Definisi dan Kegunaan Stiker Transparan

stiker-transparan
Sumber: fattyprint.com.sg

Stiker transparan adalah stiker yang menggunakan bahan dasar transparan sehingga dapat ditempelkan pada suatu objek tanpa mengganggu atau memenuhi objek tersebut, dan di artikel kali ini, Porinto akani berikan penjelasan lengkap seputar jenis stiker tersebut mulai dari definisi, jenis-jenisnya, kegunaan, dan proses mencetak stiker tersebut.

Ada banyak macam dan jenis stiker yang ditawarkan oleh para penyedia layanan cetak stiker, seperti stiker vinyl, stiker kertas HVS, stiker kromo, stiker one way, stiker bontax, stiker yupo, stiker foil, dan juga stiker transparan yang akan dibahas pada artikel ini.

Masing-masing jenis stiker tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk untuk stiker transparan yang tentunya semuanya harus dijadikan pertimbangan sebelum mencetak stiker, terutama dalam jumlah banyak.

Karena apabila tidak, maka anda akan menghabiskan biaya yang besar hanya untuk mencetak stiker yang hasilnya akan mengecewakan, bukan semata-mata karena kualitasnya, tetapi lebih karena tidak sesuai dengan niat dan tujuan stiker tersebut dicetak.

Oleh karena itu, Porinto mencoba untuk memberikan informasi dan pengetahuan terkait dunia percetakan, bisnis online, pemasaran, serta kaos sablon selengkap-lengkapnya guna membantu anda untuk lebih memahami hal-hal yang terkait dengan keempar topik tersebut.

Seperti pada artikel kami mengenai cara jualan online tanpa modal, dan berbagai ide jualan online untuk mahasiswa yang diharapkan akan dapat membantu mereka yang kebingungan dalam memulai bisnis.

Di kesempatan kali ini, yang akan kami bahas adalah mengenai stiker transparan dan segala hal yang berkaitan dengan jenis stiker tersebut, agar anda dapat mendapatkan referensi yang cukup sebelum memutuskan untuk memakai stiker transparan.

Apa itu Stiker Transparan ?

stiker-transparan-adalah-01

Stiker transparan adalah stiker yang dicetak pada bahan vinyl transparan menggunakan proses cetak digital, yang dapat menghasilkan stiker dengan latar belakang yang bening, baik itu satu warna ataupun banyak warna.

Karena menggunakan proses cetak digital, stiker ini juga dapat dicetak dengan mengunakan warna gradasi ataupun warna lainnya mengikuti desain yang diinginkan, sehingga hasil cetak stiker yang dihasilkan bisa lebih optimal.

Untuk bagian lem atau adhesive nya, biasanya menggunakan perekat berbasis minyak, atau yang lebih dikenal dengan sebutan solvent-based, sehingga sebaiknya objek yang akan ditempeli stiker harus benar-benar bersih dan bebas dari percikan air.

Kelebihan dan Kekurangan Stiker Transparan

kelebihan-kekurangan-stiker-transparan

Beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan stiker transparan adalah salah satunya dikarenakan bahan dasarnya yang transparan, sehingga tidak akan mengganggu atau menutupi lapisan permukaan benda yang ditempeli stiker tersebut.

Berbeda dengan stiker yang menggunakan latar belakang putih yang dapat menutupi objek yang ditempel, pada stiker transparan hal tersebut tidak akan terjadi, kecuali pada area desain dari stiker yang dicetak.

Stiker ini juga memiliki ketahanan yang baik dan juga tahan air serta tidak mudah pudar, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama karena desain tidak mudah luntur ataupun sobek.

Sayangnya, stiker transparan ini juga memiliki beberapa kelemahan yang cukup sering dialami oleh mereka yang menggunakannya, antara lain seperti permukaan stiker yang berembun, terutama apabila terkena air, dan juga apabila ditempelkan pada objek yang warnanya bertabrakan dengan desain stiker maka bisa membuat desain stiker tidak terlalu jelas terlihat dan terkesan pudar.

Karena itulah teknik pemasangan dan pengeringan stiker, serta penentuan objek yang akan ditempeli stiker perlu dipertimbangkan dengan matang supaya kedua hal tersebut (berembun dan tidak kelihatn) tidak terjadi pada stiker transparan yang anda cetak.

Jenis Stiker Transparan

jenis-stiker-transparan
sumber: buatstikers.blogspot.com

Apabila dilihat dari jenisnya, stiker transparan kurang lebih terbagi menjadi tiga jenis dilihat dari tingkat kebeningannya, yaitu :

  • Stiker Transparan Ultra Clear
  • Stiker Transparan Biasa
  • Stiker Transparan Doff

Pada jenis Ultra Clear, stiker menggunakan bahan transparan yang sangat jernih hingga benar-benar tidak terlihat, sehingga cocok untuk ditempelkan pada objek yang juga memiliki sifat transparan juga seperti permukaan kaca.

Kemudian untuk stiker transparan biasa tingkat kebeningannya tidak sejernih Ultra Clear tetapi cukup bening sehingga masih bisa ditempelkan pada objek dengan warna yang disesuaikan dengan warna desain stiker, tetapi dikhawatirkan apabila ditempel pada media bening maka bahan stiker akan kalah bening yang membuat latar belakang stiker yang bening terlihat lebih buram atau kusam,

Terakhir adalah stiker transparan doff yang mana bahan transparannya memiliki lapisan dof yang membuat bahan stiker terlihat agak keruh, namun sangat tepat untuk digunakan apabila objek pemasangan memiliki warna yang bertabrakan dengan warna desain, karena akan memberikan aksen latar tersendiri pada stiker sehingga desain tetap dapat dilihat.

Kegunaan Stiker Transparan

jenis-stiker-yang-ada

Lalu apa saja kegunaan dari stiker transparan ? Beberapa fungsi dan kegunaan dari stiker transparan adalah sebagai berikut :

  • Digunakan untuk label atau penempatan logo pada kemasan,
  • Digunakan untuk menonjolkan desain stiker dan menyamarkan latar dikarenakan warna transparan yang dipakai,
  • Digunakan pada bagian dalam Neon Box,
  • Digunakan pada objek kaca,
  • Digunakan pada kemasan yang menggunakan bahan bening/transparan,

Tentunya tidak hanya itu saja kegunaannya, karena semua akan tergantung kepada kreatifitas anda dalam memanfaatkan kelebihan dan kekurangan dari stiker ini sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Pelajari beberapa tips dan cara desain stiker yang baik guna dapat mengoptimalkan aktivitas promosi dan pemsaran anda, dan pelajari juga mengenai apa saja kelebihan stiker sebagai media promosi untuk lebih memantapkan promosi menggunakan stiker.

Metode dalam Mencetak Stiker Transparan

metode-cetak-stiker-transparan

Dalam mencetak stiker ransparan, ada beberapa metode yang bisa digunakan berdasarkan penggunaan tinta saat mencetaknya dan juga dilihat dari kebutuhan anda.

Metode dalam mencetak stiker transparan adalah sebagai berikut :

1. Stiker Transparan dicetak normal

Pada metode ini stiker transparan akan dicetak secara normal tanpa menggunakan laminasi atupun teknik khusus, yang hanya bergantung pada jenis tinta yang digunakan saja sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda ingin warna desain stiker tidak terlihat terlalu transparan, maka sebaiknya stiker dicetak menggunakan tinta UV, sementara apabila anda ingin supaya warna desain terlihat benar-benar transparan, maka sebaiknya anda menggunakan tinta ecosolvent.

2. Stiker transparan dicetak dengan tinta putih sebagai under base

Metode yang satu ini umumnya digunakan apabila anda ingin membuat sebagian atau keseluruhan desain stiker tidak tampak transparan sama sekali sehingga akan tetap jelas terlihat saat ditempelkan pada objek dengan warna apapun.

Cara mencetaknya adalah pertama-tama desain stiker dicetak dengan warna putih terlebih dahulu, untuk kemudian baru ditimpa dengan warna desain yang diinginkan sehingga stiker akan mempunyai lapisan putih pada sisi sebaliknya.

Metode ini juga bisa diterapkan untuk anda yang ingin mencetak stiker yang bagian desainnya adalah pada sisi yang mengandung perekat, seperti stiker yang ditempelkan dari dalam mobil.

Untuk mencetaknya maka desain perlu dicetak secara terbalik/mirror menggunakan warna yang diinginkan terlebih dahulu, baru kemudian desain yang terbalik tersebut akan ditimpa dengan tinta putih, baik untuk keseluruhan desain atau beberapa bagian saja sesuai kebutuhan, sehingga bagian yang tertutup akan jelas terlihat dari luar.

3. Stiker transparan dicetak dua sisi

Metode selanjutnya adalah mencetak stiker transparan di kedua sisi, yaitu pada bagian yang tidak memiliki perekat dan pada bagian yang memiliki perekat.

Pada metode ini, nantinya stiker akan memiliki desain di kedua sisinya sehingga sangat cocok untuk ditempelkan pada objek kaca seperti kaca pembatas di perkantoran, pertokoan, pada kaca mobil, pada kaca pembatas ruangan, dan lain-lain.

Proses mencetak stiker jenis ini terbilang rumit, tapi umumnya metode ini dilakukan dengan cara mencetak desain dengan warna yang diinginkan terlebih dahulu, kemudian timpa dengan tinta putih, dan baru ditimpa dengan desain yang ingin ditampilkan pada sisi sebaliknya.

4. Stiker transparan dicetak dengan tinta putih saja

Metode cetak stiker transparan yang terakhir adalah dengan hanya menggunakan tinta putih saja, yang terdengar sederhana tetapi termasuk yang cukup mahal biaya produksinya, dikarenakan tinta yang digunakan adalah tinta putih UV dan bukan ecosolvent, dan proses cetaknya membutuhkan teknik khusus.

Keempat metode tersebut tentunya bisa digunakan sesuai kebutuhan, dan biasanya tidak semua tempat percetakan mampu melayani semua metode tersebut karena beberapa diantaranya memang menggunakan tinta khusus dan juga mesin cetak yang khusus pula.

Walapun begitu, dengan mengetahui keempat metode tersebut diharapkan akan menambah wawasan anda pada saat akan mencetak stiker transparan sehingga akan dapat memperluas opsi cetak yang diinginkan pada saat melakukan konsultasi dengan penyedia jasa percetakan stiker.

Kesimpulan

Stiker transparan adalah salah satu jenis stiker vinyl yang unik dikarenakan bahan dasarnya yang bening dan transparan, sehingga bisa diaplikasikan pada objek tanpa harus menutup secara keseluruhan permukaan dari objek tersebut.

Ada berbagai jenis stiker transparan yang bisa dipilih, yaitu Ultra Clear yang sangat jernih, kemudian stiker transparan biasa, dan stiker transparan yang dilapisi dof sehingga desain akan lebih jelas terlihat pada saat ditempel.

Anda juga dapat menggunakan beberapa metode percetakan seperti metode normal, memakai tinta putih sebagai lapisan dasar, dicetak dua sisi, ataupun mencetak hanya dengan menggunakan tinta putih saja.

Tentunya apabila dikombinasikan dengan kreatifitas yang baik, maka penggunaan stiker transparan ini bisa sangat mefektif terutama sebagai alat promosi yang unik dan semakin menarik minat dari mereka yang melihatnya.

Namun tentunya unik saja tidak cukup, karena dalam penggunaan suatu alat promosi, anda juga membutuhkan strategi pemasaran, baik itu offline maupun online, yang tepat sasaran sehingga akan semakin efektif dalam meningkatkan penjualan atas produk ataupun jasa yang anda tawarkan.

Untuk lebih memahami mengenai strategi promosi dan pemsaran, anda bisa membaca artikel Porinto yang lainnya seperti 3 tips pemasaran iklan efektif oleh perusahaan besar dunia, kemudian bagaimana cara kerja reseller dan keuntungannya, lalu 5 cara mudah jualan online yang menguntungkan, dan masih banyak lagi artikel lainnya yang bisa anda baca.

Diharapkan setelah membaca artikel ini, anda akan dapat memahami mengapa stiker transparan adalah salah satu jenis stiker yang cukup banyak digunakan, dan segala seluk beluk tentang stiker tersebut sehingga dapat anda jadikan referensi sebelum memutuskan apakah akan mencetak stiker jenis tersebut atau tidak.