Cara Sukses Usia Muda Melalui Bisnis Online

cara-sukses-usia-muda

Apabila anda ingin mengetahui bagaimana cara sukses usia muda melalui bisnis online, pada artikel kali ini Porinto akan memberikan beberapa tips dan panduan supaya anda juga bisa menjadi salah satunya.

Sukses merupakan suatu hal yang tentunya diinginkan oleh setiap manusia, yang tentunya dengan harapan bahwa dengan meraih kesuksesan, maka hdup akan dapat kita jalani dengan lebih mudah dan bahagia.

Namun sebenarnya definisi sukses itu sendiri berbeda-beda bagi setiap orang, karena akan sangat tergantung mulai dari kondisi pekerjaan, lingkungan, keluarga, dan yang paling sering dikaitkan adalah mengenai kondisi keuangan.

Karenanya kami akan membatasi definisi sukses yang dimaksud pada artikel ini kepada yang paling sering dijadikan faktor yaitu kondisi keuangan, dan bagaimana meraih kesuksesan pada usia muda tersebut melalui bisnis online.

Apa itu Bisnis Online ?

cara-sukses-usia-muda

Pertama-tama yang perlu diketahui adalah mengenai definisi dari bisnis online itu sendiri, mulai dari definisi, kegiatan apa saja yang termasuk kedalamnya, dan bagaimana cara yang tepat untuk memulainya.

Bisnis online adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis, yang dalam melakukan transkasi dengan pelanggan dilakukan melalui jaringan internet alias online, mulai dari proses negosias hingga pada proses transkasinya.

Jenis usaha yang termasuk ke dalam bisnis online sendiri sebenarnya sangat beragam, mulai dari yang paling umum yaitu membuka toko online, baik pada marketplace ternama ataupun pada media sosial seperti Instagram, hingga kepada menawarkan jasa melalui website ataupun pada marketplace khusus jasa dan pekerja lepas.

 

Mengapa Bisnis Online ?

mengapa-bisnis-online

Ada beberapa alasan mengapa bisnis online kami jadikan sebagai salah satu metode terbaik dalam menjelaskan mengenai cara sukses usia muda, yang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Modal yang minim

Salah satu keunggukan yang paling utama dari bisnis online adalah pada faktor minimnya modal yang diperlukan dalam memulai keguatan usaha apabila dibandingkan dengan bisnis tradisional.

Anda tidak perlu menyewa ruko atau memiliki tempat untuk memulai bisnis dan bisa membuka lokasi bisnis dengan beragam pilihan yang bisa dipilih mulai dari nol rupiah, dan semahal-mahalnya tetap tidak akan semahal menyewa ruko sendiri.

Dalam kegiatan operasionalnya sendiri bisnis online juga bisa dilakukan tanpa modal seperti dengan menjadi droopshipper, atau menawarkan keahlian anda kepada orang lain yang tentunya tidak membutuhkan anda untuk membeli barang.

Minimal, modal yang dibutuhkan adalah paket data dan akses internet yang mana hal ini bisa dihilangkan apabila anda memiliki akses gratis terhadap hal tersebut.

2. Perkembangan teknologi

Faktor kedua adalah perkembangan teknologi, yang mana sudah semakin berorientasi ke arah digital dan menmanfaatkan jaringan internet dengan lebih menyeluruh, sehingga dengan melakukan bisnis online lebih dini maka akan lebih baik karena anda bisa meraup pelanggan lebih dulu ketimbang yang memulai belakangan.

Ditambah lagi, setiap hari semakin banyak orang yang hidupnya tidak bisa lepas dari teknologi, mulai dari ponsel yang selalu aktif akses internetnya, hingga ke laptop dan komputer rumah atau kantor yang juga terhubung ke dunia world wide web (www).

Semakin bermunculannya developer game dan aplikasi lokal di Google Play Store misalnya, yang banyak hanya dikelola oleh satu orang saja, merupakan penanda bahwa semakin banyak game developer, atau mereka yang baru belajar, untuk mencoba mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di aplikasi atau game mereka.

Kemudian semakin banyakya pula Youtuber, Blogger, dan toko online di internet asal indonesia yang kebanyakan di inisiasi oleh anak muda juga menandakan hubungan erat antara bisnis online dengan teknologi.

3. Bisa dilakukan paruh waktu

Lalu kemudian faktor lainnya adalah fleksibilitas dan kemudahannya apabila dibandingkan untuk dilakukan di waktu senggang atau paruh waktu, sehingga anda tetap ibisa melakukan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

Tentunya ini akan tergantung pada seberapa besarnya bisnis online yang anda jalankan, namun tetap akan lebih fleksibel dibandingkan bisnis tradisional yang setiap harinya harus kita datangi dan pantau atau terlibat dalam kegiatan operasionalnya.

