokuskan untuk garmen, dapat menempel sempurna pada permukaan yang bergelombang seperti bahan kaos sehingga tidak mudah lecek.

2. Berdasarkan jenis Tinta

Sebenarnya ini akan sangat beragam apabila dibahas satu persatu, namun berdasarkan jenis tintanya yang paling umum digunakan untuk mencetak stiker vinyl adalah sebagai berikut :

  1. Stiker Vinyl dengan tinta Solvent,
  2. Stiker Vinyl dengan tinta EcoSolvent,
  3. Stiker Vinyl dengan tinta Latex.
  4. Stiker Vinyl dengan tinta UV.

Pada stiker yang menggunakan tinta Solvent umumnya digunakan untuk desain yang menggunakan font besar (di atas 15 pt) dan penggunaan di luar ruangan, sementara tinta Ecosolvent lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan, serta tinta Latex yang cocok untuk indoor maupun outdoor serta tintanya yang tidak bau zat kimia.

Sementara untuk stiker dengan tinta UV memiliki keunggulan tersendiri, yaitu stiker ini memiliki ketahanan yang sangat baik dari sinar matahari dan juga lapisannya yang anti gores, sehingga paling tepat untuk digunakan pada kondisi outdoor, serta hasil cetaknya akan terlihat lebih dof dan tidak glossy.

Fungsi Stiker Vinyl

fungsi-stiker-vinyl

Stiker Vinyl yang memiliki banyak ragam ini juga memiliki beragam kegunaan tergantung pada jenis yang digunakan, namun apabila digabungkan beberapa kegunaan stiker vinyl adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai stiker untuk label kemasan,
  2. Sebagai stiker untuk pemberitahuan informasi (Awas, dilarang parkir, dsb),
  3. Sebagai stiker pada papan plang,
  4. Sebagai stiker untuk kebutuhan iklan dan promosi,
  5. Sebagai stiker untuk decal pada motor atau mobil,
  6. Sebagai stiker untuk dijadikan souvenir,
  7. Sebagai alternatif untuk sablon kaos (sebaiknya menggunakan vinyl HTV)
  8. Sebagai stiker untuk melapisi permukaan kaca,
  9. dan lain sebagainya.

Tentunya anda sudah paham sekarang mengapa stiker vinyl banyak dipakai oleh berbagai kalangan, karena memang stiker yang satu ini sangatlah fleksibel dalam hal penggunaan, dan sangatlah beragam dari segi jenis sehingga bisa memenuhi berbagai kebutuhan.

Metode dalam Mencetak Stiker Vinyl

cetak-stiker-vinyl
sumber: ronitadigitalprinting.com/

Dalam mencetak stiker jenis vinyl, ada beberapa metode yang umum digunakan, yang dapat disesuaikan dnegan keinginan anda. Secara umum metode dalam mencetak stiker vinyl adalah sebagai berikut :

1. Cetak Stiker Vinyl normal

Pada metode ini, sesuai dengan namanya, stiker vinyl akan dicetak secara normal apa adanya tanpa dilakukan proses cutting, sehingga nanti anda akan menerima hasil cetakan dalam bentuk lembaran, entah itu ukuran meteran atau ukuran A3/A3+ tergantung dari vendor percetakan yang anda pilih dan juga jumlah stiker yang dicetak.

Ini sebaiknya digunakan apabila stiker memang tidak ingin dibentuk sesuai desain, atau anda ingin memotong stiker sendiri secara manual.

2. Cetak Stiker Vinyl dengan Cutting

Metode cetak stiker vinyl yang kedua adalah dengan menambah proses cutting, yang terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu kiss cut dan die cut.

Pada metode Kiss Cut, nantinya stiker akan terpotong mengikuti lekukan desainnya, namun hanya terpotong sampai ke lapisan perekatnya saja sementara bagian belakangnya tetap utuh tidak terpotong.

Sementara untuk metode Die Cut, stiker akan terpotong pada bagian lekukan desainnya termasuk sampai ke bagian belakangnya atau lapisan dasarnya.

Gunakan metode Kiss Cut apabila stiker ingin langsung anda tempel-tempelkan ke objek yang diinginkan, dan gunakan metode Die Cut apabila anda ingin membagi-bagikan stiker tersebut dan nantinya mereka yang dibagikan stiker bisa menempelkannya kapan saja.

3. Cetak Stiker Vinyl HTV dengan metode Heat Transfer

Seperti yang tadi sudah dibahas sedikit, pada stiker Vinyl jenis HTV, maka stiker secara percetakan akan dicetak secara terbalik (mirror) pada mesin percetakan, kemudian hasil cetak akan di-cut menggunakan mesin cutting, kemudian stiker akan dikelupas mengikuti lekuk desain yang ada pada file desain.

Setelah dikelupas, nantinya stiker akan ditempelkan pada permukaan objek yang ingin ditempeli stiker (misalnya kaos), dilapisi dengan transfer paper bawaan, kemudian di press menggunakan mesin heat press atau digosok menggunakan setrika secara merata.

Metode-metode cetak yang bisa dilakukan pada stiker berbahan vinyl ini tentunya bisa anda gunakan sesuai kebutuhan, meskipun perlu dicatat tidak semua vendor percetakan mampu menyediakan layanan cetak untuk ketiga metode tersebut, terutama untuk proses HTV yang lebih tepat dilakukan pada penyedia jasa sablon digital untuk kaos.

Kesimpulan

Penggunaan stiker vinyl yang sangat beragam memang merupakan hal yang sangat wajar dikarenakan jenis bahan stiker yang satu ini mampu dan memiliki beragam varian yang dapat memenuhi berbagai jenis kebutuhan, baik dari segi tinta yang bisa digunakan maupun metode perekatannya.

Karenanya bisa dibilang stiker vinyl adalah stiker yang paling umum dipakai oleh berbagai kalangan dengan bermacam kebutuhan yang mereka miliki mulai dari labeling, iklan dan promosi, sebagai hiasan pada kendaraan bermotor ata kaca, dan juga sebagai alternatif untuk sablon kaos.

Untuk lebih memahami mengenai dunia percetakan, anda bisa membaca beberapa artikel kami seperti ciri dan karakteristik kertas Art Carton, kemudian tips desain kartu nama supaya terlihat profesional dan berkelas, perbedaan antara brosur dan pamflet, dan banyak lagi artikel lainnya yang bisa anda baca untuk menambah wawasan.

Kami harap setelah membaca artikel ini anda dapat lebih memahami mengapa stiker vinyl adalah jenis stiker yang banyak digunakan oleh banyak orang dan dapat anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk mencetak stiker dengan jenis vinyl tersebut.