6 Cara Sukses Jualan di Instagram untuk Diperhatikan

Cara Sukses Jualan di Instagram

Pemasaran produk dalam bisnis online diketahui sangat ampuh dilakukan menggunakan akun instagram. Cara sukses jualan di instagram ini sangat penting untuk kamu ketahui, agar dapat juga memasarkan produk yang kamu jual lewat instagram. Instagram sebenarnya adalah akun sosial media bukanlah marketplace layaknya Tokopedia. Hanya saja karena instagram berfokus pada unggahan gambar, fitur ini dimanfaatkan untuk mengunggah gambar produk yang akan dijual. Ternyata setelah dicoba hanya oleh beberapa penjual di awal, instagram pun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memasarkan produk. Jadi saat ini tidak ada salahnya juga menyebut instagram sebagai platform sosial media yang merangkap sebagai marketplace.

Sebagai salah satu akun sosial media, hanya instagram yang memfokuskan foto sebagai bahan presentasi sehingga untuk jual beli sangat baik dimanfaatkan untuk foto produk. Produk dengan foto yang jelas sangat baik untuk pelanggan dalam menunjukkan bagaimana karakteristik produk. Foto produk merupakan alat penting dalam promosi di instagram sehingga menjadi lebih menguntungkan promosi di instagram dibandingkan menggunakan sosial media lain. Belum lagi mengingat ada sangat banyak pengguna instagram saat ini di Indonesia.

Berjualan produk di instagram diketahui memiliki pasar yang sangat besar, pasalnya sangat banyak jumlah masyarakat yang memiliki akun instagram. Akun instagram ini digunakan juga oleh mayorita anak muda, yang notabenenya menyukai aktivitas belanja online. Jadi memang memasarkan produk melalui instagram adalah cara yang menguntungkan. Namun sudahkah kamu tahu bagaimana cara sukses jualan di instagram? Jika kamu belum mengetahuinya, simak terus penjelasan di bawah ini untuk dapat menguasainya dan mengaplikasikannya sesegera mungkin.

6 Cara Sukses Jualan di Instagram untuk Diperhatikan

Kamu sudah mengetahui apa yang menjadi kelebihan berjualan di instagram, sekarang waktunya kamu tahu bagaimana cara memanfaatkanya. Pemanfaatan instagram untuk berjualan ini memang sangat penting untuk kamu tahu agar kamu sukses jualan di instagram. Ada beberapa tips yang perlu coba kamu lakukan, cobalah pelajari masing-masing tips tersebut dan segera praktikan agar penjualan di akun instagram kamu dapat berjalan dengan maksimal.

1. Buat Nama Akun Instagram yang Menarik

Langkah pertama untuk memaksimalkan fungsi instagram dapat kamu lakukan dengan membuat nama akun terlebih dahulu. Nama akun yang kamu buat harus semenarik mungkin. Pastikan untuk membuat nama akun sesuai nama toko, yang mencirikan produk yang kamu jual. Misal untuk toko kaos distro, maka pastikan ada kata kaos distro di nama akun tersebut.

2. Buat Deskripsi Akun Instagram yang Jelas

Instagram menyediakan bagian deskripsi untuk di isi di halaman akun kamu. Isi informasi deskripsi akun ini dengan informasi lokasi toko, cara pengiriman, cara pemesanan, cara pembayaran, atau website toko jika ada.

3. Unggah Foto Produk dengan Caption yang Menarik

Selanjutnya, kamu juga perlu mengunggah foto produk dengan caption yang menarik. Caption a adalah penjelasan mengenai produk yang ada di bawahnya. Tuliskan seluruh informasi mengenai produk, misal untuk bisnis kaos distro tuliskan mulai dari jenis bahan, ukuran, harga, dan lain-lain.

4. Gunakan Fungsi Hashtag agar Lebih Mudah Ditemukan

Tahukah kamu apa itu hashtag? Hashtag adalah tag yang kamu berikan untuk produk kamu agar lebih mudah ditemukan dalam pencairan. Walau terkesan sepele, ternyata hashtag ini sangat banyak manfaatnya. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang banyak digunakan oleh pembeli untuk mencari produk.

5. Gunakan Fungsi Follow & Unfollow untuk Meningkatkan Traffic

Seperti sosial media lainnya, instagram memiliki fitur untuk anda menambahkan pengikut dan mengurangi pengikut. Dalam teknik mencari pengikut ini, kamu harus mencari toko dengan kepopuleran tertinggi dalam produk yang ingin kamu jual. Lihat daftar followers-nya dan tambahkan beberapa diantaranya menjadi following anda.

6. Manfaatkan Fitur Instastory untuk Semakin Sering Pemasaran

Fitur paling baru dari instagram adalah instastory yang memungkinkan kamu mengunggah banyak hal terkait produk yang kamu jual. Misalnya kamu dapat mengunggah video pembuatan, pengemasan, hingga pengiriman untuk memastikan pembeli percaya dengan kredibilitas dari toko kamu.

Itulah tadi 6 cara sukses jualan di instagram yang dikumpulkan khusus untuk kamu pelajari. Ternyata yang perlu kamu lakukan adalah memaksimalkan seluruh fungsi di instagram itu untuk pemasaran produk. Semakin banyak upaya pemasaran yang kamu lakukan dengan fitur instagram ini, maka semakin tinggi juga peluang penjualan kamu sukses di instagram. Selamat mencoba dan semoga produk kamu sukses dipasarkan!