Jenis dan Ide Bisnis Online untuk Usia Muda

jenis-bisnis-online-anak-muda

Lalu apa saja bisnis online yang bisa dilakukan semenjak dini ?

Ini yang paling menarik, karena bisnis online kebanyakan tidak memiliki batasan usia sehingga anda bisa segera memulai sedini mungkin.

Memang beberapa situs media sosial yang juga bisa dijadikan ladang bisnis online seperti Youtube dan Instagram memiliki batasan usia guna membuat akun di sana, dan pada beberapa marketplace ternama di Indonesia pun demikian.

Namun pada kenyataannya hal tersebut bisa diatasi atau tidak menjadi masalah karena kebanyakan batasan usia hanya bersifat syarat dan ketentuan dan akan selesai selaama anda menyetujuinya, meskipun ada beberapa situs yang mewajibkan anda untuk mengunggah KTP dan foto asli demi verifikasi.

Yang lebih tidak memiliki batasan adalah apabla anda membuat website sendiri, atau menggunakan layanan penyedia web atau blog gratis seperti blogspot dan WordPress.com yang tidak membatasi usia penggunanya.

Kembali ke topik, ada beberapa ide bisnis online yang bisa anda coba lakukan semenjak dini di usia muda, yang apabila benar-benar anda tekuni bisa memberikan kesuksesan untuk anda semenjak dini.

Beberapa ide bisnis online tersebut antara lain adalah :

  • Menjadi blogger dan mendapatkan penghasilan melalui Google Adsense,
  • Menjadi dropshipper bagi toko online,
  • Menjadi reseller dari toko online,
  • Menjadi Youruber dan mendapatkan penghasilan dari Adsense,
  • Menjadi influencer di Instagram dan mendapatkan penghasilan dari endorse,
  • Membuka toko online sendiri di marketplace yang ada atau website sendiri,
  • Menawarkan keahlian anda sendiri seperti menulis artikel web, menterjemahkan bahasa, mengedit foto dan video, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca beberapa artikel kami terkait hal tersebut, seperti 20 ide jualan online untuk pelajar yang menguntungkan, kemudian 10 cara jualan online tanpa modal yang efektif, 21 ide jualan online untuk mahasiswa, dan banyak lagi artikel terkait yang bisa anda baca untuk mendapatkan inspirasi.

10 Tips Cara Sukses Usia Muda Melalui Bisnis Online

cara-sukses-usia-muda-bisnis-online

Tentunya, sama seperti bisnis ataupun hal-hal lainnya yang Anda lakukan pada hidup, menjadi sukses di usia muda melalui bisnis online tetap membutuhkan beberapa kesiapan mental dan penyesuaian kebiasaan yang wajib anda lakukan guna mempercepat proses menuju kesuksesan tersebut.

Beberapa tips cara sukses usia muda yang bisa kami berikan antara lain adlah sebagai berikut:

1. Biasakan membuat perencanaan

Yang pertama adalah membiasakan diri membuat perencanaan atas bisnis online yang akan dijalankan, mulai dari perencanaan produk atau jasa yang akan dijual, berapa harga produk atau jasa yang akan ditawarkan, di mana akan menawarkan produk atau jasa tersebut, perhitungan modal dan biaya yang harus dikeluarkan dan BEP (Break Even Point / Balik Modal).

Buatlah secara sederhana saja pada Microsoft Excel, atau yang sesuai dengan kemampuan anda dalam menjalanka program tersebut, selama mudah dibaca oleh anda sehingga sewaktu-waktu bisa dilihat, diterapkan, atau direvisi sesuai kebutuhan.

2. Pelajari lebih dalam tentang bisnis online yang akan dijalani

Sebelum terjun ke dalam suatu bisnis online, apapun yang anda pilih, pelajari lebih mendalam segala hal-hal yang umumnya akan dialami saat menjalani bisnis tersebut, mulai dari hal teknis sampai ke hal non-teknis.

Misalnya anda ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube, maka sebaiknya jangan asal-asalan membuat video tetapi secara perlahan perbaiki terus kualitas video yang anda buat dengan mempelajari cara mengedit video yang baik dan benar sehingga lama kelamaan kualitasnya meningkat.

Begitu pula apabila anda menjadi dropshipper, reseller, dan membuka toko online, maka sebaiknya anda mencari tau terlebih dahulu seberapa besar minat orang lain untuk membeli produk yang ingin dijual, apakah ada alternatif lain atau tidak, bagaimana bahasa jualan yang efektif, dan lain sebagainya.

3. Jangan takut untuk melakukan trial-error

Terkadang pada saat menjalani bisnis online, anda akan sampai pada titik dimana anda kesulitan dalam mengambil keputusan, sehingga mau tidak mau anda harus memutuskan akan menjalaninya atau tidak.

Tidak usah takut, karena ini adalah bagian dari perjalanan anda menuju kesuksesan, karena apabila ternyata pilihan tersebut salah maka anda akan menghindarinya di kemudian hari, dan apabila pilihan tersebut berhasil maka anda bisa mencari cara supaya lebih optimal lagi saat menjalaninya.

Ini sangat erat kaitannya dengan poin nomor 2 sebelumnya, karena semakin dalam pengetahuan anda, maka semakin kecil peluang anda untuk mengambil keputusan yang salah, meskipun tidak mungkin 100% selalu tepat.

4. Coba lagi apabila belum berhasil

Ini sekilas mirip dengan poin nomor 3, tapi yang dimaksud di sini adalah lebih kepada menjaga semangat anda apabila keputusan yang anda pilih ternyata gagal atau salah, sehingga anda akan semangat mencoba lagi.

Triknya adalah jangan sampai pada saat melakukan trial-error anda mempertaruhkan segalanya, dan buat ruang supaya anda masih bisa bergerak di saat gagal, sehingga mental anda tidak akan drop terlalu jauh apabila anda menemui jalan buntu, dan memutuskan untuk mencoba lagi.

5. Kelola pendapatan dengan bijak

Selanjutnya adalah mengelola pendapatan yang anda peroleh dengan bijak, dalam artian pisahkan pendapatan menjadi dua, yaitu pendapatan yang masuk ke dalam kas bisnis dan pendapatan yang masuk sebagai uang pribadi, dan jangan habiskan semuanya untuk kebutuhan personal anda.

6. Sisihkan pendapatan untuk investasi

Ada baiknya juga mempertimbangkan untuk menggunakan sebagian pendapatan pada hal-hal yang berbau investasi, baik yang tidak berhubungan dengan bisnis seperti reksadana, emas, dan saham, atau yang berhubungan seperti membeli alat produksi yang lebih efisien, dan lain sebagainya.

7. Cari cara supaya lebih efektif dan efisien

Fokuskan sebagian besar pikiran anda untuk mencari cara supaya bisnis online yang anda kerjakan bisa berjalan lebih efektif dan efisien, dalam artian jangan sampai anda membanting tulang mati-matian namun sebenarnya masih ada cara supaya anda bisa bekerja lebih santai alias work smart dan bukan work hard.

8. Sabar dan Disiplin

Akan banyak ujian dan cobaan yang akan menanti anda pada saat melakukan bisnis online, tetapi itu semua merupakan bagian dari cara sukses usia muda yang harus bisa anda lalui, dan karenanya anda harus memiliki kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankannya.

9. Jangan malas mengadaptasi hal baru

Satu hal lagi yang juga penting adalah selalu awas terhadap hal baru yang muncul pada bisnis yang anda jalani, bisa dari faktor teknologi, metode promosi, dan lain sebagainya, yang sebaiknya jangan anda hindari, ettapi pelajari untuk memahami tentang hal baru tersebut dan lputuskan apakah bisa anda adaptasi atau tidak.

10. Jadilah pebisnis yang jujur

Terakhir, jadilah penbisnis yang jujur dan tidak licik, karena meskipun bisa saja anda mendapatkan keuntungan besar dari cara-cara yang bisa dibilang curang, licik, dan tidak benar, tetapi akan lebih baik dalam jangka panjang apabila anda menjaga kejujuran, terutama dengan pelanggan dan vendor langganan, dan terhadap diri anda sendiri.

Kesimpulan

Berbisnis, baik online maupun offline, memang tidaklah mudah, tetapi anda bisa melaluinya selama anda percaya kepada diri sendiri dan mencoba 10 tips yang kami berikan di atas.

Jangan berhenti untuk belajar dan mencoba mengeksplorasi hal baru, serta jaga integritas dan komitmen anda terhadap para pelangan, dan terus menambah pengetahuan guna semakin meningkatkan kualitas produk atau layanan yang anda tawarkan.

Baca juga artikel kami lainnya seputar bisnis online seperti cara jualan online di Instagram, lalu bagaimana cara menjadi reseller dan memulai bisnis sendiri, dan juga 5 cara mendapatkan penghasilan dari internet, serta artikel-artikel lainnya untuk memperdalam wawasan anda.

Kami harap beberapa tips dan cara sukses usia muda melalui bisnis online yang kami berikan akan dapat membantu anda lebih memahami serta mempermudah saat menjalani bisnis online yang anda sedang atau akan lakukan.