Cuma 1 Juta! 4 Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Bisa Kamu Mulai Hari Ini

4 Peluang bisnis online terbaru dengan modal 1 juta

Apa kamu masih bergantung dari gaji bulanan sampai saat ini? Ada baiknya untuk kamu mencoba merintis bisnis online terbaru karena selain murah, potensi yang tersimpan di baliknya sangat besar. Lihat saja startup fenomenal sepanjang 2018 lalu mulai dari Amazon, Bukalapak, sampai peristiwa akuisisi Grab terhadap Uber di Asia Tenggara, dan pertumbuhan nilai Gojek secara signifikan di Indonesia.

Semuanya berbasis teknologi online dimana mampu menjangkau orang banyak dengan biaya yang sangat murah. Mungkin hal ini tidak praktis jika dilakukan beberapa tahun lalu. Namun nyatanya, kesempatan ini terbuka lebar bahkan hanya dengan modal minim sekalipun.

Kita tidak akan berbicara tentang aplikasi Grab ataupun Gojek yang membutuhkan resources yang banyak untuk memulai. Namun berikut ada 4 peluang bisnis online yang akan booming pada 2019 ini. Sudah tidak sabar? Ayo kita bahas satu per satu.

Menjadi Seorang Streamer

Kepopuleran streamer semakin menggila tahun lalu, dan diprediksi akan dapat mengulang sukses di tahun 2019. Sebut saja mulai dari akun Ninja (streamer Fortnight) sampai SingSing (Dota 2).

Pemasukan streamer juga beragam. Yang pertama dari setiap subscriber ke akun streamer biasanya dipotong 50% untuk platform dan 50% kepada streamer sendiri. Jika di Twitch setiap subscription dihargai $4,99, maka streamer akan mendapatkan pemasukan $2,5 untuk setiap akun yang membeli fitur tersebut.

Yang kedua adalah dari sponsor. Yang kita bicarakan adalah streamer yang memainkan games tertentu untuk mempopulerkan permainan tersebut.  Pihak pengiklan biasanya bisa membayar sampai $1000 untuk setiap 10.000 penonton dalam 1 jam permainan. Nilai ini bervariasi tergantung dari kepopuleran dan frekuensi interaksi penonton di akun tersebut.

Yang ketiga adalah penghasilan dari video iklan dalam platform tersebut. Kamu bisa mengaktifkan kapan saja iklan tersebut muncul, biasanya jika sedang streaming laga eksibisi, kamu tidak bisa memutar iklan pada saat tersebut pastinya karena akan mengganggu tontonan yang berakibat berkurangnya jumlah penonton. Pastikan iklan berjalan saat sedang jeda antara babak pertama dan kedua, dan sebagainya. Namun dengan banyaknya penggunaan Adblock oleh penonton, pemasukan streamer dari sisi ini sudah banyak berkurang dibandingkan beberapa tahun ke belakang.

Yang keempat adalah dari Bits (untuk platform Twitch) ataupun donasi dari penonton. Berbeda jika dibandingkan dengan pemberian Bits, dimana akan dipotong oleh platform, donasi bisa 100% masuk ke akun kamu.

Donasi Twitch SingSing Dota 2

Platform streaming yang paling populer saat ini adalah Twitch.tv dengan potensi pemasukan yang jauh melewati platform streaming terdahulu di Youtube.

Modal yang perlu kamu persiapkan mulai dari kamera dan microphone kualitas standar yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp. 650.000.

Online Agency

Membangun bisnis peluang usaha online tidak lagi membutuhkan modal yang besar. Karena kini ada platform yang bisa menjadi wadah bisnis kamu untuk sukses. Salah satu contoh platform yang populer adalah Upwork Agency. Disini, kamu hanya membutuhkan modal sebesar $20 saja untuk bergabung dengan Upwork dan memulai bisnis dalam skala besar.

Ada kekurangan mendasar jika kamu membangun agency menggunakan platform pihak ketiga dibandingkan dengan bisnis agency sendiri.

Yang pertama, klien terbatas. Karena kamu hanya dapat berinteraksi dengan klien yang menggunakan platform serupa. Jikapun kamu menemui klien di luar platform tersebut, kamu harus meminta mereka untuk ikut bergabung agar dapat menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan.

Yang kedua, selain biaya bulanan, kamu juga dikenai potongan atas setiap pemasukan yang diterima. Nilai ini bervariasi, untuk nilai proyek dibawah $100, kamu akan dikenakan potongan sampai 20%. Sedangkan jika proyek kamu menyentuh $10.001 maka potongannya bisa hanya sebesar 5% saja.

Walaupun begitu, tidak bisa dipungkiri, merintis usaha online menggunakan platform pihak ketiga dapat memudahkan kamu untuk mengatur setiap anggota bisnis dan klien dengan fitur seperti chat, video call, dan juga escrow. Kamu akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari klien potensial, dibandingkan dengan merintis bisnis internet dari nol sama sekali dengan cara konvensional.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Leads dalam Bisnis Online

Modal yang perlu dipersiapkan sebesar $20 saja per bulan atau sekitar Rp. 290.000.

Content Creator

Pengguna internet selalu mencari konten yang bermanfaat. Dengan banyaknya konten yang tidak bernilai atau hasil jiplakan dari yang lain, Google secara bertahap memberikan hukuman seperti ranking pencarian yang diturunkan. Hal ini berakibat pada menurunnya popularitas sebuah situs terutama pada tahun 2018 yang lalu.

Dengan update alogaritma Google yang terbaru, konten yang kamu sajikan haruslah memberikan manfaat berarti kepada pengguna internet. Karena itu fungsi content creator kian dicari, terutama yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu.

Sebut saja konten keuangan rubik Kompas, yang ditulis oleh wartawan dengan profil background keuangan yang kuat, pastinya akan memiliki potensi lebih baik untuk muncul di halaman pertama Google.

Pentingnya pembuat konten untuk situs kamu

Kualitas konten juga tidak bisa diremehkan dan walaupun pihak Google tidak mampu membaca satu per satu, pastinya ada alogaritma yang dapat digunakan seperti bounce rate, time spent on page, clicks dan sebagainya.

Konten semakin penting di tahun ini karena kompetisi yang semakin ketat, karena itulah jasa pembuat konten semakin dicari. Tidak terbatas pada tulisan semata, konten berupa video sampai animasi bisa menjadi promosi berharga buat situs kamu agar semakin populer dengan sendirinya.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tidak perlu modal apapun selain pastinya semangat juang. Karena akan banyak kesulitan yang akan kamu lalui tanpa adanya reputasi yang meningkat seiring dengan banyaknya proyek yang sudah kamu tangani. Kamu bisa mempromosikan hasil konten kamu lewat sosial media seperti Facebook untuk tulisan, Instagram untuk gambar dan Youtube untuk konten berupa video.

Konsultan Profesi

Jika kamu memiliki keahlian tertentu ada baiknya untuk mempromosikannya secara online. Beli hosting, dan desain situs kamu dengan apik pastinya kamu akan mampu menjangkau lebih banyak klien potensial dibandingkan dengan menyewa toko fisik.

Sama halnya dengan toko fisik yang bergantung pada lokasi. Seperti toko yang berada samping jalan raya yang padat, dimana berarti lebih banyak pengunjung berlalu lalang di depan toko. Toko online memiliki potensi tidak terbatas, dimana klien potensial kamu bisa datang dari mana saja. Namun kembali lagi, kamu tetap harus dapat menemukan cara agar bisnis kamu bisa menonjol diantara pesaing dalam bisnis yang sama.

Sebagai contoh jika saya memiliki keahlian arsitektur, saya akan membuat blog atau situs yang menampilkan portofolio desain yang sudah saya lakukan. Dan setiap sosial media yang saya miliki akan saya hubungkan dengan halaman situs tersebut. Mudah bukan?

Jika kamu disiplin dan konten kamu memang bermanfaat, pastinya Google dengan alogaritmanya akan lambat laun mempolulerkan portofolio kamu. Hasilnya, kamu akan mendapatkan klien online yang bisa saja membuat bisnis kamu meledak.

Jasa konsultan seperti ini berbeda dibandingkan dengan agency seperti yang kita bahas sebelumnya dimana lebih bersifat profesi. Jasa konsultasi yang bisa kamu populerkan mulai dari arsitektur, kedokteran, hukum, dan sebagainya.

Biaya penyewaan hosting, domain sampai desain situs bisa mencapai Rp. 400.000 di tahun pertama.

Modal Murah Untuk Memulai Bisnis Online Terbaru

Nah gimana sudah siap untuk memulai bisnis online terbaru dengan modal minim seperti diatas? Kamu cukup mulai dengan modal 1 juta saja, jadi tidak perlu banyak alasan lagi untuk tidak segera merintis bisnis ini.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Online Yang Menguntungkan

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan dari empat jenis bisnis diatas, paling tidak, pilih salah satu untuk kamu mulai di tahun 2019 ini.

Jadi tunggu apalagi? Selamat mencoba